My Blog

Terbaru!! Biaya Pasang Gigi Tanam Bogor 2022

Biaya Pasang Gigi Tanam Bogor

Biaya pasang gigi tanam bogor
Biaya pasang gigi tanam bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com Banyak orang menjadi tidak percaya diri jika memiliki gigi yang ompong. Tetapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak jenis gigi palsu yang bisa dipilih untuk memperbaiki kondisi gigi yang ompong, salah satunya adalah implan gigi atau tanam gigi. Banyak orang yang memilih untuk melakukan implan gigi karena estetika, implan gigi sangat mirip dengan gigi asli.

Apa itu tanam gigi?

Biaya pasang gigi tanam bogor – Tanam gigi atau implan gigi adalah akar gigi tiruan yang dibuat dari logam yang berbentuk seperti baut yang nantinya dipasang di rahang, biasanya terbuat dari logam khusus misalnya titanium. Implan gigi merupakan jenis gigi palsu permanen. Implan gigi dilakukan dengan cara menanam gigi tiruan secara permanen.

Karena sifatnya yang permanen maka implan gigi tidak dapat dilepas, kecuali dengan prosedur khusus oleh dokter gigi. Untuk pemasangannya diperlukan biaya pemasangan yang tak bisa dibilang murah, karena prosedurnya yang cukup rumit dan harus dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidangnya, yaitu dokter gigi spesialis, bedah mulut,  prostodonsia , atau periodonsia.

Apa tujuan melakukan tanam gigi?

Biaya pasang gigi tanam bogor – Tujuan tanam gigi adalah untuk mengganti akar gigi yang sudah hilang atau rusak melalui prosedur pembedahan. Akar gigi yang sudah hilang akan diganti dengan akar gigi baru yang terbuat dari baut logam. Setelah akar baru terpasang, kemudian mahkota gigi akan dipasang lengkap dengan penyangganya sebagai penghubung antara akar gigi dengan mahkota gigi. Dengan implan gigi maka fungsi gigi akan sama seperti gigi asli. Kamu tidak perlu merepot-repot untuk lepas pasang gigi palsu tersebut karena sudah direncanakan secara permanen.

Biaya pasang gigi tanam bogor
Biaya pasang gigi tanam bogor

Adakah risiko memasang implan gigi?

Biaya pasang gigi tanam bogor – Sama seperti prosedur bedah lainnya, implan gigi juga memiliki risiko yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa risiko pemasangan implan gigi :

  • Terjadinya infeksi di sekitar pemasangan implan
  • Gangguan sinus jika implan gigi dipasang di rahang atas dan menembus rongga sinus
  • Rusaknya jaringan lunak di sekitar implan gigi

Kelebihan implan gigi dibanding pasang gigi palsu

Biaya pasang gigi tanam bogor – Jika dilihat dengan mata, implan gigi tampak lebih alami karena lebih menyatu dengan tulang apalagi pemasangannya permanen membuat implan menjadi lebih tahan lama. Tidak hanya itu, ada pula beberapa keuntungan implan gigi lainnya yang bisa kamu rasakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memudahkan ketika berbicara tanpa takut gigi palsu akan terlepas. Karena pada gigi palsu bisa terlepas sewaktu-waktu.
  • Gigi palsu mudah bergeser sehingga mengunyah makanan akan terasa lebih sulit. Sementara pada implan gigi dapat memudahkan kamu untuk makan tanpa rasa sakit karena seperti gigi alami.
  • implan pemasngan gigi atau tanam gigi tidak perlu mengurangi gigi lainnya karena mempertahankan gigi yang sudah ada, dan tidak perlu mengubah gigi yang ada di masa depan.
  • Pemasangan dan perawatan implan gigi lebih mudah dibandingkan dengan gigi palsu, karena tidak harus melepas-pakai dan menggunakan perekat seperti layaknya pada gigi palsu.
  • Implan gigi sangat tahan lama hingga bertahun-tahun bahkan seumur hidup jika perawatannya baik, berbeda dengan gigi palsu yang harus dicopot dalam beberapa waktu.
Biaya pasang gigi tanam bogor
Biaya pasang gigi tanam bogor

Persiapan Implan Gigi

Biaya pasang gigi tanam bogor – Persiapan prosedur implan gigi diawali dengan pemeriksaan gigi secara menyeluruh. Pemeriksaan dilakukan dengan foto rontgen pada gigi kemudian membuat model 3D dari gigi dan tulang rahang pasien. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pasien. Pasien yang menderita penyakit jantung atau sedang menggunakan pen disarankan mengonsumsi antibiotik oleh dokter untuk mencegah terjadinya infeksi. Dokter juga akan meminta pasien untuk berkumur dengan obat kumur yang mengandung antibakteri, seperti chlorhexidine, sebelum prosedur dilakukan.

Setelah pemeriksaan gigi dan kondisi kesehatan, dokter akan menyusun perencanaan pemasangan dan perawatan tanam gigi. Rencana ini mencakup berapa banyak gigi yang akan diganti serta peninjauan tulang rahang apakah membutuhkan cangkok atau tidak.

Operasi pemasangan implan gigi dapat dilakukan dengan bius lokal ataupun bius total. Jika menggunakan bius total, pasien perlu berpuasa sekitar 6–8 jam sebelum prosedur. Namun, hanya menggunakan bius lokal, pasien masih dapat mengonsumsi makanan sampai sekitar 2 jam sebelum prosedur dilakukan.

Prosedur Implan Gigi

  • Pencabutan gigi yang rusak

Jika masih ada gigi yang rusak, maka gigi tersebut perlu dicabut terlebih dahulu. Pencabutan gigi bisa dilakukan dengan cara sederhana ataupun dengan pembedahan.

  • Pencangkokan tulang rahang

Pencangkokan tulang hanya dilakukan apabila tulang rahang tidak cukup tebal atau terlalu lunak untuk dipasang implan. Dengan cangkok tulang, implan gigi akan ditanam di jaringan tulang yang lebih kokoh. Tulang yang dicangkok ini dapat berupa tulang buatan atau tulang alami yang diambil dari bagian tubuh lain. Proses penyatuan tulang hasil cangkokan dapat memakan waktu beberapa bulan. Namun, jika tulang yang dicangkok tidak banyak, tahap ini dapat dilakukan bersamaan dengan pemasangan implan.

  • Pemasangan implan gigi di tulang rahang

Jika tulang rahang sudah siap untuk ditanami implan, gusi pasien akan dibuka melalui proses pembedahan. Setelah jaringan pada gusi terbuka, dokter akan melubangi tulang rahang menggunakan bor khusus, lalu akan dipasang implan sebagai akar gigi.

Setelah proses pemasangan implan selesai, pasien perlu menunggu hingga tulang rahang tumbuh dan menyatu kuat dengan implan gigi untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, umumnya membutuhkan waktu sekitar 6–12 minggu.

Selama proses penyatuan tulang dan implan, gusi akan menutup kembali. Jika berkenan, pasien dapat menutupi bagian yang bolong ini dengan gigi palsu lepasan. Saat penyatuan selesai, gigi palsu dapat dilepas dan gusi akan dibuka kembali untuk memasang penyangga.

  • Pemasangan penyangga (abutment)

Penyangga atau abuntment merupakan penghubung antara implan gigi dengan mahkota gigi yang akan dipasang. Pemasangan penyangga dilakukan melalui operasi kecil dengan cara membuka gusi, kemudian penyangga akan dipasangkan ke permukaan implan. Setelah itu, gusi akan ditutup dengan meninggalkan penyangga yang sedikit terlihat di permukaan gusi. Tetapi sebelum mahkota gigi dipasang, gusi harus sembuh terlebih dahulu. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu.

  • Pemasangan mahkota gigi buatan

Setelah gusi sembuh, pasien bisa menjalani prosedur pemasangan mahkota gigi. Dokter akan membuat beton seluruh gigi pasien. Cetakan ini bekerja agar hasilnya akan selaras dengan gigi asli di sebelahnya. Mahkota gigi ini dapat dipasang secara permanen atau sementara. Pada mahkota gigi sementara, dapat dipasang dan dilepas untuk dibersihkan, sedangkan pada mahkota gigi permanen akan ditempelkan dengan penyangganya menggunakan semen khusus. Biasanya, pada satu implan akan dipasang satu mahkota gigi, tetapi jika diperlukan, satu implan dapat menopang beberapa mahkota gigi yang menempel satu sama lain.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *