My Blog

Operasi Gigi Bungsu BPJS Bogor Gratiss!! 0 Rupiah

Operasi Gigi Bungsu BPJS Bogor

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor
Operasi gigi bungsu BPJS Bogor

 

Operasi Gigi Bungsu BPJS Bogor

globalestetik-ads.com Operasi gigi bungsu yang bisa ditanggung BPJS? Tindakan odontektomi atau operasi gigi bungsu termasuk dalam prosedur perawatan dan pengobatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Akan tetapi, pastikan Anda harus terdaftar terlebih dahulu sebagai peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa gigi di fasilitas kesehatan tingkat pertama, yaitu puskesmas atau klinik yang Anda pilih saat melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN.

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor – Terdapat kriteria khusus yang harus dimiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama agar dapat dijadikan tempat untuk memeriksakan gigi. Yaitu fasilitas kesehatan harus memiliki dokter gigi dan laboratorium yang memadai. Jika fasilitas kesehatan tingkat pertama yang Anda datangi tidak lengkap untuk memenuhi syarat pemeriksaan gigi, Anda bisa datang ke klinik dokter gigi atau dokter umum yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor Setelah memeriksa kondisi gigi bungsu, dokter akan menambahkan hasil diagnosis dan keterkaitan perlu tidaknya melakukan operasi gigi bungsu. Jika dokter memberikan rekomendasi kepada Anda untuk melakukan operasi, maka dokter akan memberikan surat rujukan yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan operasi tanpa biaya. Sebab semua biaya menjadi tanggungan BPJS Kesehatan.

Prosedur operasi gigi bungsu dengan BPJS Kesehatan

Jika Anda pengguna kartu BPJS Kesehatan, disarankan untuk tidak bertanya saat ingin melakukan berbagai macam penanganan kesehatan. Kemudian jangan langsung datang ke rumah sakit karena pasien BPJS harus membawa surat rujukan dari faskes (fasilitas kesehatan) terlebih dahulu, seperti puskesmas atau klinik. Untuk mendapatkan surat rujukan, sebaiknya datang ke faskes tempat-tempat Anda terdaftar sepagi mungkin, mengingat poli biasanya membatasi setiap hari. Hal ini dikarenakan beberapa tindakan pada pasien yang dapat memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, agar mendapatkan antrean, lebih baik jika Anda datang sepagi mungkin.

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor
Operasi gigi bungsu BPJS Bogor

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor – Untuk mendapatkan surat rujukan, Anda harus diperiksa lebih dulu oleh dokter gigi di faskes pertama, seperti puskesmas atau klinik. Jika memang harus dilakukan operasi, maka dokter akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit. Setelah memiliki surat rujukan, lalu fotokopi ijazah lengkap dengan KTP dan kartu BPJS.

Berbekal surat rujukan, Anda bisa datang ke rumah sakit yang ditunjuk. Sesampai di rumah sakit, bisa langsung ke daftar untuk pasien baru dan memberikan dokumen pengantar yang sudah disiapkan. Sampai pada tahap itu, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Kemudian, Anda harus menunggu untuk diperiksa lagi oleh dokter. Usahakan untuk datang ke rumah sakit rujukan sepagi mungkin, karena bisa jadi antrean khusus BPJS juga dibatasi jamnya.

Setelah mendapatkan antrean dan menyerahkan dokumen syarat pendaftaran, petugas akan memanggil nama Anda untuk masuk ke ruangan dokter. Setelah diperiksa dokter, mungkin Anda akan diminta untuk foto rontgen terlebih dahulu. Foto rontgen untuk pasien BPJS juga tidak dikenakan biaya. Selesai foto rontgen, tunggu hasil sebentar lagi dan bawa lagi ke ruangan gigi gigi.

Berdasarkan hasil foto rontgen yang dilihat oleh dokter yang dilakukanlah tindakan. Dokter akan membuatkan jadwal Anda untuk operasi. Jadwal jadwal dokter, atau sesuai kesepakatan bersama. Pada beberapa orang, setelah diperiksa dan ditentukan tanggal operasinya, dokter memberikan resep obat yang harus dikonsumsi sebelum operasi sebagai pereda rasa nyeri dll. Bagi pemakai kartu BPJS, Anda tinggal memberikan resep ke bagian farmasi tanpa diharuskan membayar. 

Selanjutnya, sebelum dilakukan operasi, Anda akan diukur tensi darahnya dan persetujuan untuk dilakukan operasi. Kemudian, Anda akan diminta untuk masuk ke ruangan bedah gigi dan mulut. Di dalam ruangan, tersedia tersedia berbagai macam alat yang dibutuhkan untuk operasi. Anda akan diberikan terlebih dahulu. Pada tahap ini sebaiknya Anda tidak terlalu takut atau tegang. Karena hal tersebut mungkin dapat membuat Anda merasakan pusing atau gemetar sebelum operasi dimulai. 

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor
Operasi gigi bungsu BPJS Bogor

Saat tindakan operas, dokter akan menyayat gusi Anda. Kemudian gigi Anda akan dibor agar dapat diangkat. Lalu, tempat gigi yang diangkat tadi akan dijahit agar rapat kembali. Anda tidak perlu khawatir, karena proses ini dilakukan yang profesional, yang memahami tentang operasi bedah mulut sehingga aman. Untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi, disarankan untuk tidak makan makanan yang panas dan menghindari berkumur. Namun, hal-hal yang harus dihindari atau dilakukan pasien bisa saja berbeda, tergantung pada rekomendasi dari dokter yang menangani operasi.

Risiko dan perawatan pasca operasi gigi bungsu

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor – Operasi gigi bungsu, sebagaimana prosedur operasi lainnya tentunya memiliki risiko. Risiko dan cara perawatannya dapat disimak sebagai melalui informasi berikut.

  • Munculnya rasa nyeri pasca operasi adalah hal yang wajar terjadi. Dokter umumnya akan memberikan obat pereda nyeri kepada pasien. bagaimana Anda meminum obat ini beberapa jam sebelum efek penggunaan obat bius hilang, sehingga Anda tidak akan merasakan sensasi yang hebat.
  • Kondisi pendarahan juga mungkin akan terjadi setelah operasi. Pada beberapa kasus, pendarahan dapat berlangsung sampai 48 jam operasi. Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin untuk menemukan pendarahan menggunakan kain kasa. Tips lainnya, Anda juga dapat menggunakan kantong teh yang lembap untuk mempercepat pembekuan darah.
  • Pembengkakan pada area bekas operasi gigi bungsu biasanya baru akan sembuh setelah 2 atau 3 hari pasca operasi. Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak, berikan kompres air es pada area bekas operasi selama kurang lebih 20 menit. Kamu dapat melakukan kompres secara berkala hingga bengkak dapat menghilang.
  • Kondisi mual setelah mengalami pendarahan dan meminum obat nyeri juga dapat terjadi pada pasien operasi gigi bungsu. Untuk menghilangkan rasa mual, Anda dapat mengonsumsi makanan yang tidak diperlukan sebelum dan sebelum minum obat. 
  • Selanjutnya, kondisi bibir kering juga kerap terjadi pada pasien pasca-operasi gigi bungsu. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat mengoleskan pelembap bibir.
  • Kondisi terakhir yang dapat terjadi pada pasien pasca operasi gigi bungsu adalah rasa sakit di tenggorokan. Meski jarang, kondisi tenggorokan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman karena sulit menelan makanan. Kondisi ini tidak perlu mendapatkan perawatan khusus, karena Anda cukup mengonsumsi banyak air putih dan alam beberapa hari rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya.

Tips menjaga kesehatan Gigi Agar terhindar dari Biaya Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu BPJS Bogor – Mengonsumsi makanan maupun minuman sehat tidak hanya akan menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat membantu memperkuat dan menyehatkan gigi Anda. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi gigi dan tentunya dapat menghindarkan Anda dari penyakit gigi.

Beberapa sumber makanan yang dapat menyehatkan gigi, di antaranya teh hijau, susu dan yoghurt, keju, buah-buahan, sayuran, seledri, biji wijen, dan makanan sumber protein lainnya. Selain itu, bagi Anda yang menyukai permen, maka dapat mencoba mengonsumsi permen karet tanpa gula. Manfaat mengonsumsi permen ini salah satunya, air liur yang dihasilkan akan terstimulasi dan dapat menghilangkan bakteri dari dalam mulut. Mulai sekarang, yuk perhatikan kesehatan gigi Anda.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *