My Blog

OPERASI IMPAKSI GIGI DEPOK, KAPAN WAKTUNYA? Info 2022

OPERASI IMPAKSI GIGI DEPOK

Operasi impaksi gigi depok
Operasi impaksi gigi depok

 

Operasi Imaksi Gigi Depok

globalestetik-ads.com – Operasi impaksi gigi adalah tindakan yang dilakukan untuk masalah gigi bungsu yang tidak tumbuh normal, untuk mencegah potensi yang timbul di kemudian hari. Prosedur operasi untuk gigi bungsu impaksi umumnya membutuhkan teknik yang berbeda dari pencabutan gigi biasa.

Operasi impaksi gigi depok – Gigi bungsu sebenarnya adalah geraham ketiga atau belakang, yang merupakan gigi terakhir yang tumbuh di mulut seseorang. Saat gigi bungsu tumbuh, gigi bungsu terkadang terasa sakit. Banyak faktor yang dapat berkontribusi, termasuk genetika, masalah email, dan masalah kesehatan mulut. Apa penyebab sakit gigi bungsu? Artikel ini memberikan informasi tentang gigi bungsu, termasuk gejalanya dan mengapa tumbuh dengan sakit.

Gigi terakhir yang paling banyak tumbuh pada orang adalah gigi bungsu mereka, biasanya terjadi antara usia 17-25. Pada umumnya setiap orang memiliki total 4 gigi bungsu, namun ada juga orang yang tidak memiliki gigi bungsu sehingga gigi bungsu tidak pernah muncul. Hal ini didasarkan pada faktor genetik atau keturunan masing-masing. Rasa sakit yang dialami pasien ketika gigi bungsu tumbuh bukan disebabkan oleh kerusakan pada gigi itu sendiri, tetapi karena mereka meregangkan gusi untuk tumbuh. 

Selain itu, kebanyakan orang tidak memiliki cukup ruang di rahang mereka untuk menampung gigi bungsu. Hal ini dapat menyebabkan gigi bungsu tumbuh ke arah yang salah, menyebabkan mereka keluar ke samping, ke depan, atau ke belakang, merusak gigi lain dalam prosesnya. Kondisi ini disebut impaksi gigi bungsu. Rasa sakit yang sering menyertai tumbuhnya gigi bungsu adalah karena impaksi. Ketika gigi bungsu tumbuh, mereka kadang bisa tumbuh tidak normal di dekat gigi lain di dekat. Atau, dalam beberapa kasus, mereka mungkin tidak tumbuh secara merata di gusi, yang dapat menyebabkan masalah.

Kapan Operasi Impaksi Gigi Bungsu Harus Dilakukan?

Operasi impaksi gigi depok – Pembedahanatau operasilebih disarankan untuk mencegah kerusakan gigi semakin parah. Namun, tidak semua kasus gigi bungsu tindakanimpaksisegera. Dokter biasanya terlebih dahulu memeriksa kondisi mulut dan gigi sebelum mengambil tindakan. 

Jika gigi bungsu telah tumbuh ke arah samping, tetapi tidak mengganggu , maka dokter mungkin akan memberikan saran untuk membicarakan perkembangannya saja. Bisa jadi dokter akan meminta untuk melakukan pemeriksaan gigi lebih sering sehingga dokter dapat terus memandang arah pertumbuhan gigi bungsu.   

Operasi impaksi gigi depok
Operasi impaksi gigi depok

Jika telah beberapa masalah pada gigi, dokter akan merekomendasikan tindakan lebih lanjut, yaitu operasi atau pembedahan. Impaksi gigi bungsu biasanya diperlukan ketika:

  • Gigi bungsu telah terinfenksi atau penyakit periodontal (penyakit gusi)
  • Gigi bungsu berlubang yang cukup parah 
  • Kista atau tumor muncul di sekitar geraham yang bermasalah
  • Geraham tumbuh lateral ke gigi yang berdekatan atau posisi gigi geraham saling bertabrakan

Alternatif Imaksi Gigi

Operasi impaksi gigi depok – Apakah ada alternatif lain untuk mengatasi impaksi gigi selain operasi? Tindakan operasi merupakan pilihan terakhir untuk gigiyang mengalami impaksiSebelum memutuskanuntukmenjalanioperasi,dokterakan menyarankan jumlahperawatanlain yang dibutuhkan oleh pasien,yangdijelaskandibawahini.:

  •  Minum obat krim rasa sakit

Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Untuk mengurangi rasa sakit ini, dokter biasanya meresepkan obat pereda nyeri seperti asetaminofen. Obat ini aman untuk semua kalangan, termasuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, atau orang tua (lansia).

Jika impaksi gigi menyebabkan gusi , dokter mungkin dapat meresepkan obat ibuprofen . Ibuprofen adalah obat NSAID yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tubuh. Agar obat bekerja maksimal, minumlah sesuai dosis yang disarankan. Jika Anda lupa minum obat, jangan  ragu untuk bertanya langsung ke dokter. Obat pereda nyeri hanya boleh digunakan untuk waktu yang singkat. Karena itu, jika gigi Anda sakit, segera konsultasikan ke dokter gigi.

  • Kompres gigi dengan es 

Cara lain untuk mengurangi sakit gigi dan rasa nyeri yang nyut-nyutan adalah dengan mengompres memakai batu . Es batu dapat mematikan sinyal nyeri saraf untuk sementara waktu, sehingga gigi bungsu secara perlahan akan mereda . Untuk mengaplikasikan cara ini sangat mudah, cukup gunakan beberapa batu dan kain atau waslap yang bersih dankering . Bungkus es batu dengan kain lap dan letakkan di pipi gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Rasa dingin akan membantu rasa sakit untuk beberapa saat.  

  • lakukan pencabutan gigi

pertumbuhan gigi bungsu yang miring atau mengarah ke gigi lain akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan gigi. Jika mahkota terlihat di permukaan gusi, dokter akan segera melakukan tindakan pencabutan gigi tanpa operasi. Untuk prosesnya tidak perlu merasa khawatir, karena sebelum pencabutan gigi, dokter akan memberikan obat yang disebut rasa sakit atau biasa dengan anestesi. Jangan khawatir jika dokter gigi anda menyarankan untuk gigi .dokter akan terlebih dahulu memberikan atau menyuntikkan gigi yang akan dicabut dengan anestesi sehingga rasa sakit tidak akan terasa ketika proses pencabutan gigi dilakukan .

Operasi impaksi gigi depok
Operasi impaksi gigi depok

Perawatan untuk mencegah masalah gigi bungsu

Operasi impaksi gigi depok – Jika sudah mengalami rasa sakit akibat tumbuhnya gigi bungsu , jangan khawatir karena cara pengobatan gigi ini bisa dilakukan di rumah dengan tetap memperhatikan tata cara perawatan gigi yang baik dan benar. Jangan menunggu gigi bungsu semakin bermasalah dengan membiarkannya dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah sakit geraham saat gigibungsu muncul, lakukanlah perawatan gigi berikut ini:

  • lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi Anda

Pemeriksaan gigi ke dokter secara rutin, minimal 6 bulan sekali. Hal tersebut terjadi ketika menginjak usia dimana pertumbuhan gigi mulai tampak, upaya yang dilakukan agar dokter tidak bisa tanpa pertumbuhannya. Jika permasalahan mulai muncul dan mengganggu, dokter akan melakukan tindakan yang mungkin dapat dilakukan . Semakin dini masalah gigi bungsu diidentifikasi, semakin mudah perawatannya.  Sehingga pencegahan impaksi atau penyakit kesehatan gigi lainnya dapat dilakukan.

  • Praktekkan kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut _

kebiasaan gigi selama 2 menit setelah sarapan pagi sebelum tidur malam serta membersihkan gigi setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi, terutama setelah ortodontik dan gigi gigi geraham untuk mencegah infeksi . Disarankan juga untuk menggunakan obat kumur sebagai upaya tambahan menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Tidak perlu terlalu khawatir tentang impaksi gigi bungsu. Beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh dokter gigi untuk membantu permasalahan gigi Anda. Dan yang paling penting adalah selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin gigi dan memakan makanan terlalu dingin dalam jangka waktu lama.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mndapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telepon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8! 1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

Penulis oleh Drg Arnof

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *