My Blog

Pembersihan Karang Gigi Bogor Hubungi 085771452584 

Pembersihan Karang Gigi Bogor

Pembersihan karang gigi bogor
Pembersihan karang gigi bogor

 

Yuk Simak!

 globalestetik-ads.com – Proses menyiapkan karang gigi mungkin tampak menakutkan bagi sebagian orang. Padahal, prosedur ini relatif aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Karang gigi biasa dapat menyehatkan gigi dan mulut Anda, serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Karang gigi terbentuk karena plak gigi yang dibiarkan terlalu lama mengeras. Kurangnya dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan faktor risiko terbesar yang dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi.

Pembersihan karang gigi bogor – Jika karang gigi dibiarkan dan tidak segera diobati, dapat menyebabkan peradangan pada jaringan gigi dan gusi. Padahal, kondisi tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk menghindari bahaya tersebut, karang gigi perlu dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan teknik scaling.

Proses Pembersihan Karang Gigi

Pembersihan karang gigi bogor – Scaling gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi. Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan menjawab pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda, bagaimana Anda bertanya tentang perawatan gigi, dan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Hal tersebut dilakukan agar dapat mencegah berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Agar tidak takut melakukan scaling gigi, ketahui langkah-langkah perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi berikut ini:

  • Pemeriksaan rongga mulut

Sebagai langkah awal pemeriksaan gigi, dokter akan memeriksa kondisi seluruh mulut pasien dan mengidentifikasi lokasi plak dan karang gigi dengan bantuan cermin kecil khusus.

  • Pemberian anestesi lokal

Jika pasien menginginkan, dokter dapat memberikan anestesi lokal pada pasien untuk mengatasi yang mungkin timbul selama proses penskalaan gigi. Proses ini sebenarnya tidak perlu, tetapi dapat didiskusikan dengan dokter jika Anda mengkhawatirkan masalah ini.

Pembersihan karang gigi bogor
Pembersihan karang gigi bogor
  • Membersihkan karang gigi

Pembersihan karang gigi bogor – Dokter akan membuat kesalahan pada karang gigi di permukaan gigi menggunakan scraper elektrik yang berasal dari ultrasonic scaler. Alat tersebut menggunakan gelombang ultrasonik yang dapat memancarkan getaran sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi.

Jika perlu, dokter juga akan membersihkan gusi hingga ke bagian bawah menggunakan alat manual. Proses ini kemungkinan akan sedikit merasakan dampak akibat akibat gigi. Namun, umumnya tidak terlalu mengganggu. Proses terjadinya karang gigi dapat berlangsung cepat atau lama, tergantung dari tingkat keparahan karang gigi yang diderita penderita.

  • Sikat gigi menggunakan sikat khusus

Setelah rongga mulut dinyatakan bersih dari karang gigi, dokter selanjutnya akan memeriksa gigi pasien menggunakan sikat gigi elektrik. Tahapan ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa karang gigi yang tidak dikeluarkan oleh scaler dan membuat mulut terasa lebih segar.

  • Penggunaan benang gigi

Tahap selanjutnya, dokter dapat membersihkan sisa plak yang menempel di sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Proses ini dilakukan agar gigi benar-benar bersih dan bebas dari kotoran yang menempel di sela-sela gigi.

  • Membilas

Setelah seluruh proses penskalaan selesai, dokter akan meminta pasien berkumur dengan cairan yang mengandung fluoride. Tahap ini dilakukan sebagai penutup. 

Jika memang pada pemeriksaan awal ditemukan penyakit gusi atau kerusakan gigi yang parah, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan lebih lanjut berupa pengobatan akar dan pemberian antibiotik dan obat kumur khusus. Namun, jika gangguan tersebut tergolong ringan, dokter mungkin hanya memberikan saran penerapan prosedur gigi yang baik dan benar.

Pembersihan karang gigi bogor – Proses perawatan karang gigi membutuhkan alat khusus yang hanya bisa digunakan oleh dokter gigi. Ini karena karang gigi sudah keras dan tidak bisa lagi dibersihkan sendiri dengan sikat gigi, benang gigi, atau obat kumur biasa. Meskipun prosesnya tidak terlalu menyakitkan, sebagian orang mungkin tidak merasakan sakit, terutama jika karang gigi terlalu banyak dan terasa nyaman untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi secara rutin agar plak tidak menumpuk banyak dan pembentukan karang gigi minimal. Lakukan juga pemeriksaan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi agar kesehatan dan kebersihan gigi dan gusi Anda terpantau.

Mengapa Gigi Terasa Sakit Saat Prosedur Scaling?

Pembersihan karang gigi bogor – Prosedur karang gigi ini biasanya membuat gigi terasa pegal. Oleh karena itu, beberapa orang meminta dokter gigi untuk anestesi lokal karena takut akan rasa sakit selama prosedur. Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan perawatan tambahan tergantung pada kesehatan gigi dan gusi Anda. Dokter gigi mungkin menerapkan agen antimikroba di mulut atau meresepkan antibiotik oral untuk digunakan selama beberapa hari.

Untuk membersihkan karang gigi, dokter membutuhkan alat yang berbentuk seperti pengait tajam yang disebut scaler. Scaler dengan getaran ultrasonik yang berfungsi untuk memecah karang gigi. Setelah scaling gigi, dokter gigi akan membersihkan seluruh permukaan gigi hingga ke sudut-sudut gusi. Tahap ini biasanya membuat gigi terasa pegal.

Sakit gigi yang memiliki karang gigi biasanya lebih sering terjadi pada seseorang yang giginya mengalami penurunan gusi. Kondisi ini menyebabkan sebagian akar gigi terekspos dan tidak memiliki lapisan email. Akar gigi biasanya terhubung dengan bagian saraf gigi, sehingga jika dibersihkan tentu akan terasa sakit karena bagian ini lebih sensitif. Karang gigi yang terlalu tebal biasanya juga menyebabkan gigi terasa sakit saat dibersihkan. Hal ini karena bagian yang tertutup karang akan terkena cairan di dalam mulut kembali.

Tips Merawat Gigi Ngilu Setelah Prosedur Scaling

Pembersihan karang gigi bogor – Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala sakit gigi setelah prosedur scaling, seperti:

  • Makanan dan Minuman Tertentu

Setelah melakukan prosedur penskalaan, tentunya gigi akan lebih sensitif dari kondisi sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin agar gigi tidak menambah nyeri reumatik. atasi juga makanan dan minuman yang terlalu manis sebelum gigi kembali ke kondisi normal.

Pembersihan karang gigi bogor
Pembersihan karang gigi bogor
  • Gunakan Pasta Gigi Khusus

Anda mungkin perlu menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif setidaknya selama 2-3 minggu sebelum scaling dan sebelumnya. Selain menggunakan pasta gigi khusus, Anda juga harus lebih berhati-hati saat gigi. Jangan lupa gunakan sikat gigi bristle lembut.

  • Berkumur dengan Air Garam

Garam berkumur dikenal karena khasiatnya untuk meredakan bengkak gusi, sakit gigi, termasuk sakit dan nyeri setelah prosedur penskalaan. Berkumur dengan air garam juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Bagaimana mencegah karang gigi terbentuk

Pembersihan karang gigi bogor – Untuk mencegah terbentuknya karang gigi lakukan, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan.

  • Sikat gigi secara teratur

Sikat gigi minimal 2 kali sehari, sebelum sarapan dan sebelum tidur. Perhatikan juga cara gigi yang benar. Gigi yang rutin, namun dengan cara yang salah, tetap akan menimbulkan berbagai gangguan pada rongga mulut. Cara menyikat gigi yang benar adalah dari gusi ke gigi. Jangan menyikat gigi ke samping. Gunakan sikat gigi yang lembut, agar sikat tidak melukai jaringan lunak rongga mulut seperti gusi.

  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Fluoride akan membantu mencegah kerusakan pada email (lapisan terluar gigi). Sehingga dapat mencegah gigi berlubang yang merupakan faktor resiko terbentuknya karang gigi. Disamping itu, pasta gigi yang mengandung triclosan juga dapat membantu melawan bakteri pembentuk plak.

  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi

Sikat gigi belum tentu dapat menjangkau sela-sela gigi yang sempit. Jadi, alat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan area tersebut adalah benang gigi. Menggunakan benang gigi akan membantu mencegah plak atau sisa makanan masuk ke sela-sela gigi Anda, sehingga mencegah terbentuknya karang gigi di area tersebut.

  • Konsumsi makanan dan hindari merokok

Makanan manis merupakan makanan favorit bakteri pembentuk plak yang merupakan cikal bakal karang gigi. Jadi, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan manis dan lengket, agar bakteri tidak terbentuk. Tartar juga akan lebih mudah terbentuk di rongga mulut perokok. Bahkan, karang gigi pada perokok juga akan disertai dengan noda coklat kehitaman pada gigi yang tentunya akan mengganggu estetika.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *