My Blog

Cara Bersihin Karang Gigi Bandung 2022

Bersihin Karang Gigi Bandung

Bersihin karang gigi bandung
Bersihin karang gigi bandung

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Karang gigi atau sering disebut tartar adalah plak yang terbentuk di permukaan gigi. Plak gigi sendiri merupakan lapisan tipis dan lengket yang terbentuk dari bakteri, kotoran, dan partikel makanan yang menumpuk dan berwarna pucat kekuning-kuningan. plak menjadi karang gigi membutuhkan waktu sekitar 12 hari untuk mencapai proses pematangan. Namun, tahap pembentukan karang bervariasi untuk setiap individunya karena didasarkan pada pH udara di rongga mulut mereka.

Bersihin karang gigi bandung – Tartar akan terbentuk lebih cepat di mulut ketika air liur memiliki pH di atas 7. Jika karang gigi tidak segera dihilangkan, tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, dan penyakit gusi. Namun Anda jangan khawatir, terdapat sebuah metode medis yang bernama scaling gigi yang berfungsi untuk menghilangkan karang gigi Anda.

Mengenal Lebih Jauh Karang Gigi

Bersihin karang gigi bandung – Karang gigi menjadi salah satu permasalahan pada gigi yang paling umum dan tidak dapat dihindari oleh banyak orang, baik anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Menurut American Dental Hygienist Association, kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada masa anak-anak. Plak dapat menumpuk dari waktu ke waktu, sehingga akan meningkatkan berbagai masalah gigi dan mulut.

Apalagi jika anak terlalu malas untuk menyikat gigi baik setelah makan maupun sebelum tidur. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah karang gigi dan mencegah penyakit mulut dan gigi yang lainnya, diperlukan rutinitas pemeriksaan dan pembersihan karang gigi.

Penyebab Karang Gigi

Bersihin karang gigi bandung – Sebenarnya apa sih penyebab munculnya karang gigi? Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya karang gigi. Resiko tersebut antara lain penuaan, kebiasaan merokok, sering makan makanan manis dan sangat sedikit mengonsumsi air minum.

Pembersihan karang gigi merupakan perawatan pada gigi dengan cara merontokkan kerak pada gigi. Manfaat menghilangkan karang gigi tentu saja untuk kebersihan kondisi gigi dan mulut. Plak pada gigi dapat membuat tampilan gigi Anda menjadi kusam dan tidak enak dipandang sebab sangat terlihat mencolok jika dibandingkan dengan gigi sehat lainnya. Hal itu disebabkan oleh struktur plak yang cenderung mengeras dan berwarna kusam bahkan bisa sampai kehitaman. 

Bersihin karang gigi bandung
Bersihin karang gigi bandung

Pembersihan Karang Gigi

Bersihin karang gigi bandung – Scaling gigi saat ini menjadi solusi paling efektif untuk meningkatkan kebersihan gigi Anda secara menyeluruh tanpa adanya karang gigi. Scaling gigi dilakukan dengan alat khusus yang disebut scaler ultrasonik yang berfungsi untuk merontokkan karang gigi. Getaran yang dihasilkan scaler ultrasonic ini mampu memecahkan batu karang yang menempel pada gigi.

Apabila nda memiliki karang gigi dan tidak segera membersihkannya itu akan membuat partikel-partikel makanan bercampur dengan air liur  lalu menempel pada karang dan gigi sehingga menimbulkan berbagai macam bakteri di dalam mulut. Adanya bakteri yang tumbuh dan berkembang dapat menyebabkan kerusakan serius pada gigi termasuk gigi copot. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perawatan karang gigi sedini mungkin agar gigi Anda selalu sehat dan terjaga dari bakteri jahat pada gigi.

Langkah-langkah Membersihkan Karang Gigi

Bersihin karang gigi bandung – Prosedur karang membersihkan gigi dari karang tidak memerlukan rawat inap atau dengan kata lain dapat dilakukan dalam satu kali kunungan. Pembersihan karang gigi ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 25-60 menit tergantung pada tingkat keparahan karang gigi. Sedangkan tahapan untuk menghilangkan karang gigi secara umum adalah:

  • Dokter melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada rongga mulut dan gigi untuk mrngrtahui letak karang gigi pasien.
  • Kemudian dokter dengan alat scaler ultrasonik dan scaler manual akan menghilangkan karang gigi di antara gusi dan akar mahkota, serta menghilangkan plak dan karang gigi yang sulit dicapai. 
  • Dokter akan membersihkan karang gigi dan area lain dari gusi pasien untuk membersihkan bakteri yang tersisa.
  • Apabila karang dirasa sudah rontok semua, dokter akan meminta pasien unutk berkumur dan prosedur pun selesai.
Bersihin karang gigi bandung
Bersihin karang gigi bandung

Resiko Adanya Karang Gigi

Bersihin karang gigi bandung – Tindakan atau langkah yang ditempuh untuk menghilangkan atau membersihkan karang gigi tidak hanya membantu membersihkan gigi dari karang gigi begitu saja. Akan tetapi juga dilakukan untuk mencegah berkembangnya penyakit lain. Risiko penyakit yang bisa disebabkan oleh adanya karang gigi antara lain:

  • Masalah Gigi

Tartar atau plak adalah tempat favorit berkembangbiaknya bakteri jahat pada gigi. Seperti yang kita ketahui bakteri dapat menyebabkan berbagai masalah gigi seperti bau mulut  atau halitosis. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang menghasilkan gas belerang (sulfur). Sehingga orang dengan jumlah plak yang banyak ketika berbicara pasti mengeluarkan bau mulut yang tidak enak. Asam yang dihasilkan dan dikeluarkan oleh bakteri juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi. Sebab dapat mengikis tulang yang menopang gigi, menyebabkannya longgar hingga sampai lepas.

  • Peradangan Gusi

Karang gigi yang lama dibiarkan dan tidak dibersihkan dapat mengeras dan melukai gusi. Kondisi demikian menyebabkan gusi menjadi meradang, bengkak, dan mudah berdarah. Semakin lama karang bertahan, semakin besar kemungkinan kerusakan pada gigi berkembangdan mrnimbulkan peradangan pada gusi.

  • Penyakit Periodontal

Jika peradangan gusi akibat karang gigi tidak segera diobati, dapat menyebabkan penyakit periodontal. Penyakit yang menciptakan lapisan seperti kantong di antara gusi dan gigi. Ketika kantong Anda penuh dengan bakteri, sistem kekebalan tubuh Anda secara alami melepaskan bahan kimia untuk melawan bakteri tersebut. Reaksi antara bakteri dan bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh dapat merusak tulang gigi dan jaringan lainnya. Pada akhirnya, pkondisi tersebut akan menghancurkan tulang, gusi, dan jaringan yang menopang gusi.

  • Penyakit Jantung

Bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal (penyakit gusi) juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya di luar gigi seperti penyakit jantung. Bakteri yang ada pada karang gigi dapat menginfeksi jaringan pendukung gigi, kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, dan menyerang katup jantung.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di

Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232 ( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/628215308250

Klinik Telpon : 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9! 4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung

 

Penulis Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *