My Blog

Bahan Splinting Gigi Depok Terbaru 2022

Bahan Splinting Gigi Depok

Bahan splinting gigi depok
Bahan splinting gigi depok

 

Bahan Splinting Gigi Depok

globalestetik-ads.com Splinting gigi merupakan metode medis untuk perawatan pada gigi. kebanyakan orang mengira bahwa splinting ini merupakan behel gigi. Padahal bukan, splinting gigi yaitu suatu proses mengganggu dengan gigi goyang dengan gigi yang masih kuat atau masih sehat, sehingga jaringan yang berada disekitarnya akan sembuh dan juga gigi akan kembali kokoh atau kuat. 

Bahan splinting gigi depok – bBasanya perawatan ini memang menggunakan kawat atau fiber. Dimana gigi permanen yang lepas tidak akan bisa dimiliki oleh gigi baru sehingga akan mengakibatkan keompongan pada seseorang. Untuk melakukan perawatan splinting gigi ini bisa mengunjungi klinik dokter gigi, puskesmas, dan rumah sakit. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk perawatan splinting gigi akan beragam dan juga tergantung pada tingkat keparahan kondisi gigi serta bahan yang akan digunakan untuk splinting. 

Cara splinting gigi juga bisa dilakukan apabila gigi memiliki pegangan pada gusi dan tulang rahang meskipun hanya sedikit saja. Gigi yang goyang ini nantinya juga dapat digunakan dengan menggunakan peralatan yang cukup dimana kawat itu untuk melakukan prosedur splinting gigi ini. Bahan yang digunakan untuk mengikat menggunakan serat atau serat khusus telah tersedia serta dapat digunakan agar dapat memberikan estetika yang lebih baik dari sebelumnya. 

Biasanya prosedur belat gigi ini hanya digunakan pada gigi yang goyang yang diakibatkan oleh kecelakaan. Prosedur ini sudah umum terjadi pada gigi yang masih cukup bagus dan tentunya sangat jika harus dilepas atau dicabut. 

Tujuan Belat Gigi

Bahan splinting gigi depok – Tujuan splinting gigi antara lain sebagai berikut:

  • Splinting gigi dapat membantu menyebarkan tekanan yang telah diterima oleh gigi yang goyang ke gigi yang sehat. Untuk gigi yang sehat bisa membantu untuk menyangga agar nantinya kondisi tidak semakin menurun, apalagi jika melakukan aktivitas seperti untuk mengunyah makanan.
  • memberikan tenggang waktu untuk sebuah jaringan mendukung gigi yang goyang, bertujuan agar gigi sembuh dengan baik karena adanya tekanan yang dapat diterima mulai berkurang.
  • membantu proses mengunyah agar nyaman dan dapat memberikan fungsi pada rongga mulut lebih agar tidak terganggu.
  • Splinting gigi baik untuk kondisi dimana gigi terganggu misalnya gigi goyang ataupun copot.
  • Dapat memberikan bantuan sehingga mempertahankan lengkung gigi yang ideal.
Bahan splinting gigi depok
Bahan splinting gigi depok

Bahan splinting gigi depok – Pemasangan splinting gigi biasanya tidak dilakukan secara permanen, hal ini berdasarkan gangguan dan juga tingkat keparahannya. Lama splint gigi dapat dipasang kurang lebih selama dua minggu sampai juga empat bulan. Splin gigi lainnya akan dilakukan maupun jika sudah menganggap menganggap bahwa gigi anda sudah cukup kokoh untuk dapat menahan tekanan akibat pengunyahan fungsi rongga mulut yang 

Bahan Yang Digunakan Untuk Pemasangan Splinting Gigi

Bahan splinting gigi depok – Splinting gigi tentunya memiliki perbedaan di bahan – bahan yang akan digunakan, di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai bahan splinting gigi:

  • Splinting Gigi Menggunakan Bahan Kawat dan Komposit

Berikut adalah jenis bahan splinting yang digunakan oleh kebanyakan orang. Gigi yang goyang juga akan membuat gigi yang lebih kokoh menggunakan bahan kawat ini. Dimana kawat tersebut akan direkatkan dengan resin komposit. Biasanya bahan ini dipakai sebagai bahan tambal gigi. Pada proses ini nantinya akan membuat gigi yang goyang tetap ada pada waktunya dan juga memberikan kesempatan pada jaringan pendukungnya. Hal itu seperti tulang dan gusi untuk sembuh, kemudian gigi dapat kembali dan kokoh lagi.

  • Splinting Gigi dengan menggunakan Bahan Fiber

Untuk splint gigi dengan jenis bahan fiber, bahan yang digunakan sebagai penyangga gigi yang terhubung dengan gigi yang sehat adalah fiber yang sangat tipis. Biasanya fiber ini akan ditempelkan pada gigi dengan menggunakan komposit resin. Kelebihan bahan splint ini yaitu cukup mirip dengan gigi manusia, sehingga akan jauh lebih baik dari berbagai penampilan.

Bahan splinting gigi depok
Bahan splinting gigi depok
  • Splint Menggunakan Bahan Kawat Gigi Ligatur

Splint kawat ligatur merupakan jenis bahan yang biasanya akan digunakan pada kondisi darurat saja, misalnya saat tidak ada bahan yang dapat digunakan untuk membantu penyangga gigi. Dokter gigi akan memilin kawat yang tipis dan akan dikaitkannya di sela – sela gigi, sehingga gigi akan dapat berkait dengan satu yang lainnya. Ada beberapa kondisi gigi goyang yang sudah tidak dapat dilakukan perawatan dengan menggunakan metode splinting, diantaranya:

  • Adanya kondisi gigi goyang yang dapat dikatakan sudah sangat parah.
  • Jumlah gigi sehat yang kelebihannya tidak cukup untuk dijadikan sebagai splinting penopang.
  • Kondisi kebersihan pada gigi dan rongga mulut secara keseluruhan sudah sangat parah.
  • Kondisi dimana telah terjadi peradangan yang sangat parah, hal itu terjadi di jaringan pendukung gigi misalnya pada gusi dan tulang gigi.
  • Adanya kondisi tekanan yang berasal dari gigi yang berlawanan arah serta kondisi tersebut juga telah dilakukan pengurangan dalam bentuk jumlah, sehingga nantinya akan memperburuk kondisi gigi goyang akan berkurang. Sebelum mengambil keputusan untuk melakukan proses splinting gigi, nantinya dokter gigi akan melakukan beberapa pemeriksaan secara menyeluruh di rongga mulut.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8 !1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *