My Blog

Harga Tambal Gigi Berlubang Bogor Terbaru 2022

Harga Tambal Gigi Berlubang Bogor

Harga tambal gigi berlubang bogor
Harga tambal gigi berlubang bogor

 

Harga Tambal Gigi Berlubang Bogor

globalestetik-ads.com  – Masalah pada gigi tidak hanya gigi berlubang namun sangat beragam. Selain gigi berlubang, pada kasus yang parah gigi seseorang bisa sampai ompong dan bahkan keropos. Untuk mengembalikan fungsi gigi serta kepercayaan diri, Anda yang kehilangan gigi bisa menempuh berbagai metode perawatan gigi di dokter gigi. Salah satu metode yang banyak dipilih adalah jembatan-jembatan palsu. Biaya jembatan gigi sangat beragam, tergantung dari jenis jembatan tiruan yang digunakan dan di mana tempat perawatan.

Harga tambal gigi berlubang bogor – Dalam penelusuran kali ini, biaya tambal gigi di puskesmas berbeda-beda. Menurut salah satu pegawai yang ada di puskesmas, saat ini tambal gigi di puskesmas dikenai biaya Rp30.000 per gigi. Sementara untuk tambal gigi permanen mempersiapkan dana kurang lebih sekitar Rp.100.000. Jika Anda peserta BPJS atau memiliki asuransi lainnya, tambal gigi di puskesmas bisa saja gratis. Pengobatan kebersihan gigi dan mulut termasuk dalam pelayanan BPJS. Namun, penggunaan BPJS di Puskesmas biasanya hanya berlaku satu kali pemakaian dalam satu tahun.

Biaya yang dikeluarkan setiap orang bisa berbeda-beda, yaitu tergantung bagaimana kondisi lubang pada gigi yang mengalami masalah. Biasanya, pada kisaran harga antara Rp 150.000-1.000.000. Pemilihan lokasi dan dokter juga dapat memengaruhi harga yang akan Anda keluarkan. Jadi, pilihlah perawatan sesuai dengan permasalahan gigi. Menambal gigi dapat membantu mengatasi masalah gigi berlubang. Sebelum dengan dokter gigi agar mencegah masalah di kemudian hari.

Jenis-jenis tambal gigi

Harga tambal gigi berlubang bogor – Ada dua jenis tambalan atau bahan khusus yang dapat digunakan untuk menambal gigi yang meliputi, tambalan langsung dan tambalan tidak langsung.

  • Tambalan langsung

Tambalan langsung umumnya dilakukan saat kerusakan gigi belum terlalu besar. Tetapi, hal ini bersifat permanen meskipun tidak bertahan selamanya di dalam mulut. Ketahanannya pun berbeda-beda, mulai dari 5 hingga 20 tahun. Terdapat tiga jenis tambalan langsung, yang meliputi:

  • lengkap

Amalgam merupakan tambalan gigi berwarna silver atau abu-abu yang memiliki daya lekat yang kuat dan tahan lama. 

-Resin komposit

Tambalan yang satu ini umunya mengeraskan dengan cara disinar. Karena itu, resin komposit disebut juga sebagai tambal sinar atau tambal laser. Resin komposit memiliki sifat yang kuat serta mudah dibentuk. 

  • Semen Ionomer Kaca (GIC)

Berwarna putih,  semen ionomer kaca  (GIC) tidak sepenuhnya dapat sama dengan warna gigi. Tetapi, memiliki kemampuan agar melepaskan fluoride yang bisa mencegah gigi berlubang lagi setelahnya. 

  • Tambalan tidak langsung

Pada tambalan tidak langsung, umunya dilakukan apabila kerusakan sudah parah dan meluas sehingga tambal secara langsung tidak mendukung lagi. Tambalan tidak langsung untuk menutupi seluruh maupun sebagian permukaan. biasanya terbuat dari logam, porselen ataupun kombinasi dari keduanya.  

Harga tambal gigi berlubang bogor
Harga tambal gigi berlubang bogor

Prosedur tambal gigi

Harga tambal gigi berlubang bogor – Tidak hanya digunakan dalam genggaman gigi berlubang, Anda perlu mendapatkan prosedur penambalan gigi bila mengalami kondisi-kondisi berikut. 

  • Mengalami gigi patah
  • Mengalami kerusakan jaringan keras gigi seperti atrisi dan abfraksi 
  • Menjalani perawatan saluran akar
  • Memiliki risiko gigi berlubang yang besar. 
  • Penambalan lebih disarankan untuk menutup ceruk gigi pada gigi geraham (pit fissure sealant)

Selanjutnya, mari kita perhatikan apa saja langkah-langkah prosedur tambal gigi berikut ini.

  • Pembersihan gigi berlubang 

Pertama-tama, dokter akan membersihkan area gigi yang berlubang sampai bersih. Karena, ciri-ciri gigi berlubang  akan timbul bercak-bercak berwarna yang disebabkan banyak bakteri. Cara membersihkannya yaitu dengan melakukan proses bur.  

  • Penempatan bahan perekat tambal

Setelah itu, gigi yang telah dibersihkan akan dipasang bahan perekat tambal dengan proses bonding. Fungsinya, agar bahan tambal menempel dengan baik ke gigi kamu. 

  • Penempelan bahan tambal

Jika telah perekat tertempel, selanjutnya dokter akan menempelkan bahan tambal untuk gigi Anda. Bahan tambal akan dibentuk sesuai dengan bidang kunyah atau.

  • Tes gigit

Dokter akan menyuruhmu merekatkan gigi atas serta gigi bawah seperti posisi menggigit. Tujuannya agar memastikan apakah tambalan sudah pas dan nyaman saat dipakai menggigit. 

  1. Menyelesaikan

Proses ini diperlukan guna memperhalus tambalan agar dapat menghindari bakteri masuk lagi ke dalam gigi.

Harga tambal gigi berlubang bogor
Harga tambal gigi berlubang bogor

Tujuan Tambal Gigi

Harga tambal gigi berlubang bogor – Pada dasarnya, tujuan melakukan penambalan gigi merupakan agar mendapatkan beberapa manfaat seperti : 

  • Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan
  • Mengurangi jumlah bakteri aktif di mulut 
  • mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi
  • mempertahankan bentuk tulang rahan dan kontur wajah
  • gigi yang retak, patah atau terkikis karena kebiasaan tertentu, seperti menggigit kuku atau menggertakkan gigi

Tips mencegah gigi berlubang

Harga tambal gigi berlubang bogor – Pemeliharaan tambal gigi berlubang tidak murah, alangkah baiknya Anda mulai menjaga kesehatan gigi Anda agar tidak berlubang. Berikut ini beberapa tips mencegah gigi berlubang yang bisa kamu ikuti, antara lain :

  • Rutin menggosok gigi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Kamu dapat menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Setelah sarapan pagi, tunggu dalam kurun waktu 30 hingga 60 menit sebelum kamu menggosok gigi. Hal ini dilakukan agar enamel gigi Anda tidak terkikis, telebih ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam seperti jeruk, kopi, atau roti panggang.

  • Rutin menggunakan obat kumur

Tips kedua guna mencegah gigi berlubang yaitu dengan rutin menggunakan obat kumur. Menyikat gigi tentu saja cukup, lebih baik lagi Anda bisa menggunakan obat kumur agar bagian gigi dan mulut Anda semakin bersih serta terbebas dari bakteri. Menggunakan obat kumur mengandung antiseptik, sehingga dapat menyebabkan sela-sela gigi. Selain membuat gigi bebas dari bakteri juga dapat mencegah terbentuknya plak serta masalah pada gusi.

  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Memang terdapat banyak sekali pilihan pasta gigi, tapi pastikan kamu memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasalnya, kandungan fluoride dapat mencegah bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, fluoride juga dapat membantu memperkuat enamel gigi Anda dan tidak mudah terkikis.

  • mengatasi makan manis

Tahukah Anda jika sering mengonsumsi makanan manis bisa merusak enamel pada gigi. Hal ini karena makanan atau minuman manis dapat memproduksi asam yang tentu saja merusak enamel pada gigi. Jika Anda makan atau minum manis dan lupa gigi tersebut maka dengan sisa-sisa makanan akan menempel dan membuat gigi menjadi lebih cepat rusak.

  • Periksa gigi ke dokter secara teratur

Terpenting yaitu memeriksakan kesehatan secara teratur ke dokter gigi. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini dalam waktu minimal 6 bulan sekali. Pemeriksaan gigi ini dilakukan agar gigi Anda tetap sehat dan tidak bermasalah.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *