My Blog

Biaya Pasang Splinting Gigi Depok Mulai 600rb-an!!

Biaya Pasang Splinting Gigi Depok

Biaya pasang splinting gigi depok
Biaya pasang splinting gigi depok

Biaya Pasang Splinting Gigi Depok

globalestetik-ads.com Splinting gigi biasanya menggunakan kawat atau fiber. Saat gigi permanen goyang, ada beberapa cara untuk menyembuhkanya. Salah satunya mengalami patah gigi. Gigi permanen yang goyang tidak akan bisa tergantikan dengan gigi baru, jadi bisa membuat ompong. Splinting merupakan proses penyambungan gigi yang goyang dengan gigi yang sehat hingga jaringan di sekitarnya sembuh dan gigi menjadi kuat kembali.

Biaya pasang splinting gigi depok – Untuk mendapatkan splinting gigi di klinik, pusat  kesehatan  dan rumah sakit. Biaya splinting sangat bervariasi dan bergantung pada bahan pada tingkat keparahan kondisi gigi  dan kawat. Namun pada umumnya biaya splinting gigi memerlukan biaya sekitar Rp 600.000 – 800.000.

Belat adalah prosedur di mana gigi yang lepas disambungkan ke gigi samping kiri dan kanannya yang masih kuat. Metode ini bisa dipakai apabila gigi masih menahan gusi dan tulang rahang, hanya meski sedikit. Gigi yang lepas bisa menggunakan kawat tipis yang dibuat khusus untuk prosedur ini. Bahan pengikat menggunakan serat atau serat khusus juga tersedia dan bisa dipakai untuk memberikan estetika yang lebih baik lagi.

Tujuan Belat Gigi

Biaya pasang splinting gigi depok – Umumnya, prosedur ini digunakan untuk melonggarkan gigi akibat kecelakaan . Kemudian gigi-gigi tersebut masih bagus dan akan sangat menarik jika harus dicabut. Jika gigi goyang yang disebabkan oleh penyakit lain juga bisa menggunakan cara ini.

Secara umum, tujuan dari splinting gigi antara lain:

  • Penyaluran tekanan yang diterima oleh gigi yang goyang pada penyangga penyangga yang sehat sehingga tidak mengkhawatirkan, terutama saat digunakan untuk mengunyah.
  • Berikan waktu pada jaringan pendukung gigi yang goyang untuk sembuh lebih baik karena tekanan yang dihasilkan telah berkurang.
  • Membuat proses mengunyah lebih nyaman tanpa bisa mengganggu fungsi lain dari rongga mulut.
  • Sangat direkomendasikan untuk kondisi psikologis yang terganggu jika gigi goyang.
  • Bisa mempertahankan lengkung gigi yang sempurna.
  • Belat gigi(perangkat gigi di atas/plastik dengan warna transparan untuk menopang gigi) umumnya tidak permanen. Tergantung pada jenis gangguan dan tingkat keparahannya, keterlambatan dapat diterapkan untuk jangka waktu dua minggu hingga bahkan empat bulan. 

Belat bisa dilepas apabila dokter menentukan bahwa gigi cukup kuat untuk menahan tekanan yang disebabkan oleh mengunyah dan fungsi mulut lainnya.

Jenis splinting gigi

Biaya pasang splinting gigi depok – Perbedaan jenis splinting umumnya terlihat pada bahan yang digunakan. Jenis belat gigi yang paling biasa digunakan adalah:

  • Splint kawat dan komposit

Splint kawat dan komposit adalah jenis busbar yang paling biasa digunakan. Seperti namanya, gigi yang goyah dengan gigi yang kuat menggunakan kawat gigi.

Kawat penggunaan resin komposit, yang biasanya digunakan sebagai pengisi.

Prosedur ini akan menahan gigi yang goyang pada tempatnya dan mendukung jaringan pendukung seperti tulang dan gusi untuk sembuh. Hingga akhirnya, gigi bisa direkatkan kembali dan kokoh.

  • serat belat

Pada jenis splint ini, bahan yang dipakai sebagai penunjang penyambung gigi yang goyang dengan gigi yang sehat adalah serat-serat halusnya. Umumnya, serat dilekatkan pada gigi dengan komposit resin.

Salah satu kelebihan jenis ini adalah pada warna yang mirip dengan gigi sehingga dari segi tampilan lebih bagus.

Biaya pasang splinting gigi depok
Biaya pasang splinting gigi depok
  • Belat kawat ligatur

Belat kawat ligatur merupakan jenis belat klasik yang umumnya digunakan dalam situasi darurat, seperti ketika tidak ada bahan lain yang tersedia untuk menopang gigi lagi.

Dalam bidai kawat pengikat, dokter gigi akan memutar kawat tipis dan memasukkannya di antara gigi sehingga gigi bisa saling saling.

Tidak semua gigi yang goyang bisa dibidai dan tidak semua gigi yang goyang bisa direstorasi secara akurat selama proses splinting. mengatakan bahwa beberapa kondisi ini lebih parah daripada yang lain.

Indikasi Splinting Gigi

Biaya pasang splinting gigi depok – Selain itu, agar bisa berhasil, sejumlah kondisi harus dipenuhi. Contohnya, jumlah gigi penyangga yang cukup, dan tingkat mobilitas gigi tidak terlalu terasa.

Beberapa kondisi gigi goyang yang tidak dapat diobati dengan splinting sebagai berikut:

  • Kondisi gigi goyang sangat parah
  • Jika gigi tidak cukup sehat untuk mendukung splinting
  • Kebersihan gigi dan mulut secara umum sangat buruk
  • Peradangan parah terjadi pada jaringan pendukung gigi, seperti misalnya gusi dan tulang.
  • Tekanan dari gigi lawan telah berkurang, sehingga risiko kelonggaran gigi yang parah akan berkurang.
  • Sebelum memutuskan, dokter akan melakukan pemeriksaan rongga mulut terlebih dahulu terlebih dahulu secara menyeluruh. Contohnya rontgen panoramik untuk melihat kondisi tulang yang menopang gigi.

Biaya pasang splinting gigi depok – Jika gigi yang goyang tidak bisa diperbaiki dengan splinting gigi, pilihan selanjutnya adalah untuk mencabut gigi. Setelah proses pencabutan gigi, disarankan untuk melanjutkan perawatan dengan pemasangan gigi palsu. Metode ini dilakukan agar tidak terlihat ompong dan tetap bisa mengunyah makanan dengan baik. Pemasangan gigi palsu juga sangat penting untuk menjaga gigi tetap rapi dan mencegah nyeri rahang akibat tekanan berlebihan di satu sisi. Kamu bisa meluangkan waktu atau prosedur gigi lainnya saat mengunjungi dokter gigi terdekat.

Biaya pasang splinting gigi depok
Biaya pasang splinting gigi depok

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Setelah Splinting Gigi

Biaya pasang splinting gigi depok – Setelah perawatan cabut gigi, ada baiknya menghindari jenis-jenis makanan berikut agar penyembuhan luka semakin cepat.

  • Makanan Pedas

Bagi yang suka mengonsumsi makanan pedas, harus rela gigi makan yang pedas setelah cabut. Makanan yang pedas harus dihindari setelah cabut gigi, karena akan mudah mengiritasi perlukaan. 

  • Makanan Keras

Lantai bekas harus dijaga agar tidak perlu apa pun. Oleh karena itu, makanan keras menjadi pantangan makanan setelah cabut gigi.

  • Makanan Lengket

Makanan lengket merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dimakan setelah cabut gigi.

makanan yang lengket sama dengan menghindari makanan yang keras. Perbedaannya yang mengkhawatirkan dari makanan jenis ini yaitu apabila jaringan penutup luka yang terangkat, menempel pada makanan tersebut.

Selain hal diatas, sifat lengket ini akan menarik sisa makanan dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri di area terbuka.

  • Makanan dan Minuman Asam

Kondisi asam adalah musuh dari rongga mulut. Asam akan dengan mudah mengiritasi sebagian besar rongga mulut. Rasa juga akan membuat luka akibat pencabutan rasa sakit karena iritasi dari asam tersebut.

  • Makanan dan Minuman Panas

makanan dan minuman panas akan menjadi hal pertama yang diucapkan oleh dokter gigi setelah pencabutan gigi. Jika luka terbuka jika terkena sesuatu yang dingin akan membantu proses pembekuan darah. Hal ini akan berbanding terbalik bila luka terkena panas.

Panas dapat menghambat proses pembekuan darah, sehingga luka terbuka dan darah akan terus keluar hingga pasien merasakan sakit.

  • Minuman Bersoda

Minuman bersoda paling banyak mengandung asam dan gula yang tinggi. Hal tersebut sudah harus dihindari. Soda juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga proses penutupan luka bisa terhambat. Jika proses penutupan luka terhambat, waktu pemulihan lama dan pasien akan merasakan sakit.

  • Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol sebelum dilarang karena dilarang mengganggu ambang batas. Setelah mencabut, mengkonsumsi minuman jenis ini juga tidak diperbolehkan.

Ada baiknya menghindari minuman beralkohol jika menginginkan penyembuhan luka berjalan dengan baik. Karena alkohol akan menguraikan cairan tubuh yang diperlukan untuk proses penutupan luka.

 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *