My Blog

Informasi Lengkap Cabut Gigi Bungsu Bogor 2022

Cabut Gigi Bungsu Bogor

Cabut gigi bungsu bogor
Cabut gigi bungsu bogor

 

Cabut Gigi Bungsu Bogor

Apakah gigi bungsu itu?

globalestetik-ads.com Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga yang terakhir tumbuh dan terletak di paling belakang. Biasanya gigi bungsu tumbuh pada seseorang di akhir usia belasan tahun atau di awal usia 20. Pada rahang atas maupun rahang bawah sering kali tidak terdapat ruang yang cukup untuk gigi bungsu agar dapat tumbuh dengan baik. Kondisi ini biasa disebut dengan impaksi.

Diagnosa gigi bungsu

Cabut gigi bungsu bogor – Adanya gigi bungsu disebabkan oleh ketidaktersediaannya ruang pada rahang dan gusi sebagai tempat tumbuhnya gigi geraham. Dokter gigi atau dokter bedah mulut dapat memberikan evaluasi kondisi gigi dan mulut untuk menentukan apakah masih ada ruang untuk gigi bungsu tumbuh dan apakah gigi bungsu mengalami impaksi atau tidak. Biasanya dokter akan menanyakan seputar gejala dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Kemudian dokter melakukan pemeriksaan kondisi gigi dan gusi serta melakukan rontgen gigi yang dapat mengungkapkan adanya gigi impaksi atau tidak.

Mengapa gigi bungsu harus dibuang?

Cabut gigi bungsu bogor – Gigi bungsu pada umumnya akan menyebabkan beberapa masalah apabila tidak tumbuh dengan baik pada gusi. Alasan pentingnya harus membuang gigi bungsu adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya pembusukan

Lidah, bakteri, dan partikel sisa-sisa makanan dapat terkumpul di sekitar gigi bungsu. Posisi gigi bungsu biasanya tumbuh dengan melintang atau miring sehingga memudahkan ludah, bakteri, dan sisa makanan terperangkap dan sulit dibersihkan. Hal ini akan menyebabkan gigi tetangga membusuk dan terjadi infeksi. Jika demikian tentunya, pasien akan merasa sakit.

  • Terjadinya infeksi gusi atau perikoronitis

Saat gigi bungsu mengalami erupsi sebagian, makanan dan berkumpul di sekitar gusi dan menyebabkan terjadinya infeksi. Hal ini juga akan menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, rasa sakit, pembengkakan, dan ketidakmampuan untuk buka mulut penuh atau trismus. Jika dibiarkan, infeksi akan menyebar luas hingga mencapai pipi dan leher. Jika ini terjadi, masalah berikutnya yang lebih berbahaya bisa saja muncul.

Cabut gigi bungsu bogor
Cabut gigi bungsu bogor
  • Adanya rasa sakit akibat tekanan

Rasa sakit yang bisa terjadi akibat gigi bungsu yang mendorong gigi di sebelahnya. Dalam beberapa kasus dapat menyebabkan erosi gigi. Erosi gigi adalah atau terkikisnya enamel lapisan pelindung gigi. serangan zat atau tekanan yang terjadi terus menerus sehingga menyebabkan rasa sakit dan sensitivitas pada gigi.

  • Alasan Ortodontik

Munculnya gigi bungsu dapat menyebabkan gigi bergeser, terutama gigi bagian depan. Hal tersebut dapat menyebabkan perawatan ortodontik menjadi sia-sia.

  • Alasan gigi palsu

Gigi bungsu yang tumbuh dan berkembang di bawah gigi palsu dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, gigi bungsu harus dibuang. Jika telah dibuang, pasien harus menggunakan gigi palsu yang baru karena bentuk gusi telah berubah.

  • Adanya kista

Kista atau kantong berisi cairan dapat berkembang dari jaringan lunak di sekitar gigi bungsu yang mengalami impaksi. Lebih jauh, kista dapat menyebabkan kerusakan tulang, mengganggu posisi gigi, dan merusak gigi. Kista penting sekali untuk dibuang agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, tumor dapat tumbuh di antara kista dan menyebabkan tulang rahang patah apabila kista berkembang lebih besar.

Kapan waktu yang paling tepat untuk menghapus atau membuang gigi bungsu?

Cabut gigi bungsu bogor – Gigi bungsu sebaiknya dicabut atau dibuang pada seseorang saat berusia 14 sampai dengan 22 tahun. Meskipun belum menyebabkan masalah, gigi bungsu harus dicabut. Pada rentang usia tersebut, proses pembedahan relatif lebih mudah dilakukan dan proses penyembuhan pun akan berlangsung lebih cepat. Proses yang dilakukan pada usia pasien 20 tahun tentunya akan lebih mudah jika dibandingkan dengan pembedahan yang dilakukan pada usia pasien 40 tahun.

Cabut gigi bungsu bogor
Cabut gigi bungsu bogor

Bagaimana prosedur pembedahan gigi bungsu dilakukan?

Sebelum melakukan operasi gigi bungsu, dokter akan menyuntikan obat bius terlebih dahulu di area gusi yang bermasalah. Obat bius ini akan membuat gusi menjadi kebas atau mati rasa, sehingga pasien tidak akan merasa sakit selama prosedur berlangsung.

Secara umum, terdapat tiga jenis obat bius yang digunakan dokter ketika melakukan prosedur pembedahan. Penggunaannya tergantung pada seberapa rumitnya impaksi gigi yang terjadi. Berikut jenis obat bius yang biasa digunakan saat operasi gigi geraham bungsu.

  • Anestesi lokal, diberikan dengan cara menyuntikkan satu atau lebih pada titik dekat gigi yang akan dicabut. Selama proses penarikan pasien akan tetap terjaga. Meskipun pasien akan merasakan tekanan dan pergerakan saat proses operasi, pasien tidak akan merasakan rasa sakit selama operasi impaksi gigi.
  • Anestesi sedasi, diberikan melalui tetesan di lengan pasien. Anestesi sedasi akan menekan kesadaran pasien, sehingga memiliki ingatan dan kesadaran yang terbatas selama proses penarikan. Pasien pun tidak akan merasakan sakit dan nyeri selama operasi impaksi gigi.
  • Anestesi umum, diberikan jika situasi yang terjadi mendesak. Pasien mungkin akan menikmati obat melalui hidung dan mendapatkan efek juga di lengan. Ketika diberikan anestesi ini, pasien akan hilang kesadaran sehingga tidak merasakan sakit. Tim dokter akan melakukan pemantauan untuk pengobatan, pernapasan, suhu, cairan dan tekanan darah pasien.

Cabut gigi bungsu bogor – Setelah diberikan obat bius, dokter akan menyayat gusi pasien selebar yang dibutuhkan. Kemudian dokter akan mengangkat bagian tulang rahang yang menahan pertumbuhan gigi geraham bungsu. Saat gigi berhasil dicabut, pasien akan mengalami pendarahan pada area sekitar gusi. ini adalah hal yang normal terjadi dan akan cepat mereda.

Setelah gigi berhasil dicabut, selanjutnya dokter akan menutup luka sayatan dengan jahitan dan lubang bekas gigi dengan kain kasa. Dokter biasanya akan meminta pasien untuk menggigit kain kasa tersebut selama kurang lebih satu jam agar terbentuk darah bekas lubang gigi yang telah dicabut.

Apa yang dapat terjadi setelah proses pembedahan gigi bungsu dilakukan?

Beberapa hari setelah dilakukan proses pembedahan pada gigi bungsu biasanya akan terjadi pembengkakan di area sekitar gigi bungsu yang telah dicabut. Hal yang penting dan perlu diperhatikan pasien adalah pasien harus mengikuti setiap institusi yang diberikan oleh dokter. Misal saja dalam cairan pembersih mulut atau obat kumur untuk mempercepat proses penyembuhan.

Kemudian atas saran dokter juga tentunya, pasien dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dapat meredakan rasa nyeri dan rasa sakit yang dirasakan pasien. Selain itu, sebaiknya pasien juga tetap tenang dan rileks selama 24 jam untuk mencegah terjadinya perdarahan. Dalam beberapa hari setelah pembedahan dilakukan, yaitu kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak. Pasien harus tetap konsisten dalam merawat luka,

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *