My Blog

Informasi Jenis Gigi Palsu Bogor Paling Bagus No 1

Jenis Gigi Palsu Bogor

Jenis gigi palsu bogor
Jenis gigi palsu bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Untuk orang yang giginya sudah tidak lengkap lagi karena lepas atau patah, disarankan untuk menggunakan gigi palsu sebagai pengganti gigi yang asli. Tidak hanya untuk menunjang penampilan saja, tatpi juga memiliki fungsi agar aktivitas sehar-hari dalam mulut dilakukan secara optimal. Terdapat beberapa jenis gigi palsu yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk orang-orang yang ingin menggunakannya. 

Nah, kita perlu mengetahui berbagai jenis gigi palsu yang tepat dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi mulut Anda. Bagaimana cara menentukannya ya? Jangan khawatir, pada artikel ini akan membahas terkait dengan jenis-jenis gigi palsu yang dapat Anda gunakan saat dibutuhkan. pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Jenis gigi palsu berdasarkan jumlah 

Jenis gigi palsu bogor – Untuk jenis gigi palsu yang berdasarkan jumlah, terdapat 2 jenis gigi palsu, antara lain :

  • Gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap merupakan prosedur pemasangan gigi palsu yang memiliki tujuan untuk menggantu seluruh gigi yang telah hilang, baik gigi bagian atas ataupun bagian bawah. Jenis gigi tiruan ini biasanya digunakan oleh para lansia yang tidak memiliki gigi sama sekali.

  • Gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian merupakan prosedur pemasangan gigi palsu yang memiliki tujuan untuk mengganti beberapa gigi saja yang telah hilang bukan keseluruhan. Jenis gigi palsu ini biasanya dibuat dari bahan plastik, nilon, atau plat logam sesuai dengan gigi palsu yang menempel.

Jenis gigi palsu berdasarkan sifatnya 

Jenis gigi palsu bogor – Untuk jenis gigi palsu yang berdasrkan dari sifatnya, terdapat 2 jenis gigi palsu, antara lain :

Gigi palsu lepasan

Jenis gigi palsu lepasan ini kadang disebut juga dengan gigi palsu lepas-pasang. Gigi palsu lepasan ini mudah digunakan karena dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pengguna sesuai kebutuhan. Orang yang menggunakan gigi palsu lepasan ini biasanya melepas gigi palsu bangun tidur dan sebelum tidur untuk dibersihkan dengan cara disikat lalu digunakan kembali. Jenis gigi palsu lepasan ini dapat berupa gigi palsu seluruhnya atau sebagian saja. Pada dasarnya, terdapat 3 jenis bahan dari gigi palsu lepasan ini, yaitu di atas, valplast, serta frame (kerangka logam). Adapun pembahasannya seperti sebagai berikut :

  • Akrilik

Gigi lepasan yang berasal dari pantai ini dapat dikatakan yang paling murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Jika memakai gigi palsu dengan bahan-bahan tersebut, terdapat kawat yang menempel pada gigi menjadi pegangannya.

  • Valplast (gigi tiruan fleksibel)

Gigi palsu lepasan valplast ini berbeda dengan yang berbahan dasar pantai, karena biasanya tidak menggunakan kawat sebagai alasan estetikanya. Jika ingin memiliki penampilan yang cantik dengan menggunakan gigi palsu, maka bahan valplast ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk digunakan.

  • Rangka (kerangka logam)

Gigi palsu lepasan dengan bahan frame ini dapat dibilang sebagai jenis bahan yang paling baik diantara jenis bahan lainnya. hal tersebut disebabkan pada gigi palsu yang terbuat dari logam serta dibikin menjadi sangat tipis supaya nyaman saat dipakai dan relatif lebih stabil untuk aktivitas mulut seperti mengunyah makanan dan berbicara.

Jenis gigi palsu bogor
Jenis gigi palsu bogor

Gigi palsu permanen

Gigi palsu permanen ini tidak dapat di lepas-pasang sebab prosedur pemasangannya dilakukan dengan merekatkan gigi menggunakan semen gigi. Untuk pengetahuan tambahan, jenis gigi palsu permanen yang paling sering dipakai guna menggantikan gigi geraham yaitu crown yang berbahan PFM. Sedangkan untuk pembuatan gigi palsu permanen bagian depan menggunakan all porcelain serta ceramic sebab mempertimbangkan nilai estetil serta kekuatan untuk penahan saat mengunyah makanan.

Pada dasarnya, terdapat 3 jenis gigi palsu permanen yang biasa diketahui, yaitu implant, crown, serta bridge. Adapun pembahasannya seperti sebagai berikut :

  • Implant gigi (dental implant)

Prosedur pemasangan implant gigi dapat dilaksanakan melalui cara penanaman gigi palsu permanen pada gusi. Terdapat 2 tahan proses yang perlu dilakukan, tahap pertama yaitu implant lalu tahap kedua taitu crown serta abutment. Prosedur jenis gigi palsu ini membutuhkan waktu minimal 6 minggu guna memasang pada tahap kedua. Gigi palsu dengan implant gigi ini memiliki kelebihan yaitu tampilannya yang menyerupai gigi asli kita.

  • Crown (mahkota tiruan)

Gigi palsu permanen yang memiliki bahan crown dapat digunakan sebagai alternatif untuk orang yang memiliki permasalahan gigi keropos. Hal tersebut disebabkan karena crown dapat dipasang guna menggantikan mahkota gigi yang mengalami kerusakan disebabkan keropos, berlubang, atau masalah lainnya. namun, perlu dipahami bahwa crown tersebut hanya dapat menjadi pengganti mahkota gigi, maka akar giginya tetap harus ada. 

  • Bridge 

Gigi palsu permanen yang memiliki bahan bridge dapat digunakan untuk orang yang telah kehilangan satu gigi atau beberapa gigi. Jenis gigi palsu dengan bahan ini uumnya dilakukan pemasangan serta disangga oleh gigi pada sebelahnya. Maka dari itu, gigi-gigi tersebut perlu dikecilkan serta dipasang crown.

Jenis gigi palsu bogor
Jenis gigi palsu bogor

Prosedur tindakan pemasangan gigi palsu 

Jenis gigi palsu bogor– Terdapat langkah-langkah tertentu yang dilakukan saat tindakan pemasangan gigi palsu dilakukan. Disini akan dibahas pemasangan gigi palsu berdasarkan dengan jenisnya, adapun proses pemasangannya seperti berikut :

  • Prosedur pemasangan gigi palsu lengkap

Prosedur pemasangan gigi palsu lengkap dapta dilakukan jika semua gigi pada bagian atas atau bagian bawah telah dilakukan pencabutan. Setelah gigi dilakukan pencabutan dapat langsung dilaksanakan proses pemasangan gigi palsu dengan segera atau juga dapat menunggu beberapa waktu (konvensional).

Untuk pemasangan gigi palsu konvensional, setelah seluruh bagian gigi yang rusak telah dilakukan pencabutan dokter gigi akan mencetak gigi baru. Lalu membutuhkan beberapa waktu bagi gusi serta tulang penyokong gigi menyesuaikan dengan kondisi barunya. Dengan begitu, anda memerlukan berkali-kali untuk mengunungi dokter gigi secara berskala sebelum pemasangan gigi palsu berhasil. 

Pada gusi di bagian gigi yang dilakukan pencabutan perlu dipastikan sudah benar-benar sembuh. Karena kemungkinan proses penyembuhan gusi pada bagian gigi yang telah dicabut memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan. Pada waktu tersebut, dokter gigi akan memberikan gigi palsu sementara agar aktivitas mulut tetap dapat berjalan sepeti mengunyah dan menggigit makanan.

Selain cara tersebut, terdapat juga gigi palsu yang bisa langsung digunakan setelah pencabutan gigi. Dengan begitu, tidak perlu menunggu waktu yang lama saat pemulihan gusi. Tetapi, karena proses tindakan yang terbilang cepat, maka penyesuaian saat menggunakan gigi palsu juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal tersebut dapat disebabkan karena tulang penyokong gigi serta gusi menyusut serta bentuknya berubah. Apalagi saat 6 bulan awal sejak pencabutan gigi dilakukan. Menyebabkan gigi palsu yang digunakan perlu proses penyesuaian atau perlu diganti, semua tergantung pada hasil konsultasi dengan dokter gigi.

  • Prosedur pemasangan gigi palsu sebagian

Jenis gigi palsu bogor – Gigi palsu sebagian dapat digunakan untuk menggantikan satu atau lebih dari gigi yang telah hilang. Selain fungsi gigi palsu sebagian ini digunakan untuk menggantikan ruang gigi yang kosong, juga dapat berfungsi sebagai pencegahan gigi asli lainnya mengalami perubahan posisi atau masalah lainnya.

Gigi palsu sebagian terdiri dari gigi pengganti yang menempel rekat pada plastik yang memiliki warna merah muda yang tampak seperti gusi. Lalu gigi pengganti dihubungkan dengan kerangka logam yang memiliki fungsi sebagai penahan gigi palsu supaya tetap pada tempatnya. Kerangka logam yang digunakan memiliki fungsi untuk mengaitkan agar gigi palsu dapat dilepas-pasang dengan mudah.

Sebelum melakukan tindakan pemasangan gigi palsu, dokter gigi akan mencetak gigi serta tulang penyokongnya menggunakan lilin khusus terlebih dahulu. Dokter gigi akan meminta anda untuk mencoba menggunakan contoh gigi palsu beberapa kali. Proses percobaan ini memiliki tujuan agar nantinya gigi palsu dapat digunakan secara nyaman dan sesuai. Apabila dirasa sudah pas, akan dibuatkan gigi palsu yang sebenarnya. 

Saat pertama kali menggunakan gigi palsu, mungkin akan terasa seperti aneh atau kurang nyaman di mulut. Permasalahan tersebut akan hilang sendirinya pada beberapa waktu, kemungkinan membutuhkan waktu beberapa minggu hingga terasa nyaman seperti biasa. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *