My Blog

Biaya Pembersihan Karang Gigi Depok 2022

Biaya Pembersihan Karang Gigi Depok

Biaya pembersihan karang gigi depok
Biaya pembersihan karang gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com –Dewasa ini, siapa yang tidak mengetahui permasalahan pada gigi yang disebut dengan karaang gigi. Karang gigi adalah salah satu gangguan pada gigi yang sering kali dialami oleh orang – orang di segala usia, mulai dari usia anak – anak, usia dewasa hingga dialami oleh usia yang sudah lanjut.

Timbulnya karang juga dapat disebabkan karena kurangnya pembatasan mengkonsumsi makanan yang manis, dalam jangka waktu tertentu akan tumbuhnya pada gigi dan menyebabkan penyakit tidak sulit dibersihkan dan apabila dibersihkan, dalam jangka waktu tertentu akan berubah menjadi karang dari warna. kuning pekat yang masih bertekstur seperti kapur sampai dengan hitam pekat dan bertekstur keras dan memiliki pori.

Pada karang gigi yang sudah bertekstur keras dan berwarna hitam pekat tentunya lebih sulit untuk dibersihkan dibandingkan karang gigi yang teksturnya masih seperti kapur dan masih berwarna. Di dunia medis, karang gigi sering kali disebut dengan kalkulus gigi yang dimana keberadaannya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi, karena memerlukan peralatan dan metode khusus yang bersama scaling gigi.

Biaya pembersihan karang gigi depok
Biaya pembersihan karang gigi depok

Scaling Gigi

Biaya pembersihan karang gigi depok – Scaling gigi merupakan metode yang dilakukan oleh dokter gigi pada klinik kecantikan, puskesmas maupun rumah sakit untuk menghilangkan karang gigi dengan merontokkan karang yang sudah menempel pada gigi dengan alat scaling yang bernama ultrasonic scaler. Scaling gigi merupakan sebuah metode perawatan gigi non operasi yang sangat aman untuk dilakukan di semua usia dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan rongga mulut maupun kesehatan tubuh.

Scaling gigi merupakan suatu perawatan yang disediakan baik di klinik estetika gigi, di puskesmas maupun di rumah sakit yang bertujuan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah membandel. Mensucikan karang gigi dengan menggunakan treatment scaling hanya dapat dilakukan oleh keterampilan yang dimiliki oleh dokter gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler, dimana cara kerjanya adalah getaran ultrasonic scaler yang nantinya akan merontokkan karang gigi yang menempel pada gigi.

Mensucikan karang gigi tidak dapat dilakukan sendiri di rumah, karena memerlukan alat tertentu dan kebersihan yang sangat diperlukan agar gigi tidak terkontaminasi oleh bakteri. Sebelum melakukan scaling gigi, tentunya Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi mengenai kondisi karang gigi yang mungkin masih dalam kategori karang gigi yang dapat dibersihkan tanpa menggunakan metode scaling gigi atau memang harus dilakukan dengan metode scaling gigi.

Biaya pembersihan karang gigi depok
Biaya pembersihan karang gigi depok

Kondisi yang mengharuskan scaling gigi

Biaya pembersihan karang gigi depok Rencana scaling gigi mulai dapat dilakukan ketika Anda mulai merasakan ciri – ciri adanya karang gigi pada gigi Anda, ciri – cirinya adalah sebagai berikut.

  • Mengalami bau mulut yang berlangsung cukup lama walaupun sudah membersihkan rongga mulut secara keseluruhan.
  • Pada saat sikat gigi atau mengkonsumsi makanan, gusi mudah terluka hingga berdarah karna sensitifitasnya pada saat terkadang oleh gigi atau makanan yang bertekstur.
  • Mengalami rasa nyeri pada gigi maupun gusi.
  • Mengalami gigi yang goyah hingga tanggal tanpa adanya tanda – tanda pertumbuhan gigi yang baru.
  • Mengalami gusi yang berwarna merah dan bengkak sampai dengan bernanah yang sangat mengganggu aktivitas makan.

Prosedur melakukan scaling gigi

Biaya pembersihan karang gigi depok – Berikut adalah prosedur yang dilalui ketika seseorang melakukan scaling gigi.

  • Pertama kali yang dilakukan oleh dokter sebelum memulai proses scaling gigi adalah pembiusan local pada rongga mulut, hal ini ditujukan untuk menghilangkan nyeri pada saat proses scaling gigi dilakukan.
  • Setelah pembiusan lokal, proses scaling gigi mulai dilakukan pada gigi dengan menggunakan ultrasonic scaler yang memanfaatkan getaran untuk merontokkan karang gigi yang menempel pada gigi atau sela – sela gigi.
  • Setelah karang gigi rontok akibat getaran alat ultrasonic scaler, dokter gigi akan membersihkan sisa karang gigi yang masih menempel pada gigi atau sela gigi secara manual yang tidak terjangkau oleh alat scaling gigi tersebut.
  • Kemudian pasien akan lebih disarankan untuk berkumur sebanyak beberapa kali dengan tujuan untuk membersihkan gigi secara keseluruhan dengan membuang sisa-sisa karang yang masih berada di rongga mulut.
  • Proses yang terakhir adalah pemolesan pada gigi yang telah discaling dengan menggunakan alat pemoles khusus untuk gigi yang ujungnya terdapat karet yang lembut agar tidak merusak email gigi.
Biaya pembersihan karang gigi depok
Biaya pembersihan karang gigi depok

Biaya Scaling Gigi

Biaya pembersihan karang gigi depok – Biasanya biaya yang ditawarkan untuk melakukan penskalaan gigi dapat dimulai dari yang paling murah yaitu Rp 80.000 sampai dengan Rp 350.000. Banyak orang yang bertanya apakah melakukan scaling gigi dapat dicover oleh BPJS atau tidak, jawabannya adalah tentu bisa. Hal ini diatur dalam Pasal 52 ayat (1) Peraturan BPJS Kesehatan No. 1 Tahun 2014 karena penskalaan gigi merupakan metode yang dapat menghilangkan karang gigi yang jika dibiarkan tanpa penanganan dapat memicu penyakit yang cukup serius bagi tubuh.

Maka dari itu penting untuk melakukan pengecekkan gigi sebanyak 6 bulan 1 kali, karena dikatakan bahwa waktu yang paling tepat untuk melakukan karang gigi dengan metode scaling adalah setiap 6 bulan sekali. Pengecekkan rutin untuk menghindari karang gigi dapat dilakukan di dokter gigi yang ada di klinik estetika gigi, puskesmas, dan bahkan rumah sakit.

keberadaan karang gigi yang dapat terlihat oleh mata ketika membuka mulut tentunya akan memberikan rasa malu dan tidak percaya diri, karena keberadaan karang pada gigi akan menimbulkan kesan bahwa Anda adalah pribadi yang jorok dan tidak menjaga kebersihan rongga mulut Anda, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh dalam kehidupan Anda.

Tips Mencegah Munculnya Karang Gigi

Biaya karang gigi depok – Ada beberapa hal yang dapat dilakukan demi menjaga pola hidup Anda dan khususnya menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut Anda agar terhindar dari segala penyakit dan kerusakan pada gigi seperti timbulnya karang gigi.

  • Menyikat gigi kurang lebih sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • membersihkan gigi dengan benang pembersih khusus gigi untuk membersihkan area pada gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  • Berkumur dengan menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada rongga mulut.
  • Mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran yang dapat bekerja membersihkan gigi secara alami khususnya yang mengandung vitamin c yang sekaligus akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan kekuatan gusi.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan lengket agar sisa makanan tidak menempel pada sela – sela gigi yang sulit dijangkau ketika gigi dibersihkan.
  • Mengurangi konsumsi minuman seperti kopi dan teh yang dapat memberi perubahan warna pada gigi sekaligus meninggalkan noda yang dapat menjadi plak.
  • kebiasaan buruk yang dapat mentransfer bakteri ke gigi seperti menggigit ujung pensil atau pulpen, membuka kemasan dengan menggunakan gigi.
  • kebiasaan buruk merokok, selain itu tidak bagus untuk kesehatan paru – paru dan tenggorokan, kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya karang gigi.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lua kunjungi klinik kami untuk mendpatakan perawan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1

( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1! 4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372  

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *