My Blog

CARA MENAMBAL GIGI BERLUBANG SENDIRI BOGOR LANGKAH PRAKTIS 2022

CARA MENAMBAL GIGI BERLUBANG SENDIRI BOGOR

 

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor
Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Anda mungkin pernah berpikiran untuk menambal gigi berlubang sendiri ketika anda merasakan sakit gigi, dan merasa jika akan diobati ke dokter gigi adalah hal yang mahal. Oleh karena itu mereka ingin mencoba menangani permasalahan gigi ini sendiri dirumah yang dianggap paling murah. Namun pertannyaannya, apakah bias menambal gigi berlubang sendiri, dan apakah itu aman ? Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan menjelaskan jawaban pertanyaan tersebut.

Gigi Berlubang

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor – Permasalahan umum yang sering dikeluhkan banyak orang adalah masalah gigi berlubang. Gigi berlubang ini dapat dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab munculnya gigi berlubang ini karena adanya plak yang tercipta dari sisa makanan, bakteri, dan air liur. Jika anda jarang membersihkan rongga mulut, maka bakteri yang ada di dalam plak dapat mengikis gigi karena bakteri ini menghasilkan zat asam.

Gigi berlubang ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang tak tertahankan. Tidak hanya itu, gigi yang berlubang juga dapat memicu radang gusi, bau nafas yang tidak sedap, dan infeksi yang dapat menyebar ke organ lain. Jadi, jika anda mempunyai gigi yang berlubang, segeralah ditangani lebih lanjut, agar tidak menambah keparahan lubang gigi.

Untuk penanganan gigi yang berlubang dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara, tergnatung pada kondisi gigi anda, kondisi kesehatan anda, usia anda, dan fasilitas yang tersedia. Jika kondisi gigi masih dapat dipertahankan, maka dapat dilakukan penambalan, pemasangan mahkota gigi, perawatan saluran akar, atau terapi lainnya. Namun jika kondisi sudah parah dan sulit untuk dipertahankan, mungkin saja dokter akan menyarankan untuk pencabutan gigi.  

Cara Menambal Gigi Berlubang Sendiri

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor – Apakah ada cara untuk menambal gigi berlubang sendiri dan amankah melakukannya? Jawabanya tidak ada, dan tidak aman untuk melakukannya sendiri. Tambal gigi tanpa prosedur yang tepat dapat beresiko membuat gigi anda semakin rusak dan akan lebih sulit untuk ditangani. Dan juga akan terjadi reaksi alergi yang ringan hingga berat pada bahan tambalan yang anda gunakan tersebut, bila anda orang yang sensitive.

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor
Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor

 Tambal gigi ini merupakan prosedur medis, dan harus dilakukan oleh seseorang yang professional, memiliki pengalaman, dan ilmu pengetahuan dibidangnya. Walaupun terlihat sederhana, namun gigi yang berlubang juga mempengaruhi organ tubuh lainnya. Jadi, diperlukan perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi sebelum melakukan prosedur tambal gigi. Segera periksakan langsung ke dokter gigi jika anda memiliki gigi yang berlubang agar dapat ditangani lebih lanjut.

Jadi, jika anda memiliki niat untuk melakukan tambal gigi sendiri sebaiknya urungkan niat anda, dan konsultasikan dengan dokter gigi anda. Tindakan melakukan tambal gigi sendiri hanya akan memperparah kondisi gigi anda. Jangan sampai menghemat beberapa rupiah, lalu akhirnya kesehatan anda yang di gadaikan.

Amankah Menambal Gigi Berlubang Sendiri ??

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor – Sebenarnya ada bahan untuk menambal gigi sendir tanpa di bor, bahan tersebut bernama Silver Diamine Flouride (SDF). SDF berbentuk cair untuk mencegah pembentukan dan perluasan gigi yang berlubang. SDF juga sudah diakui dapat mencegah terjadinya gigi berlubang di Jepang. Edaran SDF ini sudah mengantongi ijin dari FDA (Food and Drug Administration) pada tahun 2014. Harga SDF di situs belanja Online di Indonesia sekitar Rp. 500 ribu.

Penggunaan SDF adalah untuk perawatan gigi yang berlubang dan pencegahan karies yang murah dan mudah digunakan. Walaupun dapat anda lakukan sendiri, anda juga harus mengetahui bahwa SDF ini juga memiliki efek samping. Diantaranya adalah menyebabkan iritasi pada saraf gigi karena terjadi penumpukan partikel silver dan warna kehitaman di sekitar lubang gigi.

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor
Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor

Oleh karena itu, lakukanlah prosedur tambal gigi berlubang anda di tangan orang yang professional yaitu dokter gigi. Jika orang awam yang melakukannya dapat salah memahami cara menambal giginya. Contohnya saja dalam mengaplikasikan SDF ini, dokter gigi akan membersihkan gigi anda terlebih dahulu. Dan membersihkan gigi sendiri itu susah dilakukan sendiri. Kemudian, cairan SDF ini digunakan di permukaan gigi yang berlubang yang telah disikat tanpa pasta gigi sebelumnya. Selanjutnya, didiamkan selama kurang lebih 1 menit, dan kemudian dibilas.

Mengingat harganya juga tidak murah dan memiliki resiko jika dilakukan sendiri yang mungkin saja terjadi, tentu saja melakukan tambal gigi di dokter gigi menjadi pilihan yang terbaik untuk anda.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor – Jika rasa sakit yang anda rasakan karena gigi yang berlubang sudah sangat berat, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Berikut ini adalah cara mengatasi gigi berlubang yang aman untuk dilakukan:

  • Kompres

Cara untuk mengatasi rasa sakit karena gigi berlubang yang dapat anda lakukan adalah dengan mengompres menggunakan es batu. Sensasi dingin dari es batu akan membantu meredakan rasa sakit untuk sementara waktu. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus es batu pada kain, kemudian ditempelkan pada pipi yang terasa sakit.

  • Berkumur dengan air garam

Cara selanjutnya adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Air garam ini mampu membunuh bakteri yang menimbulkan rasa sakit. Berkumur dengan air garam juga mampu melepaskan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi anda.

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor
Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor
  • Rutin menggosok gigi

Jika anda tidak rajin menggosok gigi karena merasakan nyeri pada gigi anda, hanya akan membuat bakteri didalam mulut berkembang, dan rasa sakit akan bertambah parah. Jadi, anda disarankan untuk rajin gosok gigi sebanyak 2x sehari. Agar tidak memperparah rasa sakit pada gigi anda, gunakan sikat gigi yang berbulu lembut.

  • Konsumsi obat 

Cara terakhir yang dapat dilakukan  untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengonsumsi obat sakit gigi. Saat ini sudah banyak obat yang dijual dipasaran. Konsultasikan dengan apoteker mengenai keluhan anda, dan jangan lupa untuk tanyakan dosis dan anjuran pakainya.

Cara Menambal Gigi Berlubang di Dokter Gigi

Cara menambal gigi berlubang sendiri bogor – Sebelum melakukan prosedur tambal gigi, dokter akan memeriksa kondisi gigi anda. Kemudian dokter akan menentukan bahan tambal gigi apa yang akan digunakan. Selanjutnya akan diberikan bius local untuk mematikan saraf sekitar gigi untuk sementara. Tindakan ini dilakukan jika area yang akan ditambal dengan dnegan pulpa, atau gigi berlubang menyebabkan rasa sakit.

Setelah itu karies gigi dibuang dengan memotong enamel gigi menggunakan bor, untuk menghindari pembusukan didalam gigi. Kemudian dokter akan membentuk ruang dalam gigi untuk memasukkan tambalan. Sebelum diisi dengan tambalan, gigi anda akan diisi gel fosfat 37% untuk mengencankan gigi. Lalu gigi dilapisi resi dan ditambal komposit. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *