My Blog

PROSEDUR TAMBAL GIGI DEPAN PERMANEN BOGOR 2022

TAMBAL GIGI DEPAN PERMANEN BOGOR

Tambal gigi depan permanen bogor
Tambal gigi depan permanen bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Prosedur tambal gigi tidak hanya dilakukan untuk gigi belakang atau gigi geraham saja, namun juga dapat dilakukan untung gigi bagian depan. Pada umumnya gigi depan yang perlu ditambal adalah karena beberapa kasus, di antaranya karena gigi retak, gigi patah, atau akibat dari kecelakaan atau kebiasaan sehari-hari seperti menggertakan gigi dan menggigit kuku. Gigi depan dapat berlubang karena pertumbuhan gigi yang tidak rata akibat gigi yang kurang sempurna.

Tambal Gigi Depan Permanen

 Tambal gigi depan permanen bogor – Tambal gigi permanen adalah prosedur penambalan gigi untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini berbeda dengan tambal gigi sementara yang hanya memiliki ketahanan beberapa minggu atau bulan saja. Tambal gigi permanen dapat bertahan hingga belasan tahun untuk bahan yang digunakan. Tambal gigi permanen digunakan ketika gigi yang mengalami kerusakan dikategorikan parah, contoh ukuran lubang digigi yang cukup besar dan menimbulkan rasa nyeri. 

Prosedur tambal gigi permanen dilakukan menggunakan bahan yang lebih keras, agar selama dalam penggunaan tambalan gigi ini bias bertahan lama dan melakukan dengan tepat. Warna tambalan gigi permanen ini dapat disesuaikan dengan warna alami gigi anda. Jadi, orang lain tidak mengetahui jika gigi tersebut merupakan gigi tambalan, terutama untuk gigi depan yang mudah dilihat orang lain.

Tambal gigi depan permanen bogor
Tambal gigi depan permanen bogor

Prosedur Tambal Gigi Depan Permanen

Tambal gigi depan permanen bogor – Kerusakan yang terjadi di gigi depan dapat terjadi karena beberapa kondisi. Dapat terjadi karena gigi yang berlubang, juga dapat terjadi karena gigi yang patah. Walaupun untuk kedua masalah gigi tersebut dapat dilakukan tambal gigi, namun proses yang dilakukan agak berbeda.

Tahapan dan proses untuk tambal gigi depan berlubang

Tambal gigi depan permanen bogor – Sebelum memulai prosedur tambal gigi, dokter akan menjelaskan terlebih dahulu tentang bahan tambal gigi yang dapat digunakan. Bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pasien, dan untuk ditempatkan bersama pasien untuk menentukan mana bahan yang akan digunakan. Ada berbagai macam bahan tambal gigi yang dapat digunakan untuk tambal gigi. Di Indonesia ini ada 2 bahan yang paling umum digunakan adalah semen ionomer kaca (GIC) dan resin komposit.

Tahapan tambal gigi pada umumnya dilakukan pertama kali dengan tambal gigi sementara baru kemudian menggunakan tambal gigi permanen. Tahapan melakukan tambal gigi berlubang:

  • Membersihkan area gigi berlubang dan sekitarnya

Pada saat menangani pasien, dokter tidak langsung menambal gigi pasien. Didalam rongga mulut masih terdapat kotoran berwarna coklat kehitaman yang perlu dibersihkan terlebih dahulu. Adanya bakteri didalam mulut tersebut menyebabkan adanya perubahan warna. Pembersihan ini agar bakteri didalam mulut dapat hilang semua. Sehingga pada saat gigi ditambal, tidak akan terjadi karies atau lubang lanjutan karena bakteri yang tersisa. Dokter akan memberikan bius local pada saat pengeboran untuk mengurasa nyeri.

  • Mengoles bahan atau memasang alat perekat

Jika gigi sudah dipastikan benar-benar bersih, maka pemasangan alat perekat tambalan dapat dilakukan. Alat perekat ini berfungsi agar bahan tambalan bias merekat dengan sempurna pada permukaan gigi.

  • Menempatkan bahan tambal gigi

Setelah bahan perekat dipasang, maka bahan tambal gigi sudah dapat dilakukan kemudian. Dokter gigi anak menggunakan bahan tambal gigi yang sesuai dengan warna gigi asli anda. Dengan demikian hasil tambal gigi akan terlihat lebih alami dan tidak terlalu berbeda dengan gigi asli anda.

  • Tes gigit

Tes gigit dengan tujuan agar pasien dapat merasakan ada atau tidaknya rasa mengganjal pada tambalan. Jika terasa ada yang mengganjal, dokter akan menyesuaikan kembali tinggi tambalan.

  • Menyelesaikan

Finishing dilakukan agar permukaan tambalan semakin halus dan tidak memiliki celah yang memungkinkan bakteri untuk masuk.

Tambal gigi depan permanen bogor
Tambal gigi depan permanen bogor

Tahapan dan proses tambal gigi depan patah

Tambal gigi depan permanen bogor – Jika gigi yang patah hanya sedikit, maka tambal gigi masih memungkinkan untuk dilakukan. Pertama, akan dilakukan pembiusan lokal disekitar gigi. Kemudian akan dibor untuk dibersihkan dari kuman dan sisa makanan. Tambal gigi diisi pada bagian gigi yang patah lalu dikeraskan menggunakan sinar biru. Kemudian gigi dipoles dan disesuikan bentuk agar tidak terasa mengganjal saat gigi dirapatkan. Gigi dapat ditambal dengan berbagai jenis bahan tambal gigi, seperti amalgam, emas, porselen, ataupun resin komposit.

Jika keadaan patahan ternyata lebih dalam atau bahkan retak, maka perlu dilakukan prosedur merekatkan gigi kembali menggunakan resin komposit. Yang campurannya mirip dengan gigi asli, diaplikasikan di bagiang yang selanjutnya dikeraskan menggunakan sinar ultraviolet.

Alternatif Perawatan Gigi

Tambal gigi depan permanen bogor – Jika gigi bagian depan Anda memerlukan perawatan, maka ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih, di antaranya:

  • Tambal gigi

Jika kerusakan atau gigi yang berlubang tidak parah dan hanya dibagian luarnya saja, maka tambal gigi ini dapat dilakukan.

  • Membuat mahkota gigi

Jika kerusakan gigi depan lebih banyak, maka dokter gigi menutup gigi dengan membuat mahkota gigi. Pemasangan mahkota gigi ini permanen. Pemasangan mahkota gigi ini memerlukan waktu yang lama dan dokter akan melakukan perawatan saluran terlebih dahulu.

  • Melakukan veneer gigi

Penambalan gigi depan juga dapat dilakukan dengan veneer gigi. Dengan cara menggunakan lapisan veneer yang telah disiapkan dokter gigi. Lapisan veneer gigi biasanya terbuat dari bahan komposit atau porselen yang memiliki warna mirip dengan gigi asli.

  • Cabut gigi

Jika terjadi hal yang keras kemudian memicu kegagalan pada saluran akar, dan untuk menghindari adanya infeksi, maka cabut dari dokter gigi menjadi solusi dari masalah tersebut.

Tambal gigi depan permanen bogor
Tambal gigi depan permanen bogor

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Tambal Gigi Depan

Tambal gigi depan permanen bogor – Setelah mengisi rongga gigi yang berlubang, dokter gigi akan memberikan saran yang harus diikuti pasien:

  • Makanan terlalu panas atau dingin

Jika efek obat bius belum benar-benar hilang, maka disarankan untuk tidak atau minum terlebih dahulu, karena pasien belum merasakan bagian-bagian dalam mulut dan suhu makanan atau minumannya. 

  • Jangan makan makanan yang keras

Setelah anda melakukan tambal gigi, sebaiknya mengindari untuk mengkonsumsi makanan yang keras, kenyal, dan lengket. Hal ini karena makanan dengan jenis tersebut dapat merusak tambalan gigi. Lebih baik konsumsi makanan yang lembut. 

  • Menggunakan gigi sisi lain saat mengunyah

Saat anda sudah dapat makan seperti biasa, ada baiknya anda menghindari mengunyah menggunakan gigi yang baru saja ditambal. Gunakanlah gigi sisilain hingga tambalan gigi yang baru sudah padat dengan sempurna dan tidak ada yang rusak.

  • Minum obat pereda nyeri

Setelah efek bius hilang, pasien akan merasakan sedikit rasa nyeri. Jika diperlukan, minumlah obat pereda nyeri yang biasa disarankan oleh dokter gigi anda.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi ( Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor )

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682!

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *