My Blog

Perawatan Gigi Goyang Splinting Depok 100% Murah

Perawatan Gigi Goyang Splinting Depok

Perawatan gigi goyang splinting depok
Perawatan gigi goyang splinting depok

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.comBagi hampir orang gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi cukup penting. Kebanyakan orang di zaman sekarang meremehkan gigi atau tidak merawat giginya. Mengingat kejadian itu banyak perawatan gigi yang beredar salah satunya yaitu splinting.

Splinting adalah program dalam membenarkan gigi yang tidak menyatu atau mungkin potong atau rusak. Jadi splinting ini adalah salah satu perawatan gigi yang cukup dicari-cari oleh kalangan masyarakat terkhususnya yang mempunyai keluhan gigi yang tidak full atau kurang.

Metode Splinting gigi pada umumnya dokter lakukan dengan menghubungkan satu atau beberapa gigi untuk membentuk satu kesatuan.

Biaya Splinting Gigi Goyang – Penggunaan splinting sementara biasanya dokter lakukan sebelum memasuki tahapan bedah. Salah satu masalah utama yang sering terjadi yaitu gigi goyang. Biasanya masalah ini terjadi karena perawatan gigi yang kurang maksimal. Untuk mengatasinya ialah yang dapat dilakukan dengan melakukan splinting gigi. 

Indikasi Splinting Gigi

Perawatan gigi goyang splinting depok – Penggunaan Splinting gigi merupakan teknik perawatan gigi yang sifatnya sebagai perawatan pendukung saja. Cara ini akan menghubungkan gigi satu dengan gigi lainnya sehingga membentuk satu kesatuan. Sehingga dengan memakai splinting, gigi yang goyang bisa lebih kuat dengan gigi di sekitarnya, dan cara ini juga dapat dilakukan secara permanen.

Penyebab yang membuat gigi menjadi goyang dan harus melakukan splinting, yaitu:

    • Penurunan tinggi tulang alveolar

    • Pelebaran jaringan penguat/ligamentum periodontal

    • Trauma dan infeksi

Pengobatan dengan antibiotik diberikan untuk mencegah resiko gigi goyang semakin parah.

Perawatan gigi goyang splinting depok
Perawatan gigi goyang splinting depok

Tujuan Splinting Gigi

Perawatan gigi goyang splinting depok – Walaupun begitu, gigi goyang yang disebabkan oleh kondisi lain juga dapat dipertahankan melalui metode ini. Secara umum, tujuan splinting gigi antara lain:

  • Menyebar tekanan yang diterima gigi goyang ke gigi-gigi sehat yang menyangga supaya kondisinya tidak makin parah, terutama jika digunakan saat mengunyah.
  • Memberikan waktu untuk jaringan pendukung gigi goyang agar bisa sembuh dengan lebih baik karena tekanan yang diterima sudah berkurang.
  • Membuat proses mengunyah lebih nyaman dan fungsi dari rongga mulut lain tidak terganggu.
  • Baik untuk kondisi psikologis yang mungkin terganggu apabila gigi goyang bahkan copot.
  • Mempertahankan lengkung gigi yang lebih ideal.

Pemasangan splinting biasanya tidak permanen. Berdasarkan jenis gangguan dan tingkat keparahannya, splinting dapat dipasang selama dua minggu hingga empat bulan.

Splint bisa dilepas jika dokter menganggap bahwa gigi sudah cukup kuat untuk menahan tekanan akibat pengunyahan maupun fungsi rongga mulut lainnya.

Berapa Harga Splinting Gigi? 

Perawatan gigi goyang splinting depok – Banyak yang bertanya untuk biaya ataupun harga yang dapat kita bayarkan untuk splinting gigi, splinting gigi umumnya memuat biaya sekitar kurang lebih 300.000 per rahangnya.

Harga tersebut cukup terjangkau karena splinting gigi ini salah satu cara untuk merawat gigi kita terutama yang mempunyai gigi goyang,ataupun keluhan yang lainnya.

Splinting gigi posterior

Perawatan gigi goyang splinting depok – Untuk splinting gigi posterior ini lebih ke bagian belakang namun tergantung temporer dan tergantung ketebalan yang digunakan untuk splinting gigi. Jadi untuk splinting gigi bagian belakang tidak kalah banyak dicari apalagi gigi belakang yang sudah pasti banyak digunakan dan lebih rentan mengalami masalah gigi.

Perawatan gigi goyang splinting depok
Perawatan gigi goyang splinting depok

Jenis-jenis splinting gigi

Perawatan gigi goyang splinting depok – Perbedaan jenis splinting gigi biasanya dilihat dari bahan yang dipakai. Berikut jenis splint gigi yang paling umum dipakai:

  • Splint kawat dan komposit

Splint kawat dan komposit yaitu jenis splinting yang paling sering digunakan. Sesuai namanya, gigi yang goyang akan dihubungkan ke gigi yang lebih kuat menggunakan kawat.

Kawat tersebut lalu direkatkan dengan resin komposit, yang umumnya dipakai sebagai bahan tambal gigi.

Proses ini akan membuat gigi yang goyang tetap pada tempatnya dan memberikan kesempatan pada jaringan pendukung seperti tulang dan gusi untuk tetap sembuh. Dengan ini, gigi bisa kembali merekat kuat dan kokoh.

  • Splint fiber

Pada splint gigi jenis ini, bahan yang digunakan sebagai penyangga yang menghubungkan gigi goyang dengan gigi sehat adalah serat fiber yang tipis. Biasanya, fiber tersebut akan ditempelkan ke gigi dengan resin komposit.

Salah satu kelebihan dari splint jenis ini yaitu warnanya yang mirip dengan gigi, sehingga lebih baik dari segi penampilan.

  • Splint kawat ligatur

Splint kawat ligatur adalah jenis splint klasik yang biasanya dipakai pada kondisi darurat, misalnya saat tidak ada bahan lain yang dapat dipakai untuk menyangga gigi.

Pada splint kawat ligatur, dokter gigi akan memilin kawat tipis dan mengaitkannya di sela-sela gigi Anda. Dengan begitu, gigi bisa berkait anatar satu sama lain.

Tidak Dapat Splinting Gigi

Perawatan gigi goyang splinting depok – Perlu diketahui bahwa tidak semua gigi goyang bisa di-splinting. Tidak semua gigi goyang pasti bisa kembali kokoh setelah melakukan proses splinting. Biasanya, beberapa kondisi ini lebih parah dari yang lain. Selain itu, agar splinting bisa berhasil sepenuhnya, ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Contohnya, jumlah gigi penyokong yang cukup dan derajat kegoyangan gigi yang belum terlalu parah.

Beberapa kondisi gigi goyang yang tidak bisa dirawat dengan splinting gigi antara lain:

  • Kondisi gigi goyang sudah sangat amat parah
  • Jumlah gigi sehat yang tidak cukup untuk penopang splinting
  • Kebersihan gigi dan rongga mulut keseluruhannya yang sangat parah
  • Terjadi peradangan sangat parah di jaringan pendukung gigi, seperti gusi dan tulang gigi
  • Tekanan dari gigi yang berlawanan sudah dikurangi, sehingga risiko keparahan gigi goyang  sudah berkurang
Perawatan gigi goyang splinting depok
Perawatan gigi goyang splinting depok

Sebelum memutuskan untuk melaksanakan splinting, dokter akan melakukan pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh terlebih dahulu. Contohnya, melakukan rontgen panoramik untuk melihat kondisi tulang pendukung gigi.

Apabila gigi goyang ternyata tidak bisa diselamatkan dengan melakukan splinting, pilihan selanjutnya adalah cabut gigi. Setelah cabut gigi, Biasanya Anda disarankan untuk melanjutkan perawatan dengan memasang gigi palsu. Langkah ini dilakukan supaya Anda tidak terlihat ompong dan tetap bisa mengunyah makanan dengan baik.

Pemasangan gigi palsu juga sangat penting untuk menjaga supaya susunan gigi tetap rapi sekaligus membuat rahang terhindar nyeri akibat dari tekanan berlebih di satu sisi.

Mengenal Dental Splinting

Dental splinting adalah metode merekatkan gigi yang lemah. Metode ini mengubah gigi menjadi satu kesatuan gigi yang stabil dan lebih kuat daripada gigi tunggal. Dental splinting biasanya digunakan pada gigi bagian depan. 

Prosedur Dental Splinting

Prosesnya, pertama cek oral hygiene terlebih dahulu. Kalau ada karang gigi, dibersihkan terlebih dahulu. Kedua, preparasi gigi yang goyang dan gigi yang ingin dijadikan sebagai penyangga. Kemudian, gunakan bahan komposit untuk menempelkan fiber pada gigi yang goyang ke gigi sebelahnya yang kuat atau gigi yang stabil.

Bahan komposit gigi dapat digunakan untuk menempelkan atau memasang belat (splint) pada gigi yang goyang ke gigi yang stabil di sebelahnya. Belat gigi ialah perangkat gigi berbahan akrilik atau plastik dengan warna transparan untuk menopang gigi. 

Prosedur dental splinting biasanya bisa selesai dalam satu kali kunjungan dan tidak membutuhkan anestesi lokal. Namun, perlu diketahui bahwa prosedur ini bukan untuk mengobati penyakit gusi. Tujuannya hanya untuk menstabilkan gigi yang goyang akibat penyakit gusi, supaya bisa berfungsi normal. Penyakit gusi tetap memerlukan perawatan lainnya, seperti antibiotik, pemeriksaan rutin ke dokter, perawatan yang tepat di rumah, sampai pembedahan (jika sudah parah).

Jenis Dental Splinting

Metode dental splinting terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya splinting temporer (Extra-coronal Splint dan Intra-coronal Splint), splinting permanen atau tetap, dan splinting pelindung oklusal (gigi yang rapi). 

Berikut penjelasannya:

  • Extra-coronal Splint, teknik ini biasanya digunakan pada luar mahkota gigi (selubung gigi di atas gigi yang rusak). Pada metode ini, bahan splint dilekatkan pada sekelompok gigi dengan cara mengikatnya pada email gigi, sehingga membuatnya lebih kaku atau stabil.
  • Intra-coronal Splint, teknik ini dipakai di dalam mahkota gigi. Melibatkan pembuatan saluran kecil di dalam gigi untuk memasukkan belat logam kaku yang dibentuk secara khusus, lalu direkatkan pada gigi.  
  • Splinting Permanen atau Tetap, metode ini secara permanen bisa memperbaiki gigi yang lepas bersama-sama dengan memahkotai gigi yang terdampak. 
  • Splinting Pelindung Oklusal, bisa dilepas-pakai dan digunakan jika gigi goyang dimiliki oleh orang dengan kebiasaan menggertakkan gigi. 

Dental splinting adalah tindakan minim efek samping. Namun, sebaiknya prosedur tersebut tetap dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *