My Blog

Perawatan Gigi Goyang Splinting Bogor Paling Mudah 2022

Perawatan Gigi Goyang Splinting Bogor

Perawatan gigi goyang splinting bogor
Perawatan gigi goyang splinting bogor

 

Perawatan Gigi Goyang Splinting Bogor

globalestetik-ads.com – Perawatan gigi dengan prognosis buruk adalah tantangan dalam kedokteran gigi. Replantasi yang dilakukan terlebih dahulu, prosedur yang dapat diterima dengan melakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu, membersihkan gigi, membersihkan soket, kemudian memasukkan kembali ke dalam soket gigi. Perawatan ini dilakukan pada gigi dengan lesi endo perio, pada prognosis buruk, memiliki malformasi bagian akar gigi seperti radicular groove, dan juga pilihan perawatan ketika perawatan konvensional tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Perawatan gigi goyang bogor splinting – Replantasi Perawatan adalah kontraindikasi jika terdapat penyakit yang ditandai dengan perawatan kegoyangan gigi, keterlibatan furkasi atau peradangan gingiva, tetapi pada beberapa penelitian menunjukkan keberhasilan replantasi. Replantasi yaitu prosedur mengekstraksi secara atraumatik dan memasukkan kembali pada soket gigi segera setelah perawatan endodontik dan perbaikan apikal yang dilakukan di luar rongga mulut.

Perawatan ini adalah suatu pilihan perawatan saat perawatan yang gagal atau tidak mungkin dapat dilakukan. Replantasi diindikasikan untuk menangani kasus-kasus seperti lesi endodontik-periodontik, atau gigi yang keterlibatan furkasi dengan prognosis buruk.

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Anak-anak yang mengalami gigi goyang ditemukan normal karena ini menunjukkan bahwa susunya akan segera tanggal dan gigi ditunjukkan oleh gigi dewasa atau gigi permanen.Tidak banyak orang yang tahu bahwa gigi utuh yang terlepas dapat dipasang kembali. Biasanya, kita langsung pasrah apabila hal tersebut terjadi dan berakhir dengan gigi yang menjadi ompong. Atau, berakhir dengan pemakaian gigi palsu atau pemasangan gigi implan yang merepotkan dan mahal harganya.

Kejadian gigi terlepas sering terjadi pada anak-anak usia 6-13 tahun, serta orang dewasa pada kisaran usia 24-30 tahun. Aktivitas di luar rumah seperti melakukan kegiatan olahraga, bermain sepeda, serta kecelakaan kendaraan merupakan penyebab utama terjadinya trauma gigi. Gigi yang paling sering terlepas akibat trauma ini merupakan gigi tetap seri rahang atas.

Perawatan gigi goyang splinting bogor
Perawatan gigi goyang splinting bogor

Periodontitis  merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan periodontal gigi, periodontitis sering kali disebabkan oleh  karang gigi . sesuatu yang menderita Periodontitis umumnya tidak merasakan sakit. Meski begitu, proses perjalanan  Periodontitis  kronis bisa berlangsung lama. Melalui metode splinting, diharapkan gigi dapat kencang kembali. Namun, tentu saja, keberhasilan ini sangat mengagumkan pada sisa tulang yang tersedia. Berbeda jika tulang masih tersisa setengahnya, maka dokter akan mengupayakan untuk mempertahankan gigi agar tidak goyang.

Perawatan Gusi & Gigi Goyang

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Selain gigi berlubang, gigi goyang juga menjadi masalah umum yang biasa ditemui di masyarakat. Pada gigi yang goyang, terletak pada gusi serta jaringan sekitarnya. Gigi yang goyang dapat dirawat sehingga tidak harus dicabut pada kondisi tertentu. Untuk itu, sebaiknya periksakan gigimu yang goyang ke dokter spesialis periodonsia yaitu dokter yang menangani pegangan gusi. Beberapa perawatan gusi dan jaringan sekitar gigi yang dapat dilakukan meliputi:

  • Belat 

Gigi yang goyang dapat disambungkan dengan gigi-gigi sebelahnya yang masih kuat sehingga masih bisa dipertahankan di rongga mulut

  • kuret 

Gigi goyang yang disebabkan oleh gusi yang bermasalah dapat diatasi dengan perawatan kuret gusi dan infeksi pada gusi dan akar gigi

  • Beda tutup

Pada kasus infeksi yang dalam, infeksi wajib dihilangkan dengan perawatan bedah yaitu bedah flap pada gusi

  1. mengangkat gusi

Perawatan ini dilakukan agar perbaikan gigi dengan mengangkat dan membentuk gigi yang lebih simetris dan alami.

Apakah gigi goyang dapat kembali normal? 

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Jawabannya tergantung penyebab gigi goyang dan derajat keparahannya. sebagian kasus dapat ditangani dengan baik dan membuat gigi Anda tidak utuh, sementara sebagian lagi mungkin tidak dapat meningkatkan dan membuat Anda menjadi ompong.

Perawatan gigi goyang splinting bogor
Perawatan gigi goyang splinting bogor

Penyebab gigi goyang

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Anak-anak yang mengalami gigi goyang ditemukan normal karena ini menunjukkan bahwa segera pada tanggal dan gigi ditunjukkan oleh gigi dewasa atau gigi permanen. Namun, pada kasus orang dewasa gigi goyang bukan hal yang normal. Berikut ini merupakan penyebab gigi goyang pada orang dewasa dan kemungkinannya untuk kembali normal.

  • penyakit gusi

Penyakit merupakan penyebab gigi goyang yang paling umum. Penyakit gusi yang paling banyak yaitu karang gigi yang menumpuk hingga ke dalam gusi atau jaringan periodontal. Karang gigi ini akan mendorong dan mengikis tulang periodontal guna menopang gigi sehingga tidak ada lagi tulang yang menyokong gigi. Biasanya, dengan melakukan beberapa perawatan, gigi goyang dapat kembali normal. Beberapa pilihan perawatannya meliputi scaling, root planing , dan splinting.

  • Kehamilan

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Anak-anak yang mengalami gigi goyang ditemukan normal karena ini menunjukkan bahwa susunya akan segera tanggal dan gigi ditunjukkan oleh gigi dewasa atau gigi permanen.Tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon, merupakan dengan membuat hormon progesteron dan estrogen meningkat. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit gusi, salah satunya yaitu gigi goyang. Kasus gigi goyang pada ibu hamil masalah serius dan tidak memerlukan penanganan khusus. Hal yang paling penting agar dilakukan menjaga kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah penyakit gusi.

  • trauma

Trauma goyang, jatuh, atau dipukul yang dapat menyebabkan gigi patah dan goyang. Selain itu, kebiasaan buruk menggertakkan gigi akibat stres juga menjadi penyebab gigi goyang tanpa disadari. Jika hal ini terjadi, harus segera mengunjungi dokter gigi. Semakin cepat kasus gigi goyang yang diakibatkan oleh trauma yang ditangani oleh dokter gigi, kemungkinan gigi kembali normal dapat semakin besar.

  • Kondisi medis dan obat-obatan

Terdapat beberapa kondisi medis yang membuat seseorang lebih rentan mengalami gigi goyang, yaitu diabetes, HIV, dan osteoporosis. Selain itu, konsumsi obat-obatan, seperti fenitoin pada kejang, juga dapat menyebabkan gigi goyang. Dengan membuat penyakit tersebut terkontrol agar dapat mengurangi kondisi yang goyang.

Perawatan gigi goyang splinting bogor - Anak-anak yang mengalami gigi goyang ditemukan normal karena ini menunjukkan bahwa susunya akan segera tanggal dan gigi ditunjukkan oleh gigi dewasa atau gigi permanen.
Perawatan gigi goyang splinting bogor – Anak-anak yang mengalami gigi goyang ditemukan normal karena ini menunjukkan bahwa susunya akan segera tanggal dan gigi ditunjukkan oleh gigi dewasa atau gigi permanen.

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Perawatan gigi goyang splinting bogor – Setiap kasus memiliki cara agar mengatasi gigi goyang yang berbeda. Namun, secara umum upaya mengatasi gigi goyang ada dua macam, yaitu tanpa operasi dan dengan operasi.

  • Tanpa operasi

Cara mengatasi gigi goyang tanpa operasi adalah dengan karang gigi, baik yang di atas gusi, maupun yang di gusi. Pembersihan karang gigi di atas gusi atau scaling, sementara yang di bawah gusi disebut root planing. Cara kedua yaitu dengan splinting, splinting umum digunakan pada gigi yang goyang akibat trauma. Gigi yang goyang dapat dilakukan fiksasi kepada gigi sebelahnya yang tidak goyang dengan tujuan utama gigi tersebut.

  • Operasi

Operasi pada jaringan gusi biasanya dilakukan untuk mengatasi gigi goyang dengan kerusakan jaringan penopang yang parah, meskipun sudah dibersihkan, jaringan pendukungnya tidak mencukupi. Salah satu operasinya yaitu bone grafting , masukkan jaringan tulang sintetis atau alami untuk mengganti jaringan tulang pendukung gigi yang hilang. Tindakan yang sesuai dengan kasus gigi perlu dengan dokter gigi yang merawat Anda. Jika gigi goyang tidak bisa menarik dan harus dicabut, gigi dapat diganti dengan gigi tiruan atau implan gigi.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda ke dokter ggi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *