My Blog

Biaya Cabut Gigi Bungsu Bogor di Bawah 1 Juta

Biaya Cabut Gigi Bungsu Bogor

Biaya cabut gigi bungsu bogor
Biaya cabut gigi bungsu bogor

 

Biaya Cabut Gigi Bungsu Bogor

globalestetik-ads.com Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh pada seseorang di penghujung usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Adanya gigi bungsu biasanya menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri ini muncul jika tidak ada ruang tersisa pada gusi yang bisa ditempati oleh gigi bungsu. Tidak ada ruang tersisa pada gusi membuat gigi bungsu akan terhimpit, muncul sebagian saja, atau tumbuh di bagian sudut gusi.

Biaya cabut gigi bungsu bogor – Gigi geraham bungsu pada dasarnya tidak memiliki fungsi spesifik di rongga mulut. Namun apabila pertumbuhannya sedikit saja, gigi bungsu sudah dapat menjadi sumber masalah. Itulah sebabnya dokter sering menyarankan agar gigi bungsu dicabut saja. Tetapi, sebagian orang masih banyak yang mungkin ragu karena biaya cabut gigi bungsu yang umumnya cukup tinggi. Apalagi tindakan yang dilakukan dengan operasi. Berapakah biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi gigi bungsu?

Biaya cabut gigi bungsu tentunya berbeda dari cabut gigi biasa sebab prosedur yang dilakukan juga berbeda. Posisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau bahkan sampai benar-benar melintang di gusi, membuat prosedur penarikan menjadi lebih sulit. Hal-hal tersebut benar-benar membutuhkan kejelian dan ketelitian dokter gigi. Dalam dunia kedokteran gigi, proses dan tindakan pencabutan gigi bungsu yang dikenal dengan istilah odontektomi. Pada kasus-kasus gigi bungsu ringan, pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan oleh dokter gigi umum.Tetapi, jika posisi gigi bungsu cukup sulit untuk dikeluarkan, maka peran dokter gigi spesialis bedah mulut dibutuhkan untuk melakukan operasi pada gusi.

Biaya cabut gigi bungsu bogor
Biaya cabut gigi bungsu bogor

Biaya cabut atau operasi gigi bungsu

Biaya cabut gigi bungsu bogor – Seperti halnya biaya perawatan gigi lainnya, biaya cabut gigi bungsu tarif yang berbeda-beda.Perbedaan tergantung dari tingkat kesulitan kasus, lokasi tempat praktik dokter gigi, serta faktor-faktor yang mengikuti lainnya.

Saat ini biaya cabut gigi bungsu atau operasi rata-rata dipatok sekitar Rp2.500.000 sampai Rp5.000.000 per gigi, jika dilakukan di klinik gigi swasta atau rumah sakit tertentu. Sementara itu, biaya pencabutan fasilitas bungsu yang dilakukan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), umumnya lebih murah yaitu Rp500.000 sampai Rp1.000.000 per gigi.

Besarnya biaya tersebut belum termasuk biaya rontgen gigi panoramik, di mana sebelum pencabutan gigi bungsu pasti dilakukan rontgen terlebih dahulu. Jika demikian biaya yang dikeluarkan berbeda, tergantung pada laboratorium masing-masing. Namun, umumnya harga rontgen panoramik berkisar antara Rp150.000 sampai Rp300.000 ribu per satu kali foto.

Selanjutnya harga pencabutan gigi bungsu oleh dokter gigi umum juga berbeda dari praktik dokter gigi spesialis bedah mulut. Sehingga sebelum menyetujui untuk melakukan prosedur pencabutan biaya, jika Anda bertanya mengenai yang akan dikeluarkan. Hal itu agar tidak tiba-tiba kaget saat harus membayar setelah perawatan selesai.

Semakin aneh posisi tumbuhnya gigi, maka akan semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan untuk. Hal lain yang juga menentukan biaya adalah faktor penyulit lainnya. Semakin banyak faktor penyulit pencabutan atau operasi, maka biaya yang perlu dikeluarkan akan semakin tinggi.

Biaya cabut gigi bungsu bogor
Biaya cabut gigi bungsu bogor

Faktor penyulit yang biasanya muncul adalah:

  • Gigi bungsu rapuh sehingga sulit dikeluarkan dari gusi.
  • Posisi gigi bungsu terlalu dekat dengan saraf lain yang berada di rahang bawah, seperti saraf untuk lidah, bibir, dan bibir. Dengan demikian, saat proses penarikan berlangsung, ada risiko kemungkinan terjadi kerusakan saraf.
  • Gigi geraham, yang berada di depan geraham bungsu, memiliki posisi miring sehingga membuat akses untuk mengeluarkan atau mengeluarkan gigi bungsu menjadi lebih sempit dan sulit.
  • pasien memiliki riwayat penyakit hipertensi, jantung, diabetes maupun penyakit kronis lainnya.

Penyakit-penyakit tersebut masuk sebagai faktor penyulit tindakan pencabutan atau operasi dapat membuat risiko komplikasi saat dan karena proses penarikan, seperti pendarahan dan infeksi bertambah.

Biaya cabut gigi bungsu bogor – Setelah proses penarikan dilakukan, dokter gigi akan memberikan resep obat yang akan membantu proses penyembuhan agar kondisi pasien berjalan dengan baik. Biaya untuk menebus obat biasanya juga berdasarkan jenis obat yang diresepkan dokter.

Mengapa gigi bungsu harus dicabut?

Biaya cabut gigi bungsu bogor – Jika pertumbuhan gigi bungsu sudah menimbulkan berbagai keluhan seperti timbulnya rasa, baru hingga bengkak dan kondisi bernanah, segeralah periksa penyakit tersebut ke gigi. Saat gigi masih terasa nyeri dan infeksi masih berlangsung, dokter biasanya tidak akan langsung mengobati gigi bungsu, tetapi infeksinya terlebih dahulu sampai benar-benar sembuh. Kemudian setelah sembuh, barulah pencabutan gigi bisa dilakukan.

Namun kebanyakan, sebagian orang tidak kembali lagi ke dokter gigi setelah nyeri dan infeksinya hilang. Padahal, cabut gigi bungsu tetap harus dilakukan. Beberapa hal yang menjadi kenyataan adalah:

  • Jika gigi bungsu tidak dicabut, infeksi pasti akan terjadi lagi. 

Setelah diberi obat, infeksi memang akan sembuh. Namun, jika sumber infeksinya tidak dihilangkan, infeksi ini tentunya akan terus kembali. Dengan demikian gigi bungsu tetap harus dicabut atau dihilangkan.

  • Dapat membahayakan kesehatan gigi-gigi di sekitarnya.

Gigi bungsu yang tumbuh miring atau juga disebut sebagai impaksi dapat membuat sisa makanan jadi lebih mudah tertinggal dan sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya plak dan bakteri yang akan merusak gigi bungsu dan gigi-gigi yang berada di sekitarnya.

Gigi yang berada di sebelah gigi bungsu bisa menjadi berlubang dan sakit. Begitu juga dengan jaringan pipi yang jadi mudah terluka, apabila posisi gigi bungsu tumbuh miring ke arah arah.

  • Dapat merusak tulang rahang

Gigi impaksi yang dibiarkan tumbuh juga bisa menjadi pemicu kerusakan tulang rahang. Pada beberapa kasus, gigi bungsu yang posisinya miring dan tertanam di dalam gusi, lama-lama bisa terbungkus oleh kantung berisi cairan yang nantinya akan berkembang menjadi kista. Kista tersebut, jika dibiarkan tumbuh akan merusak gigi, jaringan di sekitar gigi, maupun tulang rahang dan tulang alveolar atau tulang pendukung gigi. 

  • Gigi bungsu bisa membuat susunan gigi di tempatkan untuk dikosongkan.

Gigi bungsu yang tumbuh miring, bisa bertindak sebagai pendorong gigi-gigi yang berada di bawah. Lama-lama, susunan acara yang mengubah dan mengubah posisi menjadi berantakan.

  • Dapat mengancam kesehatan gusi.

Gigi bungsu apabila tertanam dalam gusi akan tetap memaksa untuk keluar dari gusi, sehingga hal tersebut menyebabkan gusi terbuka dan timbulnya rasa nyeri. Posisi gigi yang miring juga akan menjadi perangkap untuk bakteri. Jika demikian tentunya bakteri akan membuat gusi rentan mengalami infeksi. Saat infeksi terjadi, gusi bisa bengkak, berdarah, bahkan bernanah. Hal itu tentunya akan berbahaya bagi penderita dan harus segera mendapatkan tindakan medis.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *