My Blog

BIAYA TAMBAL GIGI DEPAN BOGOR 2022

BIAYA TAMBAL GIGI DEPAN BOGOR

Biaya tambal gigi depan bogor
Biaya tambal gigi depan bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Selain gigi berlubang, permasalahan gigi yang sering dialami banyak orang adalah gigi patah, termasuk gigi bagian depan. Apabila sudah parah, penanganan yang disarankan untuk mengatasinya adalah dengan cabut gigi. Namun jika masih bias diperbaiki, gigi yang patah masih bias untuk ditambal. Di jaman sekarang ini, sudah banyak fasilitas untuk menangani permasalahan tersebut, seperti di rumah sakit, klinik dokter gigi, hingg Puskesmas. 

Pada umumnya, gigi yang terasa sakit ini dikarenakan adanya gigi yang berlubang. Namun juga bias diakibatkan oleh gigi yang patah. Banyak kasus rasa sakit yang timbul akibat gigi patah bagian depan. Kemungkinan lebih besar lagi pada gigi bagian atas dengan posisi agak maju karena gigi tidak terlindung oleh bibir. Penyebab utamanya adalah benturan.

Apa itu Tambal Gigi ??

Biaya tambal gigi depan bogor – Tambal gigi adalah sebuah perawatan untuk memperbaiki keadaan gigi yang berlubang atau rusak. Prosedur tambal gigi dilakukan dengan memberikan tambalan ke bagian gigi yang berlubang atau rusak tersebut. Dengan tambal gigi dapat mengembalikan bentuk dan kondisi gigi pada semula, sehingga gigi dapat berfungsi secara normal kembali. Gigi berlubang atau rusak yang tidak segera ditambal dapat menyebabkan lubang dan kerusakan yang akan semakin parah. Kerusakan parah ini dokter akan menyarankan untuk prosedur pencabutan gigi.

Biaya tambal gigi depan bogor
Biaya tambal gigi depan bogor

Prosedur Tambal Gigi

Biaya tambal gigi depan bogor – Ada beberapa prosedur yang perlu anda perhatikan saat akan melakukan tambal gigi:

  • Pembersihan area gigi

Area gigi yang berlubang dibersihkan dengan baik sampai benar-benar bersih. Untuk menghilangkan bakteri didalam rongga mulut, dilakukan menggunakan bor gigi. Pada saat dilakukan pembersihan dengan bor gigi ini, dokter akan memberi bius local, apabila anda terganggu dengan rasa nyerinya.

  • Pengolesan bahan perekat

Setelah gigi dan rongga mulut sudah benar-benar bersih, selanjutnya gigi anda akan dioleskan bahan perekat tambalan. Fungsi dari perekat ini untuk bahan tambal agar dapat merekat ke permukaan gigi dengan sempurna.

  • Bahan tambal dimasukkan

Dokter akan membentuk bahan tambal agar sesuai dengan permukaan gigi anda.

  • Tes gigi

Pengetesan ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya rasa mengganjal dari tambahan gigi telah dilakukan. Jika terasa mengganjal maka dokter akan menyesuaikan lagi tinggi tambalannya.

  • Finishing

Langkah ini dilakukan agar permukaan tambalan menjadi semakin halus dan tidak bercelah. Jika gigi bagian depan anda yang memerlukan perawatan, maka ada beberapa pilihan yang dapat anda pilih, diantaranya:

  • Tambal gigi

Jika kerusakan atau gigi yang berlubang tidak parah dan hanya dibagian luarnya saja, maka tambal gigi ini dapat dilakukan.

  • Membuat mahkota gigi

Jika kerusakan gigi depan lebih banyak, maka dokter gigi menutup gigi dengan membuat mahkota gigi. Pemasangan mahkota gigi ini permanen. Pemasangan mahkota gigi ini memerlukan waktu yang lama dan dokter akan melakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.

  • Melakukan veneer gigi

Penambalan gigi depan juga dapat dilakukan dengan veneer gigi. Dengan cara menggunakan lapisan veneer yang telah disiapkan dokter gigi. Lapisan veneer gigi biasanya terbuat dari bahan komposite atau porselen yang memiliki warna mirip dengan gigi asli.

  • Cabut gigi

Jika terjadi benturan yang keras kemudian memicu adanya kegagalan pada saluran akar, dan untuk menghindari adanya infeksi, maka cabut gigi ini menjadi solusi dari dokter gigi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Biaya tambal gigi depan bogor
Biaya tambal gigi depan bogor

Cara Menambal Gigi

Biaya tambal gigi depan bogor – Ada 2 cara yang dapat diambil pada saat tambal gigi, yaitu:

Tambalan Langsung (Direct Filling)

Tambalan langsung ini dilakukan pada beberapa bahan tambal gigi, seperti amalgam dan komposit. Tambalan langsung ini dilakukan dengan 5 tahap:

  • Memberikan bius local.
  • Membersihkan kotoran di rongga mulut.
  • Mengikis plak gigi.
  • Memasang tambal gigi.
  • Penggosokan

Tambalan Tidak Langsung (Indirect Filling)

Apabila anda memilih untuk melakukan tambal gigi yang secara tidak langsung, maka diperlukan dua kali kunjungan ke dokter gigi untuk dapat menyelesaikan tambalan gigi ini. Pada kunjungan pertama, dokter akan membersihkan gigi dari kotoran dan mencetak bagian gigi berongga. Pada kunjungan kedua, akan diperiksa kecocokan cetakan tambalan, sebelum dilakukan penambalan gigi.

Berapa Biaya Tambal Gigi Depan ??

Biaya tambal gigi depan bogor – Dapat dikatakan bahwa biaya tambal gigi ini cukup mahal, yang mana dengan kondisi gigi yang paling ringan akan membutuhkan Rp. 150.000 hingga Rp. 350.000 untuk satu gigi. Dengan harga tersebut termasuk menggunakan bahan tambal gigi yang tergolong murah. Jika tingkat keparahan gigi yang akan ditambal dalam kategori sedang, maka berada di kisaran biaya Rp. 400.000 hingga Rp. 700.000.

Selain tergantung dengan tingkat keparahan kondisi gigi, harga tambal gigi inni juga dipengaruhi bahan yang digunakan. Sedangkan jika kondisi gigi yang akan ditambal dalam katogeri berat, harga yang harus dibayarkan dikisaran Rp. 800.000 hingga Rp. 1.000.000 an per giginya.

Factor-faktor lain yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya proses tambal gigi adalah:

  • Perlu atau tidaknya pemeriksaan gigi, misalnya rontgen.
  • Bahan tambal gigi yang akan digunakan.
  • Tempat yang anda pilih untuk melakukan prosedur tanam gigi.

Apa saja jenis tambal gigi ?? 

Biaya tambal gigi depan bogor – Jenisnya ini dibedakan menurut bahan yang digunakan. Berikut ini jenis-jenis tambal gigi:

  • Amalgam

Amalgam merupakan baham tambal gigi yang dibuat dari campuran beberapa jenis logam dan berwarna perak. Kandungan amalgam adalah merkuri, timah, tembaga, perak, dan beberapa jenis logam lainnya. Karena warnanya yang kurang menarik, amalgam digunakan untuk menambal gigi bagian belakang. Amalgam ini dapat digunakan 10 hingga 15 tahun. Namun saat ini banyak dokter gigi yang sudah tidak menganjurkan untuk menggunakan bahan ini, karena memiliki kandungan merkuri yang bisa saja membahayakan tubuh manusia.

  • Emas

Tambal gigi dengan bahan emas ini merupakan campuran emas dengan logam lain. Emas ini dapat bertahan 10 hingga 15 tahun. Kelebihan menggunakan bahan emas ini adalah tidak menimbulkan korosi gigi, dan menambah nilai estetika bagi penggunanya.

  • Komposit resin

Komposit resin adalah bahan tambal gigi yang dibuat dari partikel plastik dan kaca halus. Proses penambalan dengan bahan ini dilakukan dengan sinar biru. Sinar biru ini memiliki fungsi untuk mengeraskan partikel komposit resin di gigi. Kelebihan dari menggunakan bahan ini adalah material yang kuat, dan warna yang menyatu dengan gigi asli sehingga terlihat lebih natural.

  • Porselen

Porselen adalah bahan tambal gigi yang cukup terkenal dan sering digunakan, karena dianggap memiliki tampilan warna yang mirip dengan gigi asli. Porselen juga memiliki ketahanan dan kekuatan yang bagus, sehingga dapat bertahan hingga 7 tahun. 

 

Konsultasikan kesehtaan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *