My Blog

INFORMASI TAMBAL GIGI DI PUSKESMAS BOGOR 2022

TAMBAL GIGI DI PUSKESMAS BOGOR

Tambal gigi di puskesmas bogor
Tambal gigi di puskesmas bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Tambal gigi merupakan metode perawatan gigi yang saat ini sudah umum untuk dilakukan. Tambal gigi dilakukan untuk memperbaiki kondisi gigi yang rusak atau bolong karena permasalahan gigi. Pada umumnya prosedur tambal gigi ini dilakukan sekitar kurang lebih satu jam dan tidak akan menyebabkan rasa sakit. Tambal gigi sangat penting untuk dilakukan karena mencegah keruksakan yang lebih lanjut dan memungkinkan gigi akan bekerja normal kembali. 

Tambal gigi di puskesmas bogor – Tambal gigi saat ini sudah dapat anda lakukan di Puskesmas. Poli Gigi dapat menjadi alternatif bagi anda yang akan melakukan prosedur tambal gigi. Akses ke lokasi yang mudah dan harga yang lebih terjangkau. Namun Anda harus menunggu lebih banyak, karena di Puskesmas, biasanya lebih banyak antriannya karena ada beberapa poli.

Proses Tambal Gigi

Tambal gigi di puskesmas bogor – Penambalan pada umumnya merupakan prosedur perawatan gigi yang cukup sederhana. Dokter gigi akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan rongga mulut dan menggunakan instrumen gigi untuk melakukan pemeriksaan rongga mulut. Dokter gigi juga mendukung untuk melakukan pemeriksaan dengan melakukan rontgen gigi untuk melihat tingkat kerusakan gigi. 

Anda akan dibius lokal untuk membuat sekitar gigi mati rasa dan mencegah rasa sakit yang akan timbul. Namun anda tidak akan diberikan anestesi jika yang ditambal hanya bagian permukaan gigi. Setelah area tambalan gigi sudah mati rasa, dokter gigi akan menggunakan bor gigi untuk mengebor email gigi dengan tujuan menghilangkan kerusakan. Ada beberapa dokter gigi yang akan menggunakan laser atau alat abrasi udara.

Kemudan dokter gigi akan, mensterilkan, dan menyediakan area yang akan dilakukan penambalan kemudian mengisi lubang di gigi anda. Jenis tambalan yang akan digunakan dikeraskan atau diawetkan dengan sinar biru.

Terakhir dokter gigi akan menggosok gigi anda kemudian memeriksa untuk memastikan anda sudah lulus.

Setelah bius habis, gigi Anda mungkin saja akan merasakan nyeri atau sensitif pasca tambal gigi, namun kemungkinannya lebih besar tidak menimbulkan rasa sakit yang menganggu. Anda harus menghindari makanan dan minuman panas atau dingin untuk satu atau dua hari.

Tambal gigi di puskesmas bogor
Tambal gigi di puskesmas bogor

Tambal gigi di puskesmas bogor – Pada umumnya proses tambal gigi ini memerlukan waktu sekitar 1 jam. pengisian tambalan yang sederhana biasanya memerlukan waktu paling sedikit 20 menit. Tambal gigi berlubang yang lebih besar atau banyak tambalan dapat memakan waktu lebih lama, juga tergantu pada bahan yang digunakan untuk tambalan. 

Untuk bebrapa bahan dapat membutuhkan waktu yang lebih lama atau bahkan memerlukan dua kali kunjukangan dokter gigi. Contohnya bahan resin komposit yang melapisi gigi memerlukan waktu yang lebih banyak. Namun dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan. Untuk beberapa tambalan komposit perlu dibuat beton, sehingga memerlukan kunjungan kedua untuk mengikatian. 

Tambalan bahan emas atau porselen juga tidak dapat dilakukan dalam satu waktu. Kunjungan pertama gigi yang berlubang akan dilepas dan diberi beton untuk selanjutnya dibuat beton. Pada kunjungan kedua, tambalan gigi yang baru akan direkatkan pada gigi. Mengganti tambalan yang lama memerlukan waktu yang kurang lebih sama dengan tambalan asli atau sedikit lebih lama apabila bahan tambal gigi yang lama harus dibor. Bahan dan rongga pengisi lama akan dibersihkan dan kemudian pengisi baru akan dimasukkan. 

Jenis-jenis Tambal Gigi 

Tambal gigi di puskesmas bogor – Sebelum melakukan prosedur tambal gigi, dokter gigi akan mengkonsultasikan berbagai jenis tambal gigi yang dapat anda gunakan untuk mengisi gigi yang bolong. Ada beberapa pilihan yang paling banyak digunakan dokter gigi, antara lain:

  • Amalgam (Perak)

Amalgam terbuat dari campuran bahan logam, merkuri, dan timah. Keuntungan kuat jika anda menggunakan jenis tambal gigi ini adalah bahan amalgam cenderung menahan tekanan, dan harga jenis ini cenderung lebih kuat. Kekurangan jenis ini adalah amalgam dapat berubah menjadi hitam ketika terjadi korosi, dan untuk beberapa orang yang menyebabkan alergi. Amalgam memiliki daya tahan 10 hingga 15 tahun.

  • Komposit

Keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunak jenis tambal gigi komposit adalah tidak menimbulkan korosi dan kuat menahan tekanan. Kekurangan jenis ini adalah harga yang lebih mahal disbanding jenis amalgam, dan waktu pemasangan yang lama. Daya tahan jenis komposit ini hingga 5 tahun.

  • Kaca ionomer

Jenis tambal gigi ionomer kaca memiliki hasil akhir yang mirip dengan warna gigi asli anda. Proses pemasangan yang cepat. Kekurangan jenis ini adalah tidak cukup kuat menahan tekanan karena terbuat dari serbuk kaca. Biaya yang mahal dan lebih rawan patah. Daya tahan jenis ionomer kaca ini kurang dari 5 tahun.

  • Resin ionomer

Resin ionomer lebih transparan dari bahan sebelumnya. Untuk tambalan gigi disarankan untuk menggunakan jenis ini. Namun jika akan digunakan untuk jangka waktu yang lama, maka tidak disarankan menggunakan jenis ini.

  • Porselen

Jenis porseleh ini memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga dapat bertahan lebih lama dari jenis lain. Namun, jenis porselen ini mudah rapuh dan retak. Biaya tambal gigi menggunakan jenis ini juga cukup mahal, dan tidak dapat dilakukan dalam satu waktu. Daya tahan jenis porselen ini hingga 15 tahun.

  • Aloi Emas

Bahan jenis ini mengandung emas, sehingga memiliki ketahanan yang tidak diragukan lagi. Bahan ini juga tahan dengan noda dan korosi. Namun, harga yang harus ditetapkan cukup mahal, dan hasilnya tidak sesuai dengan warna gigi Anda.

Tambal gigi di puskesmas bogor
Tambal gigi di puskesmas bogor

Biaya Tambal Gigi Di Puskesmas Bogor

Tambal gigi di puskesmas bogor – Biaya tambal gigi berlubang di tiap lokasi bervariasi, tergantung pada bahan yang digunakan dan berapa jumlah gigi yang akan ditambal. Untuk biaya tambal gigi di Puskesmas apabila kerusakan pada gigi memiliki kerusakan yang ringan, untuk menambal bagian gigi tersebut dikisaran harga Rp. 100 Ribu hingga Rp. 300 Ribu untuk satu gigi.

Apakah BPJS Kesehatan dapat Menanggung Biaya Tambal Gigi ??

Tambal gigi di puskesmas bogor – Berdasarkan peraturan BPJS Kesehatan No. 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1 ada beberapa perawat gigi yang dapat dijaminkan termasuk administrasi layanan seperti biaya pendaftaran; Konsultasi, pemeriksaan, pengobatan gigi; pemberian obat anestesi sebelum; prosedur tambal gigi atau tumpatan gigi dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Untuk prosedur tambal gigi yang dijamin, Puskesman biasanya menggunakan bahan glass inonomer cement (GIC) atau bahan resin komposit. 

Namun tidak semua prosedur tambal gigi dapat ditanggung BPJS Kesehatan, dan jika Anda melakukan tambal gigi untuk tujuan estetika saja, Anda tidak dapat menggunakan fasilitas BPJS ini.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi ( Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor )

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682!

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *