My Blog

Harga Scaling Gigi Bogor di Klinik Kurang Dari 500rb

Harga Scaling Gigi Bogor

Harga scaling gigi bogor
Harga scaling gigi bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Scaling gigi adalah prosedur medis untuk membersihkan karang gigi yang terbentuk dari plak gigi lama yang mengeras. Karena konsistensinya yang keras, karang gigi tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi biasa. Proses scaling gigi dapat dilakukan dengan alat scaling manual atau ultrasonic scaler.

Namun, scaler ultrasonik adalah alat yang paling umum digunakan. Pembersihan karang gigi menggunakan scaler ultrasonik dilakukan melalui gaya getar. Getaran ini akan membantu karang gigi terlepas dari permukaan gigi dan gusi. Scaling gigi sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali.

Harga scaling gigi bogor – Karang gigi bisa muncul pada semua usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan demikian, proses scaling gigi dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin atau perlu membersihkan karang gigi.

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan memicu peradangan pada gusi dan jaringan pendukung gigi lainnya. Alias ​​​​ini membuat gusi mudah berdarah, membengkak, dan terasa nyeri. Dalam kondisi parah, karang gigi akan mengikis tulang tempat gigi tersangkut dan membuat gigi rontok dengan sendirinya.

Mengapa scaling gigi diperlukan?

Harga scaling gigi bogor Prosedur scaling umumnya dilakukan untuk mengatasi masalah atau gusi serta memperbaiki penampilan gigi yang terganggu akibat karang gigi. Pembersihan karang gigi juga bisa menjadi bagian dari pemeriksaan dan prosedur rutin oleh dokter gigi, setidaknya setiap enam bulan sekali.

Scaling gigi biasanya dilakukan bersamaan dengan root planning untuk gigi yang lebih dalam. Prosedur ini mungkin direkomendasikan oleh dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda penyakit periodontal akibat karang gigi.

Penyakit periodontal merupakan gangguan yang menyerang jaringan pendukung gigi, seperti gusi dan tulang penyangga gigi. Scaling gigi merupakan tahap awal perawatan pada penyakit periodontal. Jika karang gigi tidak segera dilakukan dan penyakitnya terus bertambah parah, peradangan dan pendarahan pada gusi, gigi mudah goyang, dan pengecilan tulang di sekitar gigi bisa terjadi.

Dengan melakukan scaling gigi pada gigi Anda, kesehatan mulut anda akan terjaga. Demikian pula dengan mencegah kemungkinan masalah gigi dan gusi serta penyakit lainnya di kemudian hari.

Harga scaling gigi bogor
Harga scaling gigi bogor

Apakah ada risiko jika Anda tidak Scaling gigi?

Harga scaling gigi bogorScaling tidak hanya membersihkan gigi dari karang gigi, tetapi juga mencegah munculnya penyakit. Berikut beberapa risiko penyakit yang disebabkan oleh karang gigi.

  • Masalah gigi

Karang gigi akan menjadi rumah bagi banyak bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, umumnya bau mulut (halitosis). Bau mulut bisa terjadi karena bakteri jahat di mulut menghasilkan gas belerang (sulfur). Akibatnya, saat Anda membuka atau menghembuskan napas melalui mulut, keluarlah bau yang menarik. Selain itu, asam yang dikeluarkan oleh bakteri dapat menyebabkan gigi berlubang. Karang gigi juga dapat mengikis tulang penyangga gigi dan menyebabkan gigi goyang bahkan rontok.

  • Gingivitis

Harga scaling gigi bogor – Karang gigi yang dibiarkan terus menerus dapat mengeras dan menyebabkan gusi (gingivitis). Kondisi ini membuat gusi menjadi meradang, bengkak, dan mudah berdarah. Seiring waktu, karies atau gigi berlubang dapat terjadi.

  • Periodontitis

Gingivitis yang tidak diobati akan menjadi lebih parah dan menyebabkan penyakit gusi (periodontitis). Penyakit ini menyebabkan terbentuknya kantong di antara gusi dan gigi. Ketika kantong berisi bakteri, sistem kekebalan tubuh secara alami melepaskan bahan kimia untuk melawan bakteri.

Reaksi bahan kimia tersebut merusak tubuh dan bakteri tersebut dapat merusak tulang gigi. Akhirnya ini menyebabkan tulang, gusi, dan jaringan pendukung gusi hancur. Tanpa perawatan yang tepat, periodontitis dapat menyebabkan gigi tanggal atau rontok.

  • Penyakit jantung

Dikutip dari Mayo Clinic, bakteri penyebab penyakit gusi (periodontitis) juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dapat menginfeksi jaringan penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, yang dapat mempengaruhi katup jantung.

Biaya Scaling Gigi

Harga scaling gigi bogor – Biaya scaling gigi bisa berbeda untuk setiap orang. Perbedaan ini tergantung pada jumlah karang gigi yang Anda miliki, luas klinik atau fasilitas kesehatan gigi, dan alat yang digunakan. Secara umum, harga prosedur scaling gigi dimulai dari Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Namun di beberapa tempat, biayanya bisa jauh lebih murah atau lebih mahal dari kisaran biaya tersebut.

Karang gigi pada anak

Harga scaling gigi bogor – Tidak hanya orang dewasa, ternyata karang gigi juga bisa dialami oleh anak-anak. Karang gigi bisa muncul saat gigi susu bayi sudah lengkap. Risiko pembentukan karang gigi pada gigi cenderung meningkat seiring bertambahnya usia anak. Plak dan karang gigi pada gigi anak biasanya muncul sejak usia enam atau tujuh tahun. Selain karang gigi, anak-anak juga berisiko tinggi mengalami karies atau kerusakan gigi yang dapat menyebabkan gigi mati.

Pasalnya, pada usia ini anak-anak gemar mengonsumsi makanan manis, seperti permen, kue, cokelat, dan es krim. Sayangnya, ini tidak teratur dengan kebiasaan gigi harian yang teratur. Oleh karena itu, anak-anak di rentang usia ini lebih rentan terhadap berbagai masalah gigi, termasuk karang gigi.

Kabar baiknya, scaling juga bisa mengatasi masalah karang gigi pada anak. Prosedur scaling tidak memiliki batasan usia tertentu. Selama anak sudah memiliki gigi dan giginya memang perlu dibersihkan. Meski begitu, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu ke dokter gigi anak sebelum melakukannya.

Hanya dokter gigi yang dapat memutuskan apakah anak Anda perlu scaling atau tidak. Prosedurnya sama. Sambil melihat kondisi mulutnya, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan gigi anak Anda. Anda dapat memberi tahu dokter tentang kebiasaan makan dan bagaimana anak Anda merawat gigi dan mulutnya.

Pastikan prosedur scaling dilakukan oleh dokter gigi anak yang berpengalaman di bidangnya. Dokter gigi anak yang berpengalaman biasanya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat anak Anda merasa nyaman selama prosedur. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir membawa anak Anda ke dokter gigi.

Harga scaling gigi bogor
Harga scaling gigi bogor

Manfaat Scaling Gigi

Harga scaling gigi bogor – Scaling gigi harus dilakukan setidaknya setiap 6 bulan untuk mencegah kerusakan serius akibat karang gigi. Berikut beberapa manfaat scaling gigi yang perlu Anda ketahui.

  • Menghilangkan asam dan enzim yang berlebihan akibat bakteri

Konsumsi makanan dan minuman manis yang tinggi gula akan menyebabkan plak memproduksi lebih banyak asam. Asam tersebut akan membuat plak yang menempel pada gigi menjadi lebih lengket dan sulit dibersihkan. Akibatnya, email gigi perlahan-lahan akan rusak dan terkikis sehingga menyebabkan gigi berlubang.

  • Mencegah periodontitis

Periodontitis adalah suatu kondisi di mana gusi terinfeksi, menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Periodontitis yang tidak segera ditangani akan menyebabkan gigi tanggal dan gusi berdarah. Penyebab periodontitis adalah gusi yang dirawat. Gingivitis terjadi ketika bakteri di karang gigi mengiritasi celah antara gigi dan gusi.

  • Mengurangi terjadinya pembengkakan jaringan & pendarahan

Harga scaling gigi bogor – Dengan menghilangkan karang gigi melalui proses scaling gigi, secara otomatis bakteri akan kehilangan tempat berkembang biak dan mengiritasi gusi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya pembengkakan jaringan yang sering menyebabkan pendarahan.

Perlu Anda ketahui bahwa pendarahan pada gusi dan jaringan lunak merupakan salah satu penyebab munculnya bau mulut. Pada kondisi gusi berdarah dapat menyebabkan kegoyangan gigi dan pengikisan pada gigi yang akhirnya akan berlubang. Jika sudah seperti ini, Anda harus tahu mana yang Anda lakukan terlebih dahulu dengan mengukur tingkat keparahannya.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *