My Blog

Informasi Biaya Scalling Gigi Depok Lengkap 2022

Biaya Scalling Gigi Depok

biaya scalling gigi depok
biaya scalling gigi depok

 

Biaya Scalling Gigi Depok

globalestetik-ads.com – Merawat kesehatan gigi sering dianggap remeh oleh sebagian orang, berpendapat kesehatan gigi cukup dirawat dengan hanya bahwa gigi sehari 2 kali setiap hari. Bahkan hanya ada yang menganggap bahwasanya gigi tidak perlu dirawat terlalu serius, bahkan sebatas sikat gigi dianggap cukup saja, lho! Nyatanya hal tersebut salah besar!

Biaya scalling gigi depok – Karang gigi merupakan salah satu permasalahan yang kerap hadir dan mengganggu penampilan, sehingga menurunkan kepercayaan diri. Karang gigi merupakan plak yang mengalami kesulitan sehingga menumpuk dan membentuk karang gigi. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali hal yang menjadi penyebab dari karang gigi, sehingga dampak dari adanya karang gigi pun cukup fatal jika dibiarkan saja. 

Karang gigi dapat atau atau terjadi atakah terbentuk dari makanan sisa yang menempel pada gigi, jika tidak terjadi ketidakakuratan pada gigi sisa makanan tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan gigi saja. Sehingga sisa-sisa makanan tersebut membentuk bakteri atau mikroorganisme baru di dalam mulut. Plak gigi yang berwarna dan konsistensi yang lunak masih bisa dibersihkan dengan gigi minimal 2 kali atau flossing (benang gigi). 

Biaya scalling depok – Scaling gigi merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merawat gigi, scaling adalah prosedur non medis yang digunakan untuk membersihkan karang gigi atau plak yang menempel pada gigi.

Seringkali kita menanyakan harga membersihkan karang gigi setiap pergi ke klinik, karena sebagian orang mengatakan bahwa scaling itu mahal. Lalu apakah melakukan scaling gigi itu mahal? lalu dimana kita bisa mendapatkan perawatan gigi ini?

Nah, dalam artikel ini kita sudah tuntas belum seberapa besar biaya scaling gigi dan dimana kita bisa melakukan scaling gigi.

Berapa sih biaya untuk melakukan scalling gigi?

a, Biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas

Puskesmas merupakan salah satu tempat dimana kamu bisa melakukan scaling gigi lho, selain itu harga membersihkan scaling gigi di puskesmas juga jauh lebih murah dibandingkan klinik atau dokter gigi. 

Untuk harga sendiri ketika melakukan perawatan di puskesmas, menarifkan harga sebesar Rp 80.000 sampai dengan Rp 200.000, hal ini tergantung seberapa banyak karang gigi yang akan dibersihkan. 

Tetapi di puskesmas ternyata bisa menggunakan BPJS kesehatan juga lho! karena ada beberapa puskesmas yang bisa menggunakan BPJS kesehatan untuk melakukan scaling gigi ini. 

Jika kamu memiliki BPJS kesehatan dan ingin membersihkan karang gigi, bisa mengunjungi puskesmas-puskesmas terdekat. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya, karena ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Kalian hanya perlu mengunjungi puskesmas atau faskes 1 yang ada di BPJS Kesehatan, untuk mendapatkan perawatan gigi. Kemudian pihak puskesmas akan memeriksa gigi pasien, serta memberi tahu tindakan apa saja yang akan dilakukan. Tetapi untuk pasien yang hanya dapat menggunakan BPJS kesehatan karang gigi maksimal 1 kali dalam 1 tahun. 

Jadi jika kamu lebih disarankan oleh dokter untuk melakukan scaling gigi 2 kali dalam 1 tahun, kamu bisa melakukan scaling di puskesmas lalu untuk yang kedua kamu bisa melanjutkan scaling gigi di klinik atau dokter gigi. Sehingga kamu tidak mengeluarkan terlalu banyak. 

Biaya scalling gigi depok
Biaya scalling gigi depok

Bahkan jika kamu tau BPJS tidak hanya menskalakan gigi, tetapi BPJS kesehatan juga dapat mencakup beberapa pelayanan gigi sebagai berikut:

  • Administrasi pelayanan, hal ini meliputi seperti biaya administrasi untuk pendaftaran peserta, ada penyediaan dan pemberian rujukan surat ke faskes tingkat lanjutan untuk perawatan penyakit yang tidak dapat ditangani dengan baik di tingkat pertama. 
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis 
  • Premedikasi atau pengobatan awal pada gigi dengan pemberian antibiotik 
  • Kegawatdaruratan oro-dental (kegawatdaruratan mulut dan gigi), dalam kegawatdaruratan ini seperti kejadian yang tidak terduga pada mulut dan mulut (pendarahan yang disebabkan masalah gigi) dan kecelakaan lain yang terjadi pada gigi dan mulut
  • Pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi) 
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit Obat pasca-ekstraksi 
  • Tumpatan komposit/GIC (Semen ionomer kaca)
  • Scaling gigi (1 kali dalam setahun).
biaya scalling gigi depok
biaya scalling gigi depok

Perawatan Gigi dengan BPJS

Biaya scalling gigi depok – Lalu bagaimana tahapan melakukan perawatan gigi di puskesmas dengan BPJS?

  • Peserta atau pemilik BPJS kesehatan bisa langsung datang ke faskes pertama sesuai pilihan
  • Setelah peserta bisa menunjukan kartu BPJS kesehatan kepada petugas yang ada di puskesmas 
  • Petugas kesehatan di puskesmas akan melakukan pengecekan identitas peserta
  • Lalu petugas kesehatan akan mengarahkan peserta menuju dokter untuk melakukan pengecekan kembali terkait tindakan atau pengobatan apa yang harus dilakukan
  • Setelah hal tersebut selesai, peserta akan menunjukkan kartu bukti tindakan atau pelayanan yang diberikan dokter pada petugas kesehatan
  • Petugas kesehatan akan melakukan cross check kembali terkait apakah ada hal-hal yang membutuhkan tindakan ulang. Jika ada hal-hal yang perlu melakukan tindakan ulang atau membutuhkan rujukan, petugas pada puskesmas akan membuatkan surat rujukan berdasarkan Arahan dokter.
  • Setelah mendapatkan surat rujukan tersebut, pasien harus segera ke tempat rujukan yang disarankan oleh dokter untuk melakukan pemeriksaan hingga pengobatan kembali 

b. Biaya membersihkan karang gigi/scaling gigi di klinik atau dokter gigi

Biaya scalling gigi depok – Jadi selain di puskesmas seperti yang kita ketahui melakukan scaling gigi bisa dilakukan di klinik kesehatan gigi atau dokter gigi. Untuk harga yang ditawarkan pada klinik sendiri berbeda-beda setiap kliniknya, hal ini dikarenakan adanya perbedaan fasilitas sampai dengan obat-obatan hingga tindakan apa saja yang harus dilakukan. 

Tetapi sebagai patokan harga membersihkan karang gigi di klinik maupun rumah sakit biasanya mematok harga sekitar Rp 250.000 sampai dengan Rp 500.000 , hal ini tergantung juga pada banyak hal seperti fasilitas hingga alat yang digunakan dalam tindakan. 

Sekarang kamu sudah tahu berapa besar biaya yang dikeluarkan ketika ingin melakukan penskalaan pada gigi, jadi kamu tidak perlu menunda-nunda lagi lho! untuk membersihkan karang gigi baik di puskesmas yang bisa menggunakan BPJS kesehatan atau pergi ke klinik gigi.

 

Semoga segala informasi diatas berguna ya buat kamu yang sampai saat ini masih bimbang dan ragu untuk pergi ke dokter gigi! 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telepon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8! 1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372  

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *