My Blog

Cara Bersihin Karang Gigi Alami Bandung 2022

Bersihin Karang Gigi Alami Bandung

Bersihin karang gigi alami bandung
Bersihin karang gigi alami bandung

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Upaya pencegahan terhadap karang gigi, perlu dilakukan secara teratur. Tapi apakah karang gigi dapat dihilangkan secara alami? Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa karang gigi adalah plak dan mineral yang telah mengeras yang disebabkan oleh perawatan gigi yang tidak benar atau perawatan gigi yang buruk.

Karang gigi biasanya mengendap di belakang dan di antara gigi dan terlihat kuning atau coklat. Jika karang gigi tidak segera dihapus, dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, termasuk bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang, radang gusi, bau mulut, gigi goyang, bahkan gigi copot. Karang gigi dapat dibersihkan oleh dokter gigi menggunakan alat khusus yang biasa disebut dengan scaling gigi. 

Bersihkan Karang Gigi Dengan Cara Alami

Bersihin karang gigi alami bandung – Apakah ada cara bersihin karang gigi secara alami? Ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami antara lain:

  • Sikat gigi

Menyikat gigi selama dua menit dua kali sehari, di pagi dan sore hari, adalah cara sederhana, terbukti dan efektif untuk membersihkan gigi dari partikel makanan, plak, dan kotoran yang menempel pada gigi. Gunakan teknik yang tepat dan ingatlah untuk lidah Anda untuk menghilangkan bau mulut.

  • Penggunaan pasta gigi fluoride

Penggunaan pasta gigi Fluoride tidak hanya bertujuan untuk melindungi dan memperkuat email gigi, tetapi juga dapat menetralkan pembuatan/pH pada gigi. Pasta gigi berfluoride membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi. 

  • Penggunaan obat kumur

Bersihin karang gigi alami bandung Jika Anda masih memiliki plak, Anda bisa menggunakan obat kumur untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Larutan antiseptik ini membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dicapai oleh sikat gigi. Namun sebelum itu, pilihan jenis obat kumur ini harus diperhatikan.

Anda bisa memilih obat kumur yang mengandung propolis dan teh hijau untuk menghilangkan plak dan partikel makanan. Obat kumur tidak boleh digunakan setiap hari. Pasalnya, komponen antiseptik di dalamnya dapat mengganggu keseimbangan pertumbuhan normal di mulut, sehingga meningkatkan jumlah pertumbuhan bakteri. 

Bersihin karang gigi alami bandung
Bersihin karang gigi alami bandung
  • Lakukan perawatan gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan benang gigi. Benang gigi dapat membantu menghilangkan partikel makanan di antara gigi Anda. Oleh karena itu, plak tidak mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Anda bisa menggunakan benang gigi setidaknya satu kali dalam satu hari. 

  • Makanan dan minuman manis

Memilih makanan manis sesering mungkin, terutama pada waktu makan besar. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut dapat meningkatkan jumlah streptococcus mutans dan bakteri asam laktat pada plak gigi. 

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur 

Konsumsi buah dan sayur secara teratur merupakan cara alami menghilangkan karang gigi. Misalnya, buah-buahan yang serat makanan dapat memicu produksi air liur, yang mana akan membantu membersihkan permukaan gigi secara otomatis. Selain itu, buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin yang menyehatkan gusi. 

  • Kunyah permen karet yang tidak mengandung gula

Bersihin karang gigi alami bandung Cara lain untuk menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan mengunyah permen karet. Cara ini bisa membersihkan gigi dari partikel makanan, mengembalikan mineral gigi yang hilang, dan menetralkan pH mulut hingga kembali normal.

  • Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok justru dapat menyebabkan karang gigi lebih cepat daripada bukan perokok. Nikotin dalam tembakau dapat mempengaruhi kelenjar eksokrin yang ditandai dengan peningkatan air liur di mulut kalsium fosfat yang berlimpah di karang gigi, yang berasal dari air liur.

  • Perhatikan apa yang akan dikonsumsi baik makanan maupun minuman

Pola makan Anda juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Misalnya, makan banyak makanan manis meningkatkan bakteri di mulut Anda. Maka selalu ingat untuk berkumur dengan udara, terutama setelah makan. Lebih baik lagi, sikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

  • Menggunakan jus lemon

Jus lemon dapat digunakan untuk menghilangkan plak dari gigi Anda. Rasa asam lemon juga gigi. oleh karena itu Anda bisa menggunakan jus lemon untuk gigi. metode ini adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Tapi jangan terlalu sering menggunakannya karena bisa mengikis gigi Anda. 

Bersihin karang gigi alami bandung
Bersihin karang gigi alami bandung
  • Pakai soda kue

Menyikat gigi dengan soda kue adalah cara alami yang aman dan efektif untuk menghilangkan plak tanpa merusak email gigi. Telah terbukti lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak di mulut daripada gigi biasa.Selain itu, soda kue memiliki kandungan untuk demineralisasi (bahan kimia yang menghilangkan kalsium dari email). 

  • Minyak kelapa

Cara alami untuk menghilangkan plak sebelum menempel dan berubah menjadi karang gigi adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat mengatasi karang gigi karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antibakteri. Riset menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat mengurangi plak hingga 50%. 

  • Daun dan buah jambu biji 

Bersihin karang gigi alami bandung Siapa sangka kombinasi daun jambu biji dan buahnya ampuh untuk mengatasi karang gigi? Caranya adalah dengan mencuci, mengunyah, dan membuang daun jambu biji. Selain itu, Anda bisa menaburkan jambu biji mentah di atasnya dengan sedikit garam. Jambu biji yang dikenal dapat meredakan masalah gusi karena sifat anti-inflamasinya. Serta mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada gusi.

  • Minyak esensial rosemary

Cara membersihkan karang gigi berikutnya adalah campuran minyak esensial rosemary. Metode yang digunakan cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 2 tetes minyak rosemary dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau air. Lalu kumur kumur atau bilas mulut Anda sebanyak dua kali sehari. Minyak rosemary sendiri memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan masalah gigi. 

  • Bubuk cengkeh

Cengkih atau cengkeh adalah kuncup bunga kering dengan aroma unik yang sangat tajam harumnya. Bubuk cengkeh dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Berikut cara mengaplikasikannya :

– Tambahkan minyak zaitun ke 1 sendok makan bubuk cengkeh dan buat pasta. 

– Oleskan campuran ini ke gigi Anda dan diamkan selama beberapa menit. 

– Kemudian berkumurlah dengan air hangat dan bilas. 

Cengkih akan bekerja melawan mikroba di mulut yang menyebabkan karang gigi. 

  • Teh hitam

Cara membersihkan karang gigi dan mencegah kekambuhan adalah dengan teh. Teh ini membantu melawan plak dan bakteri. Caranya cukup dengan berkumur-kumur atau membilasnya dengan teh hitam hangat.

  • Pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi 

Pergi ke dokter gigi bukan hanya untuk mengatasi masalah gigi berlubang dan sakit gigi. Perlu juga untuk Anda mengunjungi dokter secara teratur guna mengobati karang gigi. Dengan kunjungan rutin, dokter dapat membantu membersihkan karang gigi yang sudah ada di permukaan gigi Anda. Ini adalah cara alami untuk mengunduh gratis karang gigi. Jika karang gigi sudah terbentuk pada gigi Anda, cara terbaik untuk membersihkannya adalah mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Bersihin karang gigi alami bandung
Bersihin karang gigi alami bandung

Bersihin karang gigi alami bandung – Anda juga dapat menggunakan metode scaling gigi untuk membersihkan karang gigi secara alami. Alat yang digunakan untuk prosedur ini yaitu alat ultrasonic scaler yang mana fungsi menghilangkan karang gigi dari gusi yang sulit dicapai dengan bulu sikat gigi. Dikarenakan karang gigi tidak dapat dihilangkan hanya dengan pemeriksaan gigi, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi.

Scaling dapat membersihkan karang gigi yang tertumpuk banyak sekalipun. Untuk melakukan karang gigi atau scaling lebih baik dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, jika kondisi karang gigi sudah parah, scaling dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali. Selain itu manfaat scaling tidak hanya membersihkan gigi dari karang gigi, tetapi juga mencegah berkembangnya berbagai penyakit.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Dan dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan giig yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di

Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232 ( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/628215308250

Klinik Telpon : 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9! 4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung

 

Penulis Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *