My Blog

Membutuhkan Ahli Gigi Bogor ? Hubungi 085771452584 

Ahli Gigi Bogor

Ahli gigi bogor
Ahli gigi bogor

 

Ahli Gigi

globalestetik-ads.com – Kalian pasti tahu kan kalau gigi dan mulut itu harus dijaga kesehatannya. Karena menjaga kesehatan gigi dan mulut itu hal yang sangat penting. Jika kesehatan gigi dan mulut diabaikan, akan menyebabkan berbagai penyakit muncul dan mengganggu berbagai aktivitas kita. Duhhh ngga banget kan ya?

Ahli gigi bogor – Kita dapat melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut dengan mandiri di rumah, dan perlu melakukan pemeriksaan rutik ke dokter gigi selama 6 bulan sekali. Hal tersebut supaya dokter gigi dapat mendeteksi jika terdapat penyakit baru yang muncul pada gigi dan mulut anda. Apalagi jika kita mempunyai keluhan atau permasalahan yang perlu ditangani pada gigi dan mulut, pastinya akan pergi memeriksakannya ke dokter gigi kan? Atau terdapat dari kalian yang melakukan perawatan gigi pada ahli gigi?

Ahli gigi atau bisa disebut dengan tukang gigi merupakan seseorang yang melaksanakan pekerjaannya dalam bidang kesehatan gigi, tetapi mereka tidak memiliki ijazah resmi dari Departemen Kesehatan atau dari lembaga pendidikan yang resmi. Selain itu, mereka juga tidak memiliki ilmu, keahlian, serta kemampuan khusus yang seharusnya dilakukan dalam jenjang pendidikan Kedokteran gigi dalam waktu tertentu. 

Nah, kalian perlu mengetahui perbedaan antara klinik gigi dan ahli gigi nih. Perhatikan pembahasan yang berikut ini :

Perbedaan antara klinik gigi dan ahli gigi 

Ahli gigi bogor – Terdapat sejumlah perbedaan dari klinik gigi dan ahli gigi, antara lain :

  • Pada klinik gigi atau praktek dokter gigi yaitu tempat yang menyediakan layanan kesehatan serta mempunyai dokter gigi yang profesional, berpengalaman, serta bersertifikat.

Karena dokter gigi di klinik gigi menempuh pendidikan Kedokteran Gigi dan telah memiliki ilmu serta keahlian di bidang tersebut. Sedangkan ahli gigi yaitu tempat untuk melakukan perawatan gigi biasanya untuk pemasangan behel atau pemasangan gigi palsu, tetapi dilakukan oleh orang yang tidak tahu apakah mereka benar-benar mengerti prosedur yang seharusnya dilakukan untuk penanganan hal tersebut.

Coba bayangkan jika anda melakukan perawatan gigi ke ahli gigi yang belum tentu mengerti betul melakukannya, apakah tidak membahayakan kesehatan gigi dan mulut kita? Jadi, lebih baik kita melakukan perawatan serta penanganan masalah kesehatan gigi ke klinik dokter gigi atau bahkan rumah sakit ya, yang sudah jelas memiliki dokter gigi yang profesional.

  • Dokter gigi memberikan perawatan serta penanganan kesehatan gigi dan mulut sesuai prosedur.

Karena mereka telah menempuh pendidikan Kedokteran Gigi dengan waktu setidaknya 4 tahun dan terdapat pelatihan lainnya guna mengasah ilmu serta keahliannya dengan baik. Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa dokter gigi dapat memberikan perawatan serta penanganan kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Ahli gigi kebanyakan dari mereka justru melakukan tindakan kepada pasien seperti dokter gigi, padahal seharusnya mereka hanya dibolehkan untuk membuat gigi palsu saja. Selain itu, ahli gigi juga banyak yang tidak mempunyai izin untuk melakukan praktek bahkan terdapat yang dilarang oleh pemerintah.

Ahli gigi bogor
Ahli gigi bogor
  • Pada klinik dokter gigi tidak hanya terdapat dokter gigi yang profesional dan berpengalaman, tetapi juga terdapat alat-alat yang canggih dan bagus, tempat dan alat-alatnya pun pasti bersih dan streril. Sedangkan pada tempat praktek ahli gigi, kita tidak mengetahui kebersihan tempat dan alat-alatnya. Jadi, cukup membahayakan bukan jika tempat tersebut tidak terjamin kebersihannya.
  • Melakukan pemeriksaan serta perawatan kesehatan gigi di klinik gigi memang terbilang relatif mahal dibandingkan di ahli gigi. Tetapi, untuk kualitas pelayanan, ilmu kesehatan, dan keahlian yang dimiliki dokter gigi tidak terbantahkan, serta akan memperoleh hasil yang akurat. Dibandingkan melakukan perawatan pada ahli gigi yang harganya lebih murah, tapi tidak terjamin keamanannya. Sekarang sudah banyak klinik gigi yang memiliki harga terjangkau, konsep yang unik, serta canggih. Jadi, cukup sepadan antara harga dan fasilitas serta pelayanan yang diberikan.

Ahli gigi bogor – Ahli gigi merupakan pekerjaan yang banyak diketahui dikalangan masyarakat. Wajar jika ahli gigi dapat membuat pamflet prakter tempat mereka dengan menarik, bahkan ada yang memasang iklan tempat praktek mereka di sosial media. 

Kebanyakan dari ahli gigi memberikan penawaran jasa yang tidak tanggung-tanggung untuk para pasiennya, bahkan ada juga ahli gigi yang melakukan home service. Selain itu juga terdapat ahli gigi yang membuka salon kecantikan dengan berbagai macam perawatan. Biaya yang diberikan oleh ahli gigi juga relatif lebih murah daripada biaya ke dokter gigi.

Karena hal tersebutlah sebagian orang awam lebih memilih untuk melakukan perawatan kesehatan gigi di ahli gigi daripada ke dokter gigi. Padahal ahli gigi tidak memiliki wewenang untuk melakukan berbagai penanganan kesehatan gigi, mereka bahkan tidak memiliki pengerahuan mengenai anatomi gigi, penyebab timbulnya penyakit, bahan dan prosedur apa saja yang perlu dilakukan pada rongga mulut. 

Apa saja yang boleh dilakukan oleh ahli gigi?

Ahli gigi bogor – Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) no. 30 th 2014 yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes mengenai pembinaan, pengawasan, serta perizinan pekerjaan ahli gigi. Peraturan tersebut diadakan guna menangkal adanya korban dari oknum ahli gigi yang hingga saat ini masih memakan banyak korban.

Ahli gigi bogor
Ahli gigi bogor

Terdapat sejumlah permasalahan yang ditimbulkan oleh ahli gigi, salah satunya yaitu timbulnya infeksi disebabkan oleh pemasangan gigi secara permanen. Adapun infeksi tersebut yaitu abses leher bagian dalam yang disebabkan karena pemasangan gigi palsu yang salah oleh ahli gigi yang kurang kompeten.

Sesuai dengan peraturan pemerintah pada pasalh 6 Kemenkes no 34 th 2014 dinyatakan bahwa pekerjaan dari ahli gigi hanya meliputu pembuatan serta pemasangan gigi palsu lepasan sebagian atau penuh dan dibuat dari bahan heat curing acrylic serta harus memenuhi ketentuan persyaratan kesehatan tanpa menutupi sisa akar gigi.

Dari peraturan tersebut ahli gigi tidak dapat memberikan penanganan di luar dari pekerjaan yang telah ditetapkan. Karena masih terdapat ahli gigi yang memberikan penanganan serta perawatan kesehatan gigi di luar kebijakan semacam mencabut gigi, serta memasang kawat gigi.

Jika ahli gigi memberikan penanganan di luar pekerjaan yang ditentukan, maka pemerintah daerah dapat melakukan tindakan dengan memberikan sanksi berupa teguran tulisan, pencabutan izin sementara, bahkan dapat dicabut izin tetapnya.

Selain itu, jika terdapat permasalahan yang di alami pasien akibat dari pemberian perawatan oleh ahli gigi, mereka harus memberikan kompensasi serta ganti rugi kepada pasien sebagai pertanggung jawaban.

Terdapat sejumlah resiko jika melakukan perawatan gigi di tempat yang sembarangan, antara lain : 

  • Beresiko mengalami infeksi pada gigi dan mulut
  • Pemasangan gigi dengan bentuk gigi palsu yang tidak pas
  • Beresiko mengalami sakit gigi atau nyeri gigi
  • Beresiko gigi menjadi lebih sensitif

Sebaiknya kita semua harus menjaga kesehatan gigi dan mulu serta berhati-hati saat memilih dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan, perawatan, serta penanganan kesehatan gigi dan mulut.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *