My Blog

Informasi Bersihin Karang Gigi BPJS Bandung 2022

Bersihin Karang Gigi BPJS Bandung

Bersihin karang gigi BPJS bandung
Bersihin karang gigi BPJS bandung

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Pembersihan karang gigi atau scaling gigi adalah suatu prosedur non-bedah ang dilakukan untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Metode ini dapat menghilangkan plak di sepanjang garis gusi, menghaluskan permukaan kasar di akar gigi, dan menempelkan kembali gusi ke gigi.

Pembersihan karang gigi dapat dilakukan dengan menggunakan tangan secara langsung atau dengan penggunaan ultrasonik melalui dokter gigi. Meskipun k eduanya hasil yang baik, memperbaiki karang gigi dengan alat ultrasonik jauh lebih cepat. Selama prosedur, dokter gigi memberikan anestesi lokal untuk mematikan rasa di area mulut sehingga selama prosedur merawat pasien tidak merasakan sakit.

Karang Gigi & Dampaknya

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Karang gigi merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit periodontitis atau penyakit gusi. Apabila karang pada gigi dibiarkan begitu saja dan tidak segera dihapus, maka akan menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis. Gejala awal dari penyakit ini adalah gusi yang berwarna merah, mengkilat, dan sedikit bengkak. Di sisi lain jika peradangan semakin parah, gusi akan cenderung lebih mudah berdarah saat penyikatan gigi, dan pendarahan ini secara spontan.

Jika gingivitis tidak segera ditangani dengan baik, akan mengakibatkan peradangan pada tulang alveolar gigi dan hanya dapat dilihat selama pemeriksaan dengan menggunakan radiologi gigi. Kondisi ini disebut sebagai penyakit periodontal. Ketika peradangan mempengaruhi jaringan periodontal gigi sampai ke tulang alveolar gigi, gigi akan menjadi longgar dan terpisah dari soket alveolar sehingga sangat mudah untuk lepas. 

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Tartar atau karang gigi sendiri tidak bisa dihilangkan hanya dengan membersihkan dan menggunakan benang saja. Tartar sebenarnya adalah plak yang tebal dan mengeras dan biasanya menumpuk di garis gusi, terutama di bagian dalam gigi depan bawah. 

Karang gigi umumnya memiliki warna kecoklatan atau hitam apabila sudah lama dbiarkan. Secara umum, semakin gelap karang gigi, semakin banyak dan semakin keras karang yang terbentuk. Selain itu ketika Anda menyentuhnya dengan lidah, tekstur karang gigi terasa kasar bahkan bisa melukai lidah. Karang yang dibiarkan berkembang tanpa dibersihkan secara teratur akan membuat tampilan gigi sangat tidak enakuntuk dipandang.

Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat mengikis dan mengendurkan gigi sehingga menyebabkan masalah gigi yang serius. Lebih jauh lagi, kondisi karang gigi yang sudah parah juga bisa menimbulkan masalah lain di luar gigi . Sebab akteri di dalam mulut juga dapat masuk ke aliran darah dan merusak pembuluh darah yang tersumbat. 

Bersihin karang gigi BPJS bandung
Bersihin karang gigi BPJS bandung

Pembersihan Karang Gigi

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Solusi terbaik untuk mengatasi adanya peramasalahan karang gigi adalah pergi melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk membersihkannya. Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat khusus yaitu scaler ultrasonik untuk merontokkan dan menghilangkan karang gigi. Alat ini bekerja dengan energi getaran yang tinggi dan sangat efektif untuk menghilangkan setiap karang gigi yang keras.

Ujungnya yang tajam pada alat ini dapat bekerja untuk membersihkan karang gigi dari permukaan tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Meskipun proses membersihkan karang umumnya aman, namun tindakan ini dapat menyebabkan timbulnya sedikit rasa ngilu pada gigi pasien. lamanya durasi dalam prosedur ini tergantung pada jumlah dan tingkat keparahan gigi pasien.

Tahap Persiapan Pembersihan Karang Gigi

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Bersihin karang gigi dapat dilakukan dengan alat scraper manual maupun scaler ultrasonik. Penggunaan alat scaler ultrasonik (USS) saat ini lebih banyak dlakukan dengan alasan lebih cepat, lebih mudah, dan tidak terlalu menyakitkan saat prosedur menghilangkan karang dilakukan. Tahapan-tahapan bersihin karang gigi sendiri di antaranya yaitu:

  • Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut dengan menggunakan cermin khusus untuk menemukan lokasi karang gigi Anda.
  • Lalu Anda akan diberikan suntikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa nyeri selama prosedur penanganan karang gigi dilakukan. 
  • Selanjutnya, dokter akan merontokkan dan menghilangkan karang gigi dengan alat scraper ultrasonik. Setelah itu, tindakan dilanjutkan dengan pengikisan menggunakan alat yang runcing untuk membersihkan karang yang tidak dapat dicapai oleh pengikis ultrasonik. 
  • Kemudian, dokter akan menyikat gigi Anda dengan sikat gigi elektrik dan benang gigi untuk menjangkau sisa-sisa plak yang menempel di antara gigi.
  • Setelah kondisi gigi Anda dinyatakan bebas dari karang gigi, dokter akan meminta untuk berkumur dengan cairan berfluoride.

Umumnya, tindakan karang gigi dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan ke dokter gigi. Pada kunjungan ini, prosesnya memakan waktu kurang lebih satu jam. Namun, jika ada banyak plak yang menempel pada gigi, akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Bersihin karang gigi BPJS bandung
Bersihin karang gigi BPJS bandung

Mampukah Membersihkan Karang Gigi Dengan BPJS?

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Apakah tindakan bersihin karang gigi bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan? Yaa.. BPJS Kesehatan menyediakan layanan karang gigi, melalui akun Twitter resmi @BPJSKesehatanRI menyatakan bahwa BPJS Kesehatan akan menanggung biaya layanan karang gigi. Namun, hanya dapat dilakukan satu kali dalam 1 tahun untuk setiap pasiennya.

Peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh layanan kesehatan gigi di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau fasilitas rujukan berdasarkan indikasi medis atau perintah dari dokter. Dengan kata lain, tidak dilakukan dengan kemauan sendiri. Fasilitas kesehatan tingkat 1 yang menawarkan layanan karang gigi antara lain sebagai berikut:

  • Dokter Gigi Puskesmas
  • Dokter gigi praktik pertama atau yang setara
  • Dokter gigi spesialis.

Setelah mengetahui bahwa pembersihan karang gigi dapat ditanggung oleh BPJS, Anda juga harus mengetahui prosedurnya. Langkah-langkah perbaikan karang gigi dengan BPJS antara lain ialah:

Penggunaan BPJS Faskes Kelas Satu

  • Peserta harus mengunjungi Puskesmas/Klinik atau dokter gigi praktek mandiri yang terdaftar di Kartu BPJS Kesehatan. 
  • Kemudian pasien harus menyerahkan kartu BPJS kesehatan kepada petugas rumah sakit atau klinik, lalu berkas tersebut akan dicek oleh petugas. 
  • Setelah itu dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan perawatan pasien. Jika diperlukan peserta akan mendapatkan obat untuk indikasi medis. Indikasi medis memerlukan pemeriksaan/pengukuran dari dokter spesialis/sub spesialis, baru setelah itu peserta akan mendapatkan rujukan gigi. 

Penggunaan Tingkat Faskes BPJS Lanjut

  • Peserta harus membawa berkas seperti KTP, BPJS Kesehatan, dan surat rujukan dari fasilitas kesehatan pertama. 
  • Kemudian peserta mendaftarkan diri di rumah sakit sesuai persyaratan. Petugas rumah sakit akan memeriksa kartu peserta dan slip bukti rujukan. 
  • Setelah menerima Surat Kelayakan (SEP), maka peserta dapat diperiksa atau dirawat oleh dokter gigi. 

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membersihkan karang gigi?

Bersihin karang gigi BPJS bandung – Biaya bersihin karang gigi tergantung pada fasilitas medis yang Anda pilih. Sebab baik klinik maupun rumah sakit besarya biaya dapat bervariasi. Namun, harga karang gigi umumnya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 400.000. Harga bersihin karang gigi tersebut tidak termasuk kunjungan dan pemeriksaan ke dokter gigi. Jika Anda ingin melakukan karang gigi di Puskesmas, agar tidak ada kesalahan biaya maka Anda bisa menanyakan kepada petugas di sana tentang biaya pembersihan karang gigi di Puskesmas.

Pembersihan karang gigi selian dengan BPJS, juga bisa menggunakan asuransi kesehatan swasta atau asuransi dai perusahaan Anda. Manfaat asuransi tertentu dapat mennagani perawatan karang gigi. Namun, prosedur ini harus dilakukan di institusi medis yang berafiliasi dengan perusahaan asuransi Anda tentunya.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di

Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232 ( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/628215308250

Klinik Telpon : 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9! 4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung

 

Penulis Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *