My Blog

Jenis & Indikasi Behel Bogor Informasi Lengkap 2022

Behel Bogor

behel bogor
behel bogor

 

Behel Gigi

globalestetik-ads.com Memasang behel gigi merupakan salah satu prosedur medis dengan melakukan pemasangan menggunakan kawat yang bertujuan untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Behel merupakan istilah populer untuk menggambarkan komponen pada kawat gigi. Kawat bekerja tersusun dari dua komponen utama, dua komponen utama tersebut yang bersama untuk membantu memperbaiki gigi dengan memberikan tekanan serta tegangan yang tetap konstan yang dapat membuat gigi dapat bergerak pada arah yang diinginkan yang membuat susunan gigi menjadi lebih rapi dan serasi.

Dua komponen kawat gigi tersebut yaitu berupa braket dan kawat lengkung atau archwire. Memiliki kondisi gigi yang tidak rapi bahkan tersusun berjejal tentunya sangat mengganggu untuk beberapa kondisi gigi yang tidak rapi dapat membuat Anda kesulitan untuk mengunyah makanan, dengan memasang behel dapat memperbaiki berbagai permasalahan gigi yang akan dapat teratasi seperti masalah maloklusi atau tongs, bahkan posisi gigi normal.

Behel bogor – Gigi yang bermasalah seperti gigi yang tonggos tentunya akan menjadi salah satu sebab menurunnya kepercayaan diri bahkan jarang hal ini menjadi objek bulyan. Pemasangan behel gigi merupakan salah satu prosedur medis yang dianggap cukup penting dilakukan dan bukan untuk kepentingan estetika yang berkaitan dengan penampilan semata, namun juga masalah pada susunan gigi yang tidak selaras dapat mengganggu fungsi rongga mulut dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit mulut lain seperti gigi berlubang dan itu gusi. Pemasangan kawat gigi biasanya akan dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti (Sp.Ort) yaitu dokter gigi dengan spesialisasi estetika gigi, mulut, dan juga rahang yang akan menanganai perbaikan.

behel bogor
behel bogor

Jenis Kawat Gigi

Kawat gigi yang digunakan untuk behel gigi memiliki jenis-jenisnya, lalu apa sajakah jenis-jenis kawat yang digunakan untuk behel gigi yaitu antara lain sebagai berikut ini :

  • Kawat gigi permanen

Sesuai dengan namanya yaitu behel permanen yang dimana kawat gigi digunakan untuk menetap menetap pada gigi dan tidak dapat dilepas-pasang sendiri oleh penggunanya. Kawat gigi permanen dalam pemasangannya, kawat gigi permanen terdiri dari berbagai komponen yaitu antara lain sebagai berikut :

  • Braket

Braket ini merupakan bagian kawat gigi yang memiliki bentuk kotak kecil yang akan menempel pada permukaan gigi. Alat braket ini terbuat dari bahan stainless steel atau keramik (bening atau berwarna seperti gigi). Untuk jenis braket modern umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga tidak terlalu terlihat.

  • Cincin ortodontik

Cincin ortodontik ini memiliki bentuk seperti cincin yang di mana fungsinya untuk menyambungkan gigi dan braket. Cincin tersebut biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau titanium.

  • Kawat fleksibel

Kawat fleksibel ini memiliki fungsi sebagai pendorong dorongan pada gigi agar dapat bergeser.

  • Karet o-ring

Karet o-ring ini berfungsi untuk menahan kawat agar kawat tersebut tetap pada posisi. Warna karet akan dipilih sehingga bagian inilah yang biasanya tampak berwarna-warni di permukaan gigi pengguna behel.

  • Kawat gigi lepas pasang

Sesuai dengan namanya yaitu lepas pasang yag dimana kawat gigi lepas pasang ini dapat dilepas dan dipasang oleh penggunanya. Behel lepas pasang ini pada umumnya terbuat dari pelat di atas yang menutupi mulut langit-langit dan menempel di beberapa gigi. Berbagai jenis lepas pasang ini biasanya dapat dilepas ketika membuka mulut, berenang, atau olahraga kontak yang memerlukan pemasangan gigi pelindung (mouthguard).

behel bogor
behel bogor
  • Kawat gigi fungsional

Kawat gigi fungsional merupakan salah satu jenis perangkat yang pemasangannya memiliki utama untuk mengatur maju susunan yang diatur dengan cara membentuk rahang.  

  • Headgear

Headgear merupakan alat yang memiliki bentuk kerangka besi yang menempel pada kepala dan akan tersambung dengan behel gigi. Alat ini biasanya bukan hanya memiliki peran untuk mengatasi gigi yang tidak rapi, tapi juga untuk memperbaiki struktur atau posisi rahang. 

  • Behel Lingual

Behel lingual ini umumnya terbuat dari logam yang telah ditempelkan pada bagian belakang gigi sehingga tidak dapat terlihat dari luar.

Behel bogor Itulah beberapa jenis kawat gigi yang dapat kamu pilih untuk melakukan behel gigi, pemilihan jenis kawat gigi mana yang akan kamu gunakan sesuaikanlah dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Prosedur pasang behel gigi ini dilakukan dengan tujuan untuk merapikan susunan gigi. secara gambaran umunya memiliki tujuan yang berkaitan dengan estetika atau kondisi tertentu yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan gigi.

Indikasi Pasang Behel

Behel bogor – Ada beberapa kondisi bentuk gigi yang membutuhkan pemasangan gigi kawat gigi antara lain seperti kondisi gigi yang memiliki susunan gigi yang berjejal, dan kondisi gigi yang memiliki jarak antar gigi renggang, dan kondisi gigi yang memiliki posisi-gigi depan jauh lebih maju gigi bawah (tonggos), lalu gigi yang memiliki posisi gigi-gigi depan bawah lebih maju daripada gigi depan atas (gigitan terbalik), dan kondisi gigi yang memiliki masalah susunan yang dapat menjadi pemicu ketidaksejajaran saat mulut dikatupkan (uneven bite). dengan melihat kondisi tersebut merupakan beberapa kondisi yang mengharuskan menggunakan behel gigi.

Namun behel gigi tidak disarankan untuk pasien yang memiliki kelainan posisi rahang yang parah. Untuk melakukan pemasangan behel gigi dapat dilakukan jika sudah ada gigi permanen yang tumbuh sempurna. Untuk itu pemasangan kawat gigi pada umumnya disarankan pada anak-anak yang sudah berusia 8-14 tahun. Pada usia tersebut bagian pada mulut atau rahang anak masih dalam masa-masa mengalami pertumbuhan dan periode giginya yang bercampur antara gigi susu dan permanen.

Lalu untuk pemasangan kawat gigi untuk orang dewasa pada umumnya memakan waktu lebih lama dari usia remaja. Perbaikan struktur pada giginya pun akan lebih terbatas. Gigi yang telah dibehel akan kembali menjadi rapi dan tertata kembali ke bentuk normalnya, selain nilai-nilai yang menonjol yang berkaitan dengan penampilan dalam meningkatkan kepercayaan diri tentunya juga memperbaiki kerusakan atau yang diakibatkan dari kondisi gigi yang tidak diperbaiki.

Pasang behel gigi memanglah bukan suatu keharusan atau kewajiban selama kamu merasa nyaman dengan kondisi masalah pada gigi kamu dan selama kondisi tersebut tidak mengganggu atau menyebabkan kerusakan lainnya. bertumpu pada gigi semakin berjalan menjadikan behel gigi masuk dalam salah satu tren kecantikan yang banyk diminati, tak jarang diantara mereka kondisi giginya berada pada kondisi gigi yang normal namun tetap menggunakan kawat gigi untuk mengikuti tren kecantikan yang ada. Sehingga behel gigi semakin berjalannya waktu bukan hanya sebagai prosedur medis yang digunakan untuk menangani kondisi yang berhubungan dengan medis saja namun juga berhubungan dengan tren kecantikan.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682!

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *