My Blog

Bentuk & Bahan Splinting Gigi Bogor 2022

Bahan Splinting Gigi Bogor

Bahan splinting gigi bogor
Bahan splinting gigi bogor

 

Bahan Splinting Gigi Bogor

globalestetik-ads.com – Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting untuk dijaga dan dirawat. Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri. Anda disarankan untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali jika gigi Anda selalu sehat. Perawatan gigi ini bisa Anda lakukan di dokter gigi, rumah, maupun puskesmas, dengan tarif yang bervariasi, tergantung jenis perawatan yang dilakukan.

Bahan splinting gigi bogor – Perawatan gigi sendiri ada banyak macamnya. Jenis-jenis perawatan yang umum dikenal dan banyak dilakukan masyarakat yaitu konservasi gigi, pemasangan kawat atau behel gigi, perawatan karang gigi, hingga veneer dan bleaching

Gigi Goyang

Gigi goyang adalah keluhan yang sering dialami oleh penderita penyakit periodontal. Kegoyangan gigi menyebabkan pasien sulit menemukan pemecahan masalah dengan datang ke dokter gigi. Kegoyangan gigi dapat terjadi akibat berkurangnya tinggi tulang alveolar, atau karena pelebaran ligamentum periodontal, dan dapat pula merupakan kombinasi keduanya.

Kehilangan perlekatan dan bertambahnya kerusakan tulang dan kegoyangan gigi dapat diperberat oleh trauma oklusi. Kegoyangan gigi dapat diatasi dengan menghilangkan penyebab, pemberian antibiotik, terutama dengan pembedahan, menghilangkan faktor terutama oklusi traumatik, menyembuhkan, atau mempercepat regenerasi dengan cara regenerasi jaringan terpandu.

Splinting menjadikan sebagai perawatan pendukung yang dilakukan bersama dengan perawatan periodontal lainnya. Splint dilakukan dengan menghubungkan satu atau beberapa gigi sehingga membentuk satu kesatuan. Splint sementara dilakukan pada tahap pertama perawatan periodontal sebelum dilakukan tindakan bedah.

Sedangkan splint permanen berupa restorasi, dilakukan sebagai bagian dari langkah restorasi atau rekonstruksi dari perawatan periodontal. Pembahasan tentang penanganan gigi goyang oleh karena penyakit periodontal dengan menggunakan splint periodontal sampai sekarang masih kurang, untuk itu dalam makalah akan dibahas berbagai jenis splint yang sering digunakan di bidang periodontologi. 

Bahan splinting gigi bogor
Bahan splinting gigi bogor

Bentuk Belat

Bahan splinting bogor – Splint adalah suatu perangkat yang dibuat untuk gigi atau goyang suatu akibat gigi-gigi yang trauma atau penyakit. Berdasarkan bentuknya, splint bisa berupa splint cekat atau lepasan, yang dapat dipasang di ekstraoronal maupun intrakoronal. Splint permanen antara lain jembatan tiruan (GTJ), gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL), atau penggabungan tambalan dengan resin komposit.

Akan tetapi, setiap jenis splint harus melibatkan gigi stabil sebanyak mungkin agar mengurangi tekanan, menahan gigi dengan kuat dan tidak memberikan stres torsional pada gigi yang dipegangnya, diperluas ke sekitar lengkung rahang sehingga tekanan anteroposterior dan tekanan fasiolingual yang dapat saling dinetralkan, tidak terjadi menahan oklusi sehingga ketidakharmonisan oklusi yang harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum pemasangan splint, tidak boleh sampai mengiritasi pulpa, jangan sampai mengiritasi jaringan lunak, gingiva, pipi, bibir, atau lidah, serta didesain sedemikian rupa agar dapat dibersihkan dengan mudah. Oleh karena itu daerah embrasur interdental tidak bisa ditutup terlambat.

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Perawatan yang rutin dan tepat dapat memaksimalkan fungsi untuk menghaluskan makanan sekaligus menyehatkan. Tak hanya itu, yang sehat dan rapi selain itu dapat mempercantik senyum Anda juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Berdasarkan literatur dari Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI), Ortodonti merupakan cabang kedokteran gigi yang diri dalam pencegahan, diagnosis dan pengobatan dalam penyelarasan gigi dan rahang. Perawatan yang digunakan peralatan korektif seperti kawat gigi, wire, headgears, dan peralatan fungsional untuk menjadikan gigi dan rahang dalam posisi yang baik dan seimbang.

Dengan kemajuan zaman, ortodonti pun semakin berkembang fungsinya hanya untuk memperbaiki fungsi gigi, namun juga memberikan estetika atau keindahan bentuk wajah dan rahang. Salah satu alat ortodonti yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu behel/kawat gigi. Seperti yang saat ini tengah tranding, terutama di kalangan anak muda dan remaja. Alat ini berfungsi dengan tujuan memperbaiki fungsi gigi seperti fungsi pengunyahan, memperbaiki susunan gigi seperti gigi berjejal sehingga gigi dibersihkan dibersihkan, memperbaiki gigi yang maju dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Bahan splinting gigi bogor
Bahan splinting gigi bogor

Bahan splinting bogor – Menurut Indah, meski tujuan utama penggunaan kawat gigi merupakan untuk memperbaiki fungsi gigi, tapi juga dapat nilai estetika dari gigi yang rapi. Tidak ada batasan umur dalam menggunakan kawat gigi. Mulai usia tujuh tahun sudah dapat dilakukan skrining agar mengetahui perlunya tidaknya penggunaan alat ini.

Usia paling bagus dalam penggunaan behel sendiri yaitu pada saat tumbuh kembang. Meski penggunaan behel ini telah ramai di masyarakat namun pemasangannya perlu hati-hati dan kejelian dalam memilih tempat pemasangan kawat gigi yakni harus pada dokter spesialis ortodonti. Setelah pemasangan kawat gigi, perlu dilakukan kontrol rutin dalam waktu tiga atau empat minggu sekali untuk memeriksa keadaan gigi secara keseluruhan, melihat kemajuan perawatan kebersihan gigi.

Pada jenis behel sendiri bermacam-macam. Ada yang bisa dilepas dan juga yang rekat. Demikian pula bahannya, ada yang terbuat dari logam, keramik, plastik bahkan ada yang terbuat dari emas. Harga pun tergantung bahan, misalnya bahan logam, sekitar Rp. 8 juta. Lamanya perawatan gigi memakai behel ini tergantung tingkat kerusakan gigi dan setiap orang-beda kebutuhannya. Namun bisa berkisar antara satu hingga dua tahun atau lebih.

penyakit periodontal merupakan penyakit yang menyerang jaringan periodontal gigi. Tidak ada gangguan pada struktur ini menjadi gangguan pada gigi yang salah yang ditandai dengan kegoyangan gigi. Selain itu, kegoyangan gigi juga terjadi pada jaringan periodonsium yang sehat, sehingga terjadi penurunan tinggi tulang alveolar dan pelebaran ligamentum periodontal. Keadaan ini dianggap sebagai kegoyangan yang fisiologis, yang bisa dikurangi sesuai penyesuaian oklusi dan belat.

Pada perawatan periodontal, splint biasanya digunakan keadaan kegoyangan gigi akibat berkurangnya tinggi tulang alveolar. Pada prinsipnya kegoyangan gigi disebabkan oleh 2 faktor, meliputi berkurangnya jaringan pendukung gigi dan terjadinya pelebaran ligamentum periodontal. Metode splint yang dilakukan tidak membantu menyembuhkan struktur jaringan periodontal sehingga bila splint membuka, gigi kemungkinan masih bisa goyang. Splint ini hanya berperan sebagai terapi penunjang pada perawatan penyakit periodontal. 

Bila kegoyangan gigi disebabkan oleh oklusi traumatik, maka terapi oklusal merupakan tindakan yang wajib dilakukan pertama kali. Selanjutnya kegoyangan memastikan agar menentukan kegoyangan berkurang sebelum belat dilakukan. Akan tetapi bila disebabkan oleh penyakit periodontal, maka inflamasi harus dikontrol sebelum memutuskan penggunaan belat, oleh karena itu inflamasi dapat menghasilkan kegoyangan pada kondisi tekanan oklusal yang normal dan dukungan periodontal normal. 

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *