My Blog

Prosedur Scaling Gigi Depok Paling Aman No 1

Scaling Gigi Depok

Scaling gigi depok
Scaling gigi depok

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Karang gigi adalah kotoran pada gigi yang terbentuk dari kumpulan plak yang menempel pada gigi atau sela – sela gigi dan terdiri dari banyak lapisan kemudian menjadi lengket dan mengering, dalam jangka waktu tertentu plak gigi yang dibiarkan tersebut tentunya dapat berubah menjadi lebih keras dan memiliki pori dan berwarna gelap hingga berwarna hitam.

Scaling gigi depok – Karang gigi yang dibiarkan saja tentunya akan mengganggu penampilan seseorang dan akan berakibat buruk bagi kesehatan rongga mulut seseorang. Seyogyanya, banyak cara – cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terbentuknya karang gigi, tetapi sering kali diabaikan oleh banyak orang dan dianggap sepele seperti karang gigi dapat timbul bahkan di sela – sela gigi yang tidak terjangkau oleh penglihatan, sehingga memungkinkan gigi hanya dilakukan di bagian yang mudah terjangkau saja.

Hal yang selanjutnya sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah tidak gigi terlebih dahulu sebelum tidur, hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap gigi yang jika dibiarkan menempel pada gigi akan berubah menjadi lebih lengket dan sulit untuk dibersihkan pada akhirnya dapat memicu timbulnya karang .

Karang gigi dapat timbul di berbagai kalangan usia, mulai dari usia anak – anak, usia dewasa hingga pada usia lanjut. Bahkan beberapa orang tidak menyadari bahwa di dalam rongga mulut terdapat karang yang tidak terjangkau oleh penglihatan mata, hal tersebut karena karang berada pada sela – sela gigi dan bahkan bisa di area bawah gigi atau gigi.

Scaling gigi depok
Scaling gigi depok

Jenis Karang Gigi

Scaling gigi depok – Karang gigi sendiri dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni karang gigi subgingival dan karang gigi supragingival. Karang gigi subgingival adalah karang gigi yang terbentuk di bagian bawah gigi yang langsung dengan gusi atau lebih tepatnya di bawah garis gusi. Karang gigi subgingival cenderung cenderung berwarna hitam pekat dan bertekstur keras yang dapat melukai dan menginfeksi gusi. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan gusi menjadi bernanah

Selain itu karang gigi subgingival, tentunya dapat memicu penyakit pada gigi dan dapat mengakibatkan ompong, hal ini karena secara otomatis akan memberikan pertahanan diri berupa penemuan gigi yang mengandung sumber bakteri yang berada pada karang gigi tersebut.

Jenis karang gigi yang selanjutnya adalah karang gigi supragingival, jenis karang gigi ini masih lebih mudah dibersihkan untuk dibersihkan dibandingkan jenis karang gigi subgingival karena bentuk karang gigi jenis ini akan tetap dan belum sepenuhnya berubah tekstur menjadi keras.

Akan tetapi, jenis karang pada jenis ini dapat memicu terjadinya peradangan pada gusi, hal ini biasanya kita jumpai dengan tanda – tanda gusi yang berdarah ketika gigi bahkan dengan perlahan. Baik karang gigi subgingival dan supragingival tentunya semua orang tidak memiliki karang gigi yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. 

Perawatan Karang Gigi

Scaling gigi depok – melakukan perawatan secara mandiri tentunya akan lebih maksimal jika tetap melakukan pemeriksaan berkala kepada dokter gigi yakni setiap 6 bulan sekali. Hal ini sangat disarankan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan menghindari kondisi – kondisi yang dapat memicu kerusakan gigi yang tidak disadari oleh orang awam dan tanpa peralatan khusus yang dapat dijangkau secara keseluruhan.

Timbulnya karang yang sudah bertekstur dan memiliki warna yang cenderung lebih gelap hingga mencapai warna hitam pekat tentu tidak dapat diatasi secara mandiri baik dengan gigi atau bahkan dengan mencongkelnya sendiri, hal tersebut harus dihindari untuk terjadinya infeksi lebih lanjut di rongga mulut . Pada masalah yang demikian, wajib datang ke dokter gigi untuk melakukan perawatan karang gigi dengan menggunakan metode scaling gigi.

Scaling gigi depok
Scaling gigi depok

Scaling gigi depok – Scaling gigi sendiri merupakan sebuah metode untuk membersihkan karang gigi yang sudah menempel pada gigi dengan cara merontokkan karang gigi tersebut dengan alat yang bernama ultrasonic scaler. Metode scaling ini merupakan sebuah metode pemeriksaan gigi tanpa yang aman untuk dilakukan di berbagai usia, tetapi biasanya akan terjadi beberapa operasi scaling gigi dapat terjadi pembengkakkan pada gusi, ini merupakan efek samping dari melakukan scaling.

Anda juga tidak perlu khawatir karena scaling gigi juga tidak menimbulkan kerusakan pada email gigi, sehingga akan menjaga menjaga bentuk dan kesehatan email gigi. Scaling gigi sendiri merupakan sebuah metode untuk membersihkan karang gigi yang sudah menempel pada gigi dengan cara merontokkan karang gigi tersebut dengan alat yang bernama ultrasonic scaler.

Metode scaling ini merupakan sebuah metode pemeriksaan gigi tanpa yang aman untuk dilakukan di berbagai usia, tetapi biasanya akan terjadi beberapa operasi scaling gigi dapat terjadi pembengkakkan pada gusi, ini merupakan efek samping dari melakukan scaling. Anda juga tidak perlu khawatir karena scaling gigi juga tidak menimbulkan kerusakan pada email gigi, sehingga akan menjaga menjaga bentuk dan kesehatan email gigi. Scaling gigi sendiri merupakan sebuah metode untuk membersihkan karang gigi yang sudah menempel pada gigi dengan cara merontokkan karang gigi tersebut dengan alat yang bernama ultrasonic scaler.

Prosedur melakukan scaling gigi 

Scaling gigi depok – Beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan perawatan scaling gigi adalah sebagai berikut.

  • Pertama kali yang dilakukan oleh dokter sebelum memulai proses scaling gigi adalah pembiusan local pada rongga mulut, hal ini ditujukan untuk menghilangkan nyeri pada saat proses scaling gigi dilakukan.
  • Setelah pembiusan lokal, proses scaling gigi mulai dilakukan pada gigi dengan menggunakan ultrasonic scaler yang memanfaatkan getaran untuk merontokkan karang gigi yang menempel pada gigi atau sela – sela gigi.
  • Setelah karang gigi rontok akibat getaran alat ultrasonic scaler, dokter gigi akan membersihkan sisa karang gigi yang masih menempel pada gigi atau sela gigi secara manual yang tidak terjangkau oleh alat scaling gigi tersebut.
  • Kemudian pasien akan lebih disarankan untuk berkumur sebanyak beberapa kali dengan tujuan untuk membersihkan gigi secara keseluruhan dengan membuang sisa-sisa karang yang masih berada di rongga mulut.
  • Proses yang terakhir adalah pemolesan pada gigi yang telah discaling dengan menggunakan alat pemoles khusus untuk gigi yang ujungnya terdapat karet yang lembut agar tidak merusak email gigi.

Jika Anda memiliki gigi yang cenderung bersifat seperti karang gigi supragingival memiliki tekstur yang bagus untuk penanganannya dapat dilakukan secara mandiri di rumah seperti gigi kurang lebih sebanyak 3 kali dalam sehari, melakukan gigi dengan menggunakan dental floss yang dilanjutkan dengan berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik yang membunuh kuman dan bakteri yang berada di rongga mulut dan menghindari berbagai macam dan minuman yang dapat memicu timbulnya plak pada gigi secara berlebihan seperti permen, dan makanan yang berbahan dasar tepung. Semua hal itu tentunya harus didukung dengan melakukan pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh dokter khusus gigi baik di puskesmas.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1

( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1! 4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372  

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *