My Blog

Daftar Biaya Operasi Gigi Bungsu Bogor Mulai dari 1 Jutaan

Biaya Operasi Gigi Bungsu Bogor

biaya operasi gigi bungsu bogor
biaya operasi gigi bungsu bogor

 

Biaya Operasi Gigi Bungsu Bogor

globalestetik-ads.com Gigi geraham bungsu atau lebih dikenal gigi bungsu termasuk ke dalam rangkaian gigi terakhir yang tumbuh dan letaknya paling belakang. pertumbuhan gigi bungsu sering kali terasa sakit dan nyeri karena tumbuhnya gigi sering merobek bagian gusi. Masalah lainnya, gigi bungsu sering tumbuh ke arah yang tidak menentu sehingga dapat menyebabkan masalah lebih lanjut pada gigi dan mulut seseorang.

Gangguan pada gigi bungsu dapat menimbulkan rasa nyeri hingga pembengkakan pada gusi. Gigi bungsu biasanya tumbuh pada usia-usia awal dewasa. Karena itu, umumnya kondisi gangguan pada gigi bungsu yang dialami oleh orang-orang pada rentang usia 17–24 tahun. Solusi untuk munculnya gigi bungsu dapat dilakukan dengan tindakan operasi, seperti pencabutan gigi bungsu. Berikut informasi biaya operasi gigi bungsu di berbagai rumah sakit dan klinik di Indonesia.

Operasi Gigi Bungsu

Biaya operasi gigi bungsu bogor – Operasi pencabutan gigi bungsu, sering dikenal dengan istilah odontektomi, memiliki prosedur yang sedikit berbeda dengan pencabutan gigi lainnya. Posisi gigi bungsu yang berada di bagian paling belakang dan tumbuh dengan tidak teratur membuat prosedur menjadi lebih sulit.

Perbedaan biaya operasi gigi bungsu dipengaruhi oleh faktor kondisi gigi bungsu pasien yang menentukan tingkat kesulitan tindakan operasi serta tempat dokter praktik yang menyelenggarakan tindakan operasi. Untuk mengetahui kisaran besar biaya operasi gigi bungsu di berbagai rumah sakit dan klinik, simak rincian berikut ini.

Wilayah Klinik atau Rumah Sakit Kisaran Biaya Operasi Gigi Bungsu
Jakarta Pusat Rp1.800.000—Rp4.900.000 
Jakarta Barat Rp1.000.000—Rp4.200.000 
Jakarta Timur Rp1.000.000—Rp4.000.000 
Jakarta Selatan Rp2.000.000—Rp4.200.000 
Jakarta Utara Rp900.000—Rp6.800.000 
Bogor Rp900.000—Rp3.300.000 
Depok Rp2.000.000—Rp5.000.000 
Tangerang Rp1.100.000—Rp6.500.000 
Bekasi Rp1.400.000—Rp4.800.000 
Bandung Rp1.800.000—Rp8.100.000 
Surabaya Rp3.100.000—Rp5.000.000 

 

Biaya operasi gigi bungsu bogor – Perlu diketahui bahwa harga di atas merupakan kisaran biaya operasi gigi bungsu, bukan harga yang pasti dan tetap. Sebab, terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi besarnya biaya operasi gigi bungsu, seperti rumah sakit atau klinik, jenis tindakan, dan faktor pendukung lainnya. Untuk mengetahui biaya operasi gigi bungsu secara pasti, sebaiknya kunjungi fasilitas kesehatan yang akan melayani operasi tersebut.

biaya operasi gigi bungsu bogor
biaya operasi gigi bungsu bogor

Apakah biaya operasi gigi bungsu dapat ditanggung BPJS?

Biaya operasi gigi bungsu bogor – Tindakan operasi gigi bungsu atau odontektomi termasuk dalam prosedur perawatan dan penanganan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Pastikan Anda terdaftar sebagai peserta BPJS dan memeriksa kondisi terlebih dahulu di fasilitas kesehatan tingkat 1, yaitu puskesmas atau klinik.

Terdapat Kriteria khusus untuk faskes tingkat 1 yang dapat dijadikan tempat untuk memeriksakan gigi, yakni harus memiliki dokter gigi, laboratorium, bidan atau perawat, serta sarana penunjang lainnya. 

Jika faskes tingkat 1 yang datang tidak memiliki fasilitas lengkap untuk pemeriksaan gigi, Anda perlu datang ke klinik dokter yang membuka praktik perorangan atau juga dokter umum yang bekerja sama dengan layanan BPJS Kesehatan.

Setelah kondisi gigi memeriksa bungsu, dokter akan memberikan hasil diagnosis dan tidaknya tindakan operasi gigi bungsu. Setiap kali dokter memberikan rekomendasi operasi, Anda akan mendapatkan referensi surat yang dapat digunakan untuk operasi gigi bungsu yang harus ditanggung BPJS Kesehatan tanpa biaya lagi.

Operasi Persiapan Gigi

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum tindakan operasi dilakukan. Persiapan ini juga termasuk dalam rangkaian pemeriksaan awal untuk mendapatkan diagnosis akhir sebelum operasi dijalankan. Berikut persiapan yang dilakukan pasien sebelum menjalani operasi gigi bungsu.

biaya operasi gigi bungsu bogor
biaya operasi gigi bungsu bogor
  • Melakukan Rontgen Gigi

Pasien akan dimintai dokter untuk melakukan rontgen gigi di laboratorium yang memenuhi syarat. Tujuan rontgen gigi adalah untuk mengetahui kondisi gigi pasien secara keseluruhan. 

Dengan hasil rontgen gigi, dokter dapat melihat dengan jelas posisi gigi dan saraf-saraf di sekitarnya yang akan dioperasi. Hal itu dapat membantu dokter menentukan posisi gigi yang akan dicabut dengan akurat serta tidak membahayakan saraf gigi.

  • Melakukan Konsultasi 

Setelah melakukan rontgen gigi, Anda bisa mendatangi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Saat konsultasi, Anda dapat menyampaikan berbagai keluhan dan keresahan yang dirasakan terkait dengan kondisi gigi bungsu.

  • Menyampaikan Rekam Medis

Dalam sesi konsultasi, Anda juga dapat menyampaikan rekam medis. Sebab, terdapat beberapa penyakit yang mungkin dapat mengganggu proses operasi gigi bungsu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal ginjal kronis, diabetes, tiroid, dan penyakit lainnya. Jika demikian, dokter akan melakukan diagnosis dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan operasi.

Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Biaya operasi gigi bungsu bogor – Pada umumnya, durasi operasi gigi bungsu dilakukan sekitar 30-60 menit.Lamanya durasi operasi bergantung pada kondisi gigi bungsu pasien dan tingkat kesulitan operasi. Setelah tiga tahapan pemeriksaan di atas dilalui, Anda akan menjalani tahapan prosedur operasi gigi bungsu. Tahapan prosedur operasi gigi bungsu tersebut sebagai berikut.

  • Proses Pembiusan

Sebelum praktik bedah dilakukan, Anda akan terlebih dahulu menjalani proses pembiusan pada gusi tempat gigi bungsu berada. Dengan pembiusan, nyeri ketika operasi dilakukan, tingkat rasa dan sakit dapat diminimalisasi. Pembiusan pada tindakan operasi gigi bungsu dapat dilakukan dengan bius total maupun lokal.Hal tersebut ditentukan berdasarkan jumlah gigi yang akan dihilangkan serta tingkat kesulitan posisi gigi bungsu. Jika posisi gigi bungsu berada pada posisi yang dapat mengganggu jaringan lainnya seperti lidah dll, maka perlu dilakukan bius total. 

Anestesia atau bius total pada operasi gigi bungsu dilakukan dengan penyuntikan 2 macam obat.Tujuan pembiusan ini untuk merilekskan otot tubuh dan membuat efek tidur. Selanjutnya, alat bantu pernafasan seperti pemasangan selang ke paru kemudian pemasangan oksigen dan gas bius dengan mesin untuk menjamin dosis obat, kecepatan udara, banyaknya oksigen yang masuk, dan respon pernafasan ditubuh pasien.

Anda tidak perlu khawatir, tingkat keberhasilan bius total ini sangat tinggi. Akan tetapi, perlu diketahui, bius total dapat membahayakan terutama pada penderita gangguan asma, infeksi saluran nafas, penyakit jantung, ginjal, diabetes dan hipertensi.Penggunaan bius lokal pun dapat menimbulkan risiko seperti perasaan tidak tenang, masih merasakan sakit,

  • Proses Operasi Bedah Gigi

Setelah menjalani proses pembiusan, dokter bedah akan memulai prosedur operasi gigi bungsu dengan prosedur sebagai berikut.

Dokter akan melakukan proses penyayatan pada bagian gusi untuk membuka akses bagi gigi bungsu keluar. Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan pengikisan tulang pendukung gigi atau tulang alveolar agar gigi dapat lebih mudah dicabut. Selanjutnya, dokter bedah akan mengeluarkan atau mengeluarkan gigi bungsu.

Setelah gigi berhasil tercabut, dokter akan membersihkan bagian tempat dicabutnya gigi. Jika dibutuhkan, dokter juga akan menjahit bagian-bagian gusi yang dirasa perlu untuk menutup lebih rapat lukanya. Langkah terakhir, dokter akan memeriksa area bekas pencabutan gigi bungsu dengan kain kasa dan memastikan kondisi luka telah bersih.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *