My Blog

Cara Bersihin Kerak Gigi Bandung 2022

Cara Bersihin Kerak Gigi Bandung

Cara bersihin kerak gigi bandung
Cara bersihin kerak gigi bandung

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Scaling gigi merupakan perawatan yang dilakukan untuk mengatasi karang gigi yang sudah menumpuk. Dengan melakukan scaling, gigi yang tadinya penuh dengan plak akan kembali lebih bersih. Mulut dengan kondisi gigi yang memiliki karang tentunya akan membuat tidak nyaman karena memiliki kesegaran yang kurang. Dengan dibersihkannya karang gigi melalui metode penskalaan kesegaran mulut akan kembali normal. Lalu bagaimanakah prosedur scaling gigi itu sendiri? Apa saja manfaatnya? Artikel ini akan membahasnya.

Scaling Gigi

Cara bersihin kerak gigi bandung – Apa itu scaling gigi? Scaling gigi merupakan tindakan untuk sebuah perawatan karang gigi. Karang gigi terbentuk dari tumpukan plak yang menempel di permukaan gigi. Karang gigi jika dibiarkan dapat membuat tampilan gigi terlihat kusam akibat berwarna kecokelatan.

Karang gigi yang mengeras biasanya sulit untuk dibersihkan hanya dengan sikat gigi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perawatan karang gigi di dokter gigi untuk membuat karang tersebut rontok dan hilang.

Scaling gigi sendiri dapat membersihkan karang gigi yang telah mengeras dan menumpuk. Saat proses penskalaan dilakukan, biasanya akan menyebabkan gusi bengkak, nyeri, hingga keluarnya darah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gigi dan gusi Anda sedang menyesuaikan diri dengan proses penskalaan.

Cara bersihin kerak gigi bandung
Cara bersihin kerak gigi bandung

Fungsi dan Manfaat Scaling

Cara bersihin kerak gigi bandung – Manfaat utama dari tindakan scaling gigi yaitu untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras di gigi. Karang gigi yang telah mengeras dan menempel cukup lama tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi, flossing, atau menggunakan benang gigi saja. Selain memiliki manfaat membersihkan karang gigi yang menempel, scaling gigi juga memiliki manfaat lain, meliputi:

  • Mengatasi Bau Mulut

Karang gigi yang menumpuk menjadi tempat bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh sebab itu, melakukan scaling bisa menjadi solusi untuk mengatasi bau mulut.

  • Menjaga Kesehatan Gusi

Karang gigi yang terlalu lama menempel dan mengeras di permukaan gigi dapat menyebabkan penyakit gusi. Jika tidak segera ditangani, radang pada gusi bisa semakin parah dan bisa merusak gigi serta jaringan di sekitar lainnya. Dengan melakukan scaling, gigi Anda akan kembali bersih, dan mencegah munculnya masalah pada gusi.

  • Mencegah Risiko Gigi Copot

Gigi berkarang bisa menyebabkan gigi tanggal. Pasalnya, karang gigi dapat menumpuk dan menjadi tempat bakteri tumbuh. Bakteri akan merusak jaringan pada gigi serta menyebabkan gigi tanggal. Dengan melakukan scaling rutin, Anda dapat terhindar dari gigi tanggal.

  • Warna Gigi Tampak Lebih Cerah

Cara membersihkan kerak gigi bandung – Karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan gigi terlihat kuning. Oleh sebab itu, dengan melakukan scaling rutin. Karang gigi yang terangkat akan terangkat serta membuat warna gigi tampak lebih cerah.

 

Cara bersihin kerak gigi bandung
Cara bersihin kerak gigi bandung

Alat & Prosedur Scaling Gigi

Cara bersihin kerak gigi bandung – Alat scaling gigi terdiri dari dua jenis, meliputi alat pengikis manual dan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik. Langkah yang dilakukan guna perawatan pada karang gigi adalah sebagai berikut :

  • Anestesi Lokal

Anestesi lokal diberikan guna mengurangi rasa sakit yang muncul selama proses penskalaan. Tetapi, tidak semua orang membutuhkan anestesi lokal. Sebab, rasa sakit tidak muncul saat melakukan perawatan berikutnya. Pasien yang menggunakan anestesi lokal tetap terjaga dan sadar selama penskalaan.

  • Scaling Gigi

Setelah anestesi, maka langkah berikutnya yaitu melakukan penskalaan. Dokter akan mulai membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis ultrasonik. Setelah itu, dokter dapat melanjutkannya dengan menggunakan alat pengikis manual. Pengikis manual terdapat ujung runcing, sehingga bisa membersihkan karang gigi yang tidak terjangkau dengan alat pengikis ultrasonik.

  • Perencanaan Akar

Setelah proses scaling selesai, langkah berikutnya yaitu root planing. Root planing dilakukan guna menghaluskan permukaan yang kasar serta membantu gusi menempelkan kembali ke gigi.

  • Menyelesaikan

Tahap terakhir, yaitu semua prosedur dilakukan, pasien akan diminta untuk berkumur beberapa kali. Tujuan untuk membersihkan bakteri dan karang gigi yang tersisa.

Waktu Scaling yang

Cara bersihin kerak gigi bandung – Scaling gigi direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah dengan karang gigi. Scaling akan membantu membersihkan serta mengangkat karang gigi yang menumpuk. Sebab bila karang gigi tidak segera dilakukan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada kesehatan gigi dan mulut. Oleh sebab itu, perawatan ini harus rutin dilakukan guna menghilangkan karang gigi.

Scaling pun diperlukan bagi mereka yang sedang mengalami permasalahan pada gusi. Misalnya, saat menderita gusi. Karena, beberapa masalah gusi sering terjadi karena adanya permasalahan pada gigi. Namun, bila langkah penskalaan sudah dilakukan dan penyakit tidak kunjung sembuh, dokter akan melakukan penanganan lanjutan, misalnya operasi gusi.

Biaya Scaling Gigi

Cara bersihin kerak gigi bandung – Biaya scaling gigi tiap orang dapat berbeda-beda. Perbedaan ini dengan bagaimana kondisi karang gigi yang dimiliki. Semakin banyak dan semakin luas karang gigi, maka biaya pun akan semakin mahal. Tetapi, umumnya biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Selain itu, pemilihan tempat perawatan akan memengaruhi biaya scaling gigi, bisa semakin murah atau malah semakin mahal.

Antisipasi Penyebab Karang Gigi

Cara bersihin kerak gigi bandung – Merasakan sakit gigi serta kurang percaya diri karena adanya karang pada gigi atau plak kuning memang menjadi permasalahan sendiri. Saat ini karang gigi menjadi salah satu masalah kesehatan gigi yang sangat umum namun sering dianggap remeh. Padahal kondisi ini bisa menyebabkan penyakit gigi dan mulut yang serius. Berikut beberapa penyebab karang gigi.

  • Kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga dengan baik, misalnya jarang gigi atau tidak membersihkan gigi dengan gigi
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, macam permen, susu, minuman kemasan, dan kue
  • Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Mulut kering, misalnya penyakit akibat samping obat-obatan, autoimun, dan gangguan tiroid

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232

( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/628215308250 

Klinik Telpon : 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/ 6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1 !4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung 

 

Penulis Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *