My Blog

JENIS & BIAYA TAMBAL GIGI BERLUBANG BOGOR 2022

TAMBAL GIGI BERLUBANG BOGOR

Tambal gigi berlubang bogor
Tambal gigi berlubang bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Tambal gigi merupakan prosedur perawatan gigi yang sering dilakukan. Tujuan penambalan gigi ini untuk memperbaiki kondisi gigi yang berlubang atau rusak.. Prosedur yang dilakukan adalah dengan memasukkan bahan tambalan ke bagian gigi yang berlubang atau rusak. Metode dan bahan penambalan gigi ini dilakukan sesuai dengan kondisi gigi pasien.

Kondisi gigi yang berlubang ini terjadi karena bakteri yang berada didalam mulut memproduksi zat asam yang akan mengikis lapisan terluar gigi lalu membuat gigi menjadi berlubang. Jika keadaan seperti ini tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah, seperti infeksi gigi dan gigi tanggal atau copot. Tambal gigi ini dapat membantu mengatasi permasalahan gigi agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut dan memungkinkan gigi berfungsi normal kembali.

Jadi, apa itu tambal gigi ??

Tambal gigi berlubang bogor – Tambal gigi adalah tindakan secara medis yang dilakukan oleh dokter gigi untuk mengisi bagian gigi yang memiliki celah atau lubang. Gigi yang memiliki bagian pembusukan akan dibuang kemudian diganti dengan tambal gigi. Prosedur tambal gigi ini juga bias memperbaiki kondisi gigi yang retak, rapuh, atau patah karena kebiasaan sehari-hari, contohnya kebiasaan menggigit kuku atau menggertakkan gigi,

Sebelum melakukan prosedur tambal gigi ini, mungkin anda perlu melakukan pencabutan gigi bungsu, dengan tujuan untuk mencegah gigi depan berjejal, menjegah rasa sakit karena ada desakan gigi bungsu, dan mencegah rusaknya gigi disekitarnya.

Tambal gigi berlubang bogor
Tambal gigi berlubang bogor

Apa Indikasi Anda Perlu Melakukan Tambal Gigi ??

Tambal gigi berlubang bogor – Prosedur tambal gigi memiliki tujuan untuk mengembalikkan fungsi dan bentuk gigi yang berlubang atau rusak. Tanda bahwa anda perlu melakukan prosedur tambal gigi ini diantaranya:

  • Gigi yang terasa nyeri secara mendadak, tanpa pemicu sebelumnya.
  • Nyeri saat mengkonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, atau manis.
  • Gigi yang sensitive.
  • Adanya perubahan warna gigi menjadi warna coklat

Prosedur tambal gigi ini bias dilakukan untuk memperbaiki gigi yang patah, retak, atau terkikis karena kebiasaan tertetu.

Apa Manfaat Prosedur Tambal Gigi Berlubang ??

Tambal gigi berlubang bogor – Gigi yang berlubang terjadi karena adanya bakteri dan plak. Bakteri yang berada didalam mulut memproduksi zat asam yang berfungsi mencerna makanan. Jika sisa makanan ini bercampur dengan air liur dapat membentuk plak. Nah, jika plak sudah menutupi gigi anda, anda harus segera melakukan perawatan gigi. Tidak hanya untuk mengisi gigi yang berlubang, berikut ini manfaat dari tambal gigi :

  • Mengembalikan fungsi gigi seperti sediakala.
  • Mengurangin jumlah bakteri penyebab plak.
  • Menguatkan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi.
  • Mempertahankan bentuk rahang dan wajah.
  • Memperbaiki gigi retak atau patah karena kebiasaan menggertakkan gigi.

Apa yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Tambal Gigi ??

Tambal gigi berlubang bogor – Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini sebelum tambal gigi :

  • Menentukan metode apa yang akan dipilh, dan jenis tambal gigi yang akan digunakan.
  • Makan dan minum yang cukup sebelum melakukan prosedur tambal gigi.
  • Sikat gigi sebelum pergi ke dokter gigi.
  • Apabila gigi yang berlubang sudah mengenai system saraf, maka harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.
Tambal gigi berlubang bogor
Tambal gigi berlubang bogor

Bagaimana Prosedur Tambal Gigi

Tambal gigi berlubang bogor –  Ada 2 cara yang dapat diambil pada saat tambal gigi, yaitu:

Tambalan Langsung (Direct Filling)

Tambalan langsung ini dilakukan pada beberapa bahan tambal gigi, seperti amalgam dan komposit. Tambalan langsung ini dilakukan dengan 5 tahap:

  • Memberikan bius local.
  • Membersihkan kotoran di rongga mulut.
  • Mengikis plak gigi.
  • Memasang tambal gigi.
  • Penggosokan

Tambalan Tidak Langsung (Indirect Filling)

Apabila anda memilih untuk melakukan tambal gigi yang secara tidak langsung, maka diperlukan dua kali kunjungan ke dokter gigi untuk dapat menyelesaikan tambalan gigi ini. Pada kunjungan pertama, dokter akan membersihkan gigi dari kotoran dan mencetak bagian gigi berongga. Pada kunjungan kedua, akan diperiksa kecocokan cetakan tambalan, sebelum dilakukan penambalan gigi.

Apa Saja Jenis Tambal Gigi ??

Tambal gigi berlubang bogor – Sebelum  memulai proses tambal gigi, dokter akan menanyakan jenis tambal gigi apa yang akan anda gunakan. Berikut ini dapat menjadi referensi anda:

  • Amalgam (Perak)

Amalgam terbuat dari campuran bahan logam, merkuri, dan timah. Keuntungan  kuat jika anda menggunakan jenis tambal gigi ini adalah bahan amalgam cenderung kuat menahan tekanan, dan harga jenis ini cenderung lebih kuat. Kekurangan jenis ini adalah amalgam dapat berubah warna menjadi hitam ketika terjadi korosi, dan untuk beberapa orang menimbulkan alergi. Amalgam memiliki daya tahan 10 hingga 15 tahun.

  • Komposit

Keuntungan yang anda dapatkan jika menggunak jenis tambal gigi komposit adalah tidak menimbulkan korosi dan kuat menahan tekanan. Kekurangan jenis ini adalah harga yang lebih mahal disbanding jenis amalgam, dan waktu pemasangan yang lama. Daya tahan jenis komposit ini hingga 5 tahun.

  • Ionomer Kaca

Jenis tambal gigi ionomer kaca memiliki hasil akhir yang warnanya serupa dengan warna gigi asli anda. Proses pemasangan yang cepat. Kekurangan jenis ini adalah tidak cukup kuat menahan tekanan karena terbuat dari serbuk kaca. Biaya yang mahal dan lebih rawan patah. Daya tahan jenis ionomer kaca ini kurang dari 5 tahun.

  • Ionomer Resin

Ionomer resin lebih transparan dari pada bahan sebelumnya. Untuk tambalan gigi susu disarankan untuk menggunakan jenis ini. Namun jika akan digunakan untuk jangka waktu panjang, maka tidak disarankan menggunakan jenis ini.

  • Porselen

Jenis porseleh ini memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga dapat bertahan lebih lama disbanding jenis lain. Namun, jenis porselen ini mudah rapuh dan retak. Biaya tambal gigi menggunakan jenis ini juga cukup mahal, dan tidak dapat dilakukan dalam satu waktu. Daya tahan jenis porselen ini hingga 15 tahun.

  • Aloi Emas

Bahan jenis ini mengandung emas, sehingga memiliki ketahanan yang tidak usah diragukan lagi. Bahan ini juga tahan dengan noda dan korosi. Namun, harga yang harus dibayarkan cukup mahal, dan hasilnya tidak sesuai dengan warna gigi anda.

Berapa Biaya Tambal Gigi Berlubang ??

Tambal gigi berlubang bogor – Biaya tambal gigi berlubang di setiap lokasi tentunya bervariasi, tergantung pada bahan yang digunakan dan berapa jumlah gigi yang akan ditambal. Berada dikisaran harga Rp.150.000 hingga Rp.1.000.000 untuk satu gigi. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunung klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi ( Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor )

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682!

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *