My Blog

Daftar Harga Behel di Dokter Gigi Bogor 2022

Harga Behel di Dokter Gigi Bogor

Harga behel di dokter gigi bogor
Harga behel di dokter gigi bogor

 

Harga Behel di Dokter Gigi

globalestetik-ads.com – Dilakukannya tindakan pemakaian behel atau kawat gigi merupakan prosedur guna memperbaiki susunan gigi yang memiliki posisi rahang tidak normal serta susunan gigi yang tidak rapih. Prosedur pemakaian behel dilakukan dan digunakan sekiranya dalam waktu 1-3 tahun guna memperoleh hasil yang memuaskan.

Harga behel di dokter gigi bogor – Ketika menggigit secara normal posisi rahang pada bagian gigi atas terletak sedikit di depan bagian gigi bawah, lalu gigi geraham atas sejajar dengan gigi geraham bawah. Sedangkan untuk posisi rahang yang tak normal bisa mengusik proses mengunyah makanan, kerusakan gigi, serta dapat memengaruhi bentuk wajah.

Biasanya kelainan susunan gigi atau posisi rahang dapat timbul pada anak-anak berusia 7 tahun, saat gigi permanen telah mulai tumbuh. Apabila terdapat pasien yang mengalami hal tersebut, dapat mengonsultasikannya secara langsung ke dokter gigi. Kondisi tersebut dapat digolongkan tidak begitu parah dan dapat ditangani oleh dokter gigi, biasanya akan diberikan tindakan pemasangan kawat gigi.

Jenis kawat gigi 

Harga behel di dokter gigi bogor – Adapun sejumlah jenis kawat gigi atau biasa disebut dengan behel, masing-masing memiliki fungsi yang sesuai dengan kondisi gigi yang dialami pasien, antara lain :

  • Conventional braces

Conventional braces merupakan kawat gigi yang di pasang pada bagian gigi depan. Bahan kawat gigi ini yaitu logam, keramik, atau plastik.

  • Lingual braces

Lingual braces merupakan kawat gigi permanen yang dipasang pada bagian gigi belakang yang tak tampak pada bagian gigi depan.

  • Clear aligner

Clear aligner atau invisialign merupakan kawat gigi yang terbuat dari plastik bening guna menutupi gigi. Jenis kawat gigi ini bisa dilepas pasang serta perlu perawatan yang rutin.

  • Self-ligating braces 

Self-ligating braces merupakan kawat gigi yang terbuat dari logam kecil pada bracket, yang merupakan bagian kawat gigi yang berguna untuk penopang.

Harga behel di dokter gigi bogor
Harga behel di dokter gigi bogor

Hal-hal yang dapat menyebabkan gigi perlu dipasangkan kawat gigi

Harga behel di dokter gigi bogor – Terdapat sejumlah hal yang membuat dokter gigi memberikan saran supaya pasien memasang kawat gigi atau behel, antara lain :

  • Tumbuhnya gigi yang tak normal, seperti gigi tumbuh bertumpukan atau terlalu renggang
  • Rahang atau gigi pada bagian atas lebih maju dibandingkan rahang atau gigi bagian bawah
  • Rahang atau gigi pada bagian bawah lebih maju dibandingkan rahang atau gigi bagian atas
  • Posisi rahang yang memiliki kelainan hingga mengakibatkan gigi bagian depan atas serta bagian depan bawah tidak sejajar.

Catatan melakukan tindakan pemasangan kawat gigi 

Harga behel di dokter gigi bogor – Pemasangan kawat gigi dengan memperoleh hasil yang sesuai harapan sebaiknya dilakukan pada saat anak berusia 12 – 13 tahun. Sebab pada anak usia tersebut mulut dan rahang masih dalam fase pertumbuhan.  

Sedangkan pada orang dewasa, penggunaan kawat gigi dapat akan lebih lama dibandingkan pada anak-anak. Selain itu, kadangkala pemerolehan hasil yang dilakukan pada orang dewasa kurang optimal dan tak sesuai dengan harapan.

Tindakan pemasangan kawat gigi atau behel tidak digunakan guna mengatasi kelainan rahang yang terbilang parah. Untuk kondisi tersebut, pasien perlu menjalani tindakan bedah reposisi rahang.

Harga behel di dokter gigi bogor
Harga behel di dokter gigi bogor

Prosedur sebelum tindakan pemasangan kawat gigi

Harga behel di dokter gigi bogor – Sebelum melakukan tindakan pemasangan kawat gigi, akan dilakukan pemeriksaan kondisi gigi oleh dokter gigi. Kemudian, pasien akan di foto rontgen gigi untuk mengetahui struktur pada gigi pasien. Dokter gigi juga akan memerintahkan pasien menggigit cetakan gigi yang memiliki tekstur lembut sekitar beberapa waktu. Dari hasil pola cetakan tersebut, dokter gigi dapat menganalisis struktur gigi serta rahang pasien.

Apabila hasil dari pola cetak gigi tersebut, pasien memiliki gigi yang bertumpuk atau rahang terlalu padat dari susunan gigi tersebut, dokter gigi kemungkinan akan memberikan tindakan prosedur pencabutan gigi pada satu atau bahkan beberapa gigi, guna memberikan ruang untuk gigi lainnya.

Prosedur dilakukannya tindakan pemasangan kawat gigi 

Harga behel di dokter gigi bogor – Pada prosedur tindakan pemasangan kawat gigi, dokter gigi akan memutuskan pasien tersebut menggunakan jenis kawat gigi apa yang didasarkan dari pemeriksaan gigi sebelumnya. Umumnya, dokter gigi akan menyarankan pasien menggunakan jenis kawat gigi permanen (fixed braces).

Adapun tahap-tahap dilakukannya tindakan pemasangan kawat gigi permanen, antara lain :

  • Pada bagian permukaan luar atau bagian dalam gigi dilakukan pemasangan bracket.
  • Pada bagian sekitar gigi geraham dilakukan pemasangan cincin. Sebelum cincin tersebut dipasang, akan dibuat ruang dengan menempelkan karet kecil di antara gigi geraham.kemudian, gigi geraham akan dipasang cincin yang berisi tabung khusus guna mengunci ujung kawat gigi.
  • Pemasangan kawat-kawat elastis yang mengaitkan masing-masing bracket dan cincin pengunci guna mengatur pergerakan pada gigi.
  • Pemasangan aksesoris, semacam tali elastis atau headgear guna menjaga gigi supaya berada pada posisi yang tetap dan tepat yang membantu pergerakan pada gigi.

Prosedur setelah tindakan pemasangan kawat gigi

Harga behel di dokter gigi bogor – Setelah dilakukan tindakan pemasangan kawat gigi, dokter gigi akan melangsungkan penyesuaian kawat gigi secara berkala dengan mengeratkan atau membengkokkan kawat gigi. Hal tersebut dapat berdampak terjadinya tekanan pada susunan gigi serta secara perlahan gigi mulai bergeser ke posisi yang seharusnya.

Kemudian apabila dibutuhkan, dokter gigi akan membeikan tekanan pada rahang bagian atas serta bawah memakai karet elastis guna memperbaiki posisi rahang. Setelah tahap penyesuaian kemungkinan akan timbul rasa nyeri pada gigi dan rahang. Tetapi hal tersebut akan segera mereda seiring berjalannya waktu. Jika nyeri yang dirasakan semakin parah dan tak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter gigi.

Setelah kawat gigi di lepas, barulah pasien akan menjalankan fase terakhir yaitu pemakain retainer. Fungsi dari retainer yaitu guna mencegah susunan gigi kembali pada posisi sebelumnya yang tidak rapih atau berkelainan. Alat tersebut bisa dipakai dan dilepas pasang atau dipakai secara permanen. 

Resiko penggunaan kawat gigi

Harga behel di dokter gigi bogor – Prosedur pemasangan kawat gigi merupakan tindakan yang aman dilakukan, namun tetap saja memiliki resiko tersendiri. Salah satu resiko yang terjadi yaitu berlubangnya gigi atau permasalahan pada gusi sebab ampas makanan yang tersisa pada sela-sela kawat gigi. Selain itu juga beresiko gigi mudah goyang sebab akar gigi lebih pendek akibat dari tekanan yang diperoleh dari penggunaan kawat gigi. 

Adapun sejumlah hal yang dapat dilakukan guna mengurangi resiko tersebut, antara lain :

  • Menggosok gigi dengan rajin, terutama setelah makan
  • Celah antara gigi dan kawat gigi dibersihkan menggunakan benang gigi (dental floss) dengan rajin
  • Membatasu pengonsumsian makanan yang lengket dan dapat tertempel pada kawat gigi, semacam permen karet, karamel, atau kembang gula
  • Membatasi pengonsumsian makanan yang memiliki tekstur keras, semacam kacang sebab bisa merusak kawat gigi
  • Secara rutin mengunjungi dokter gigi guna melakukan pemeriksaan serta pembersihan kawat gigi

Adapun estimasi harga pemasangan behel pada dokter gigi di Bogor, antara lain :

Eka Hospital Cibubur Harga mulai dari Rp 16.700.000
Siloam Hospital Bogor Harga mulai dari Rp 7.500.000 
RS EMC Sentul Harga mulai dari Rp 5.500.000
RS Mulia Padjajaran Harga mulai dari Rp 5.800.000
Klinik Telko Medika Bogor Harga mulai dari Rp 7.200.000
RS Medika Dramaga Bogor Harga mulai dari Rp 4.400.000
RS UMMI Bogor Harga mulai dari Rp 4.000.000
Rumah Sakit FMC Bogor Harga mulai dari Rp 14.400.000
RS Mitra Keluarga Bina Husada Harga mulai dari Rp 6.500.000
Audy Dental Bogor Harga mulai dari Rp 4.500.000

 

Konsiltasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *