My Blog

Cara Splinting Gigi Goyang Depok Paling Praktis No 1

Cara Splinting Gigi Goyang Depok

Cara splinting gigi goyang depok
Cara splinting gigi goyang depok

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.comSebelum mengenal splinting gigi ada baiknya mengetahui gigi yang goyang. Gigi goyang yaitu salah satu masalah pada gigi yang muncul secara sering atau timbul. Hal itu biasanya dikarenakan adanya perawatan gigi yang masih kurang baik atau bisa juga dikarenakan adanya trauma yang mungkin sering terjadi di gigi. 

 Cara splinting gigi goyang depok – Ada salah satu jenis perawatan periodontal yang sudah biasa digunakan untuk menangani gigi goyang, yang merupakan sebuah teknik splinting untuk gigi yang goyang. Gigi yang goyang pastinya ada penyebabnya, biasanya jika mengalami gigi goyang akan mengganggu aktivitas sehari – hari Anda. Maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaana agar mendapatkan penanganan yang tepat untuk kedepannya. 

Splinting gigi merupakan sebuah teknik dari perawatan untuk gigi yang menjadi pendukung untuk dapat membantu menghubungkan gigi satu dengan gigi yang lainnya. Sehingga nantinya akan bisa membentuk satu kesatuan yang kuat. Maka nantinya splinting ini akan membantu untuk menguatkan gigi yang sudah goyang terhadap gigi – gigi yang berada di sekitarnya. Hal itu bisa dilakukan secara permanen dan berupa restorasi atau biasa disebut dengan rekontruksi untuk perawatan periodontal.

Penyebab Gigi Perlu Di-splinting

Cara splinting gigi goyang depok – Berikut ini ada beberapa hal tentang penyebab gigi goyang yang perlu diketahui:

  • Adanya penurunan yang terjadi pada tingginya tulang alveolar.
  • Terjadinya pelebaran pada jaringan penguat atau disebut ligamentum periodontal.
  • Adanya trauma.
  • Terjadi infeksi.

Maka akan dipastikan bahwa penyebab dari gigi goyang ini seperti terjadinya infeksi pada gigi dan gusi yang bisa memicu terjadinya goyangan pada gigi Anda. Dimana untuk pengobatannya bisa diberikan sebuah antibiotik yang diberikan untuk dapat membantu mencegah resiko gigi goyang yang akan terasa semakin berat. 

Cara splinting gigi goyang depok Splinting gigi yang permanen biasanya diindikasikan untuk gigi yang beresiko dapat mengalami kegoyangan yang akan terus meningkat secara berkala. Nanti akan berakibat pada penurunan di penyangga gigi. Teknik yang akan digunakan tergantung pada dokter gigi yang akan melakukan perawatan untuk Anda. Dokter gigi itu akan bisa memastikan penyebabnya, lalu melakukan evaluasi terhadap kondisi di gigi anda. Selain itu dokter gigi juga akan membantu untuk memastikan apakah perlu dilakukannya splinting atau mungkin tidak perlu.

Apabila nantinya dipastikan ternyata gigi goyang tersebut akan dilakukan splinting, maka akan bisa digunakan sebuah splinting yang bersifat sementara. Dimana sifat sementara itu bisa ditunjang dengan melakukan perawatan periodontal. Jika dalam kurun waktu dua bulan tidak terdapat sebuah perubahan atau sebuah kondisi yang semakin beresiko maka akan dapat digantikan sebuah splint yang sifatnya permanen.

Untuk splinting yang bersifat permanen akan dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan medis. Untuk melakukannya perawatan splinting gigi ini Anda perlu mengunjungi puskesmas, dokter gigi di klinik gigi, dan juga rumah sakit. 

Cara splinting gigi goyang depok
Cara splinting gigi goyang depok

Bagamana Prosedur Splinting Gigi?

Cara splinting gigi goyang depok – Untuk melakukan splinting ini sebetulnya tidak ada persiapan khusus yang perlu disiapkan oleh pasien sebelum melakukan perawatan splinting gigi ini. Namun jika ditinjau secara umum untuk rangkaian prosedur atau cara melakukan splinting gigi, hal itu meliputi beberapa hal seperti berikut:

  • Ada bagian operator yang akan membantu untuk mengatur sebuah posisi supaya meja kerja yang biasanya terletak di sebelah kanan pada bagian pasien.
  • Selanjutnya ada seorang dokter gigi yang akan membantu untuk membersihkan bagian bibir dalam dan juga yang akan dilakukan tindakan splinting gigi.
  • Kemudian adanya sebuah fiber yang nantinya akan digunakan untuk diukur sepanjang gigi yang akan dilakukan tindakan splinting, yang kemudian nantinya fiber ini akan diletakkan pada atas dari sebuah gas plate.
  • Adanya sebuah permukaan yang biasa disebut dengan enamel gigi dietsa, dietsa dengan asam fosforik yang dilakukan kurang lebih selama 30 detik dan kemudian akan dilakukan pembilasan dengan air bersih tentunya. Selanjutnya daerah tersebut dapat dikeringkan dengan baik, yang kemudian nantinya akan dilakukan isolasi menggunakan sebuat cotton roll.
  • Tahapan selanjutnya ada pengaplikasian bonding yang berada di bagian palatal gigi yang akan dilakukan secara disiplin dan juga akan dilakukan penyinaran dalam kurun waktu kurang lebih selama 10 detik.
  • Kemudian untuk fiber yang nantinya akan diletakkan pada glass plate, juga dilakukan pembasahan menggunakan bonding dan kemudian dokter gigi akan melakukan pengaplikasian selapis tipis sebuah flowable composite. Biasanya flowable composite dapat diletakkan di bagian palatal gigi yang sudah di splint. Sedangkan fiber yang sudah dibasahi dapat diletakkan di atasnya yang kemudian akan dilakukan penekanan atau tekan – menekan sampai dengan fiber yang benar- benar sudah melekat.
  • Tahapan prosedur yang terakhir ini akan ada tindakan dari dokter gigi yang akan melakukan sebuah penyinaran dalam kurun waktu kurang lebih 20 detik.
Cara splinting gigi goyang depok
Cara splinting gigi goyang depok

Cara Alami Mengatasi Gigi Goyang

Cara splinting gigi goyang depok – Atau bisa juga melakukan cara-cara alami untuk mengobati gigi goyang diantaranya:

  • Air garam 

Garam telah lama dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mulut ketika digunakan sebagai obat kumur alami.

Saat gigi mulai terasa goyang dan tidak nyaman, segera kumur dengan air garam. Air garam mampu membasmi bakteri dan meredakan infeksi pada gusi yang membuat gigi goyang. Anda bisa mencampurkan 1/2 sendok makan air garam dalam segelas air hangat. Kemudian, kumur selama kira-kira satu menit lalu buang airnya.

Setelah itu, bersihkan dan sikat gigi seperti biasa. Lakukan cara tersebut 2–3 kali dalam sehari. Selain untuk mengatasi gigi goyang, berkumur air garam juga dapat menjadi cara alami untuk mencegah penyakit periodontitis.

  • Kunyit

Penelitian menemukan bahwa senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang, antiseptik, dan antibiotik yang bisa meringankan sakit gigi atau radang gusi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine ini bahkan mengungkapkan kunyit dapat menjadi obat kumur untuk gingivitis.

Banyak cara mengatasi gigi goyang dengan kunyit, misalnya menjadikan kunyit sebagai pasta gigi, caranya cukup campurkan satu ruas kunyit ukuran sedang yang sudah ditumbuk halus dengan minyak kelapa dan baking soda.

Dengan jari Anda yang sudah dicuci, oleskan pasta kunyit pada gusi yang sakit sambil memijat ringan selama 1–2 menit. Lalu, kumur dan buang sisa-sisa pasta kunyit dari mulut sampai bersih.

  • Cengkeh

Kandungan senyawa eugenol dalam cengkeh bisa membantu meredakan gusi bengkak dan membunuh bakteri penyebab infeksi di mulut.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dentistry mengungkapkan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh juga bisa menghilangkan rasa sakit secara alami.

Untuk mengatasi gejala penyerta gigi goyang, Anda dapat menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit. Apabila di rumah tersedia hanya minyak cengkeh, Anda dapat menempelkan bola kapas yang sudah dicelup ke minyak tersebut.

Apa pun cara yang dipilih, berhati-hatilah menggunakan cengkeh untuk mengobati sakit gigi, terutama minyak cengkeh. Minyak cengkeh yang menetes ke lidah atau gusi sensitif bisa menyebabkan sensasi terbakar. Apabila tertelan, minyak ini juga berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan dan muntah.

  • Es Batu

Cara paling cepat dan manjur untuk mengurangi sensasi nyut-nyutan akibat gigi goyang ialah dengan kompres dingin. Suhu dingin akan membuat saraf gigi kebas sehingga rasa sakit pun dapat perlahan mereda.

Caranya, bungkus beberapa bongkah es batu dengan kain atau waslap bersih. Kemudian, tempelkan kain pada bagian gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Lakukan cara tersebut beberapa kali atau sampai rasa nyeri benar-benar hilang.

Bila tidak tersedia es batu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi goyang yaitu dengan berkumur air dingin. Namun, jangan terlalu kencang ketika berkumur, karena hal tersebut bisa membuat gigi semakin goyang.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *