My Blog

Odontektomi Bogor : Penanganan & Pemulihannya 2022

Odontektomi Bogor

Odontektomi bogor
Odontektomi bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Banyak faktor yang menyebabkan gigi bungsu sakit, salah satunya adalah impaksi. Cara mengatasi impaksi ini adalah dengan odontektomi. Odontektomi adalah operasi bungsu impaksi yang terletak di geraham ketiga, yang biasanya muncul antara usia 17 dan 25 tahun. Operasi ini merupakan prosedur rawat jalan yang biasanya dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut.

Perbedaannya dengan prosedur pencabutan gigi biasa adalah pada odontektomi terdapat langkah-langkah untuk memisahkan gusi dan jaringan lain yang membuat gigi sulit dicabut. Oleh karena itu, odontektomi mengacu pada kondisi gigi yang tergolong khusus, misalnya yang paling umum adalah geraham belakang yang impaksi atau kista gigi. Prosedur ini juga dapat dilakukan pada gigi yang tidak sejajar atau kerusakan gigi akibat trauma (misalnya pada petinju).

Gejala Gigi Bungsu

Odontektomi bogor – Dikutip dari Mayo Clinic, gigi impaksi biasanya tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, jika gigi bungsu terinfeksi, gigi lain patah, atau terjadi masalah gigi lainnya, Anda mungkin mengalami gejalanya. Tanda atau gejala gigi bungsu yang sedang tumbuh, antara lain:

  • Gusi dan bagian belakang rahang terasa sakit saat disentuh saat menggunakan lidah atau saat tumbuh gigi.
  • Gusi di punggung tampak merah, bengkak, bahkan memek. Kondisi gusi bengkak ini dikenal sebagai perikoronitis.
  • Di sekitar gigi yang bermasalah juga terasa sakit.
  • Gusi bengkak membuat wajah terlihat tidak simetris.
  • mencoba membuka mulut.
  • Ada nyeri pada persendian di depan telinga. Tak jarang rasa sakit juga menjalar ke kepala.

Gigi bungsu yang sering direkomendasikan untuk dicabut karena tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh secara alami. Dengan begitu, orang yang memasang gigi bungsu impaksi akan mengurangi potensi masalah gigi dan mulut di kemudian hari. Dokter gigi akan merekomendasikan odontektomi setelah pemeriksaan dan rontgen panoramik (gambar gigi dan jaringan lunak) menunjukkan bahwa gigi bungsu mengalami impaksi.

Biasanya operasi pencabutan gigi bungsu sebelum usia 20 tahun lebih mudah daripada operasi yang dilakukan pada usia lanjut. Dengan bertambahnya usia, akar gigi menjadi lebih panjang, melengkung, menginfeksi gigi lain, sehingga lebih sulit untuk dicabut.

Munculnya odontektomi menakutkan sampai membuat cemas, tetapi pada kenyataannya odontektomi umumnya merupakan operasi yang singkat dan tidak menimbulkan rasa sakit karena penggunaan anestesi lokal. Dengan anestesi ini, Anda tidak akan merasakan apa pun tetapi hanya akan merasakan tekanan tanpa rasa sakit. Setelah anestesi, akan dilakukan jika dokter akan membuat sayatan gusi dan gigi, kemudian lukanya akan dijahit.

Odontektomi bogor
Odontektomi bogor

Langkah Penanganan Odontektomi

Odontektomi bogor – Prosedur Odontektomi Seperti dikutip dari Verywell Health, odontektomi dilakukan setelah pemeriksaan dan janji dengan dokter gigi ahli bedah mulut. Operasi akan memakan waktu sekitar 45 jam menggunakan anestesi sehingga Anda tidak merasakan sakit selama ini. Selanjutnya dilakukan odontektomi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Obat penenang

Untuk anestesi lokal, pasien akan menerima gas nitrous oxide dengan pemasangan masker kecil di hidung untuk mengatasi obat penenang agar rileks saat terjaga. Untuk anestesi total, pasien akan menerima infus intravena (IV) dengan menempatkan jarum di pembuluh darah di lengan untuk menyebabkan kesadaran selama operasi.

  • Anestesi

Setelah sedasi, dokter gigi atau ahli bedah mulut memulai dengan mematirasakan gigi bungsu dan jaringan di sekitarnya dengan anestesi lokal.

  • Pengangkatan jaringan

Odontektomi bogor – Ahli bedah mulut akan mengangkat jaringan gusi di mana gigi bungsu berada untuk mengakses gigi.

  • Pengangkatan tulang

Tulang dapat menutupi gigi bungsu yang impaksi dengan keseluruhan atau sebagian. Jika hal ini terjadi, handpiece digunakan untuk mengebor dan membuang tulang untuk menemukan lokasi gigi.

  • Pengenduran gigi

Saat gigi bungsu yang impaksi terbuka, berbagai instrumen bedah digunakan untuk melonggarkannya dengan lembut dari jaringan ikat di soket gigi. Jika diperlukan, dokter gigi atau ahli bedah mulut dapat membagi gigi menjadi beberapa bagian untuk mencabut.

  • Pencabutan gigi

Setelah gigi bungsu dicabut atau dipotong seluruhnya, gigi tersebut harus dicabut. Dokter gigi mulut akan menggunakan instrumen bedah yang dirancang khusus untuk semua jenis gigi.

  • Jahitan

Setelah gigi bungsu dicabut, prosedur selanjutnya yaitu menambahkan jahitan agar dapat menutupi area tersebut. Setelah prosedur selesai, gas nitrous oxide atau infus intravena (IV) dihentikan dan perlahan-lahan dikeluarkan dari sedasi. Untuk membantu darah di area tersebut, disarankan untuk menggigit kain kasa. Segera setelah operasi, pasien mungkin mengalami efek ringan dari anestesi, termasuk mual, pusing, bengkak, dan kepala terasa ringan.

Kemudian, pasien nantinya akan dibawa ke ruang pemulihan agar dapat dipantau sampai diizinkan pulang oleh dokter gigi ahli bedah mulut. Selain itu, pasien masih melakukan instruksi untuk pemeriksaan setelah beberapa hari mengamati perkembangan gigi sampai melepas jahitan.

Odontektomi bogor
Odontektomi bogor

Komplikasi setelah melakukan operasi gigi bungsu

Odontektomi bogor Operasi gigi bungsu merupakan prosedur medis yang cukup berisiko. Waspadai beberapa komplikasi yang mungkin timbul antara lain:

  • Soket kering atau osteitis alveolar. Kondisi ini terjadi ketika gumpalan darah gagal terbentuk di soket gigi, atau jika gumpalan darah ini terlepas;
  • saraf saraf. Kondisi ini dapat memiliki efek sementara atau permanen, gejalanya meliputi nyeri parah atau mati rasa;
  • infeksi. Gejala umumnya meliputi peningkatan suhu tubuh, keluarnya cairan berwarna kuning atau putih dari area gigi yang dicabut, dan rasa sakit yang terus menerus disertai pembengkakan berdarah.

Segera periksa ke dokter gigi jika tanda-tanda infeksi muncul setelah operasi gigi bungsu atau jika ada perdarahan hebat dari daerah tempat gigi dicabut.

Pemulihan pasca operasi

Odontektomi bogor Setelah pencabutan gigi bungsu selesai, sayatan akan dijahit. Biasanya, dibutuhkan 7-10 hari agar jahitan larut dan luka mulai sembuh. Dokter gigi biasanya akan menempelkan kain kasa pada gigi yang dicabut dan mengharuskan Anda untuk menggigitnya selama sekitar satu jam. Hal ini dilakukan agar terjadi penggumpalan darah pada rongga gigi yang dicabut. Gumpalan darah ini merupakan proses penyembuhan yang penting, jadi jangan sampai pecah atau terlepas dari rongga gigi.

Sensasi bengkak dan tidak nyaman setelah operasi akan berlangsung selama 3 hari atau lebih. Selalu ikuti saran dokter untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan setelah operasi gigi bungsu:

  • Gunakan kompres es atau kompres es pada wajah untuk meredakan pembengkakan dan perubahan warna pada kulit pipi;
  • Buka dan tutup mulut Anda secara perlahan untuk melatih rahang Anda;
  • Makan makanan lunak seperti sup, pasta, atau bubur;
  • Mengkonsumsi banyak udara;
  • Gunakan obat yang diresepkan oleh dokter Anda untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan;
  • Hubungi dokter Anda jika Anda demam atau jika rasa sakit dan bengkak tidak membaik.

Karena kondisi gigi masih sebaiknya, hindari hal-hal berikut ini:

  • Jangan minum menggunakan sedotan, karena dapat mengencerkan bekuan darah pada gigi yang dicabut dan sangat berbahaya bagi proses penyembuhan;
  • tidak boleh membersihkan mulut terlalu keras, dapat dilakukan dengan berkumur air garam secara perlahan;
  • makanan keras yang dapat menggores luka di area gigi yang dicabut;
  • Jika Anda merokok, berhentilah. dapat memperlambat penyembuhan luka.

Biaya Odontektomi (Pencabutan Gigi Bungsu)

Odontektomi bogor Biaya odontektomi dihitung per gigi tergantung dari kelas kasus yang dialami pasien. Prosedur ini dapat dilakukan oleh dokter gigi umum dengan kisaran biaya antara Rp. 1.500.000-2.000.000 dalam kasus kelas 1. pada kasus kelas 2 & 3 biaya yang dibutuhkan berkisar Rp. 2.000.000-3.000.000. Untuk tindakan dengan SpBM kisaran biayanya antara Rp 4.000.000-5.000.000.

 

Konsultasikan kesehtaan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *