My Blog

Informasi Biaya Operasi Impaksi Gigi Bogor 2022

Biaya Operasi Imaksi Gigi Bogor

Biaya operasi impaksi gigi bogor
Biaya operasi impaksi gigi bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Operasi gigi bungsu perlu dilakukan jika posisi tumbuhnya gigi geraham bungsu menyebabkan pembukaan. Biaya operasi gigi bungsu juga berbagai di berbagai rumah sakit dan klinik di Indonesia. Gangguan pada  gigi  bungsu atau gigi geraham bungsu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman, seperti nyeri sampai membuat gusi bengkak.

biasanya kondisi ini dialami orang-orang yang berusia 17-25 tahun. Tindakan medis yaitu operasi bisa menjadi solusi untuk mengatasi gangguan gigi bungsu. biaya yang dikenakan biaya murah yang mana operasi gigi bungsu dilakukan pada dokter spesialis di rumah sakit.

Biaya operasi impaksi gigi bogor – Harga operasi gigi bungsu di rumah sakit berkisar pada Rp. 220.000 sampai lebih dari Rp. 5 juta. Tindakan medis ini terhitung mahal karena dilakukan oleh dokter spesialis yaitu dengan bantuan peralatan pendukung, seperti rontgen serta alat bedah. Tapi Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu bila memiliki asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan gigi.

Manfaat asuransi gigi akan menjamin dari mengeluarkan uang guna membayar biaya operasi gigi bungsu karena asuransi yang akan membayarnya. Perlu dicatat juga bahwa harga tersebut belum termasuk dengan biaya konsultasi, biaya beli obat-obatan,  biaya rontgen , serta rawat inap. Oleh karena itu, Anda tetap perlu mempersiapkan 20-30 persen dari perkiraan biaya sebagai pengeluaran tidak terduga.

Harga operasi gigi bungsu di Puskesmas. Selain di rumah sakit atau klinik, cabut dan operasi gigi bungsu juga dapat dilakukan di Puskesmas. Rata-rata biaya perawatan di Puskesmas cenderung lebih murah. Biaya operasi gigi bungsu di Puskesmas diperkirakan kurang lebih Rp. 500.000 hingga dengan Rp. 1 juta per gigi. Dengan demikian, semakin banyak yang dioperasi, maka harganya juga akan semakin tinggi. Keuntungannya, jika Anda melakukan operasi di Puskesmas, Anda dapat menggunakan BPJS Kesehatan untuk perawatan jadi lebih murah atau bahkan gratis sama sekali.

Biaya operasi impaksi gigi bogor
Biaya operasi impaksi gigi bogor

Apakah biaya operasi gigi bungsu dapat ditanggung BPJS Kesehatan? 

Biaya operasi impaksi bogor – Pasalnya,  BPJS Kesehatan  menanggung biaya perawatan yang mendesak dan krusial. Untuk pelayanan gigi, BPJS Kesehatan mencakup berbagai macam bentuk layanan, dan mencakup layanan pencabutan gigi. Oleh karena itu, biaya operasi gigi bungsu dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ada atau tidaknya biaya tambahan yang bisa digunakan, tergantung kebutuhan. Selain dengan BPJS Kesehatan, Anda juga dapat mengandalkan asuransi guna memanfaatkan harga operasi gigi bungsu yang umumnya tidak banyak. 

Alasan harus operasi cabut gigi bungsu

Biaya operasi impaksi gigi bogor – Ada beberapa penyebab yang membuat gigi bungsu perlu dicabut melalui metode operasi. Penyebab yang paling umum meliputi : 

  • Kondisi periodontal

Periodontal merupakan kondisi infeksi yang menyerang gusi, tulang, dan struktur-struktur lainnya di sekitar gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan radang gusi dengan gejala awal, berlanjut dengan kerusakan pada jaringan gigi.

  • Posisi tidak normal

Pada beberapa kasus, jika gigi geraham tumbuh, posisinya tidak normal. Misalnya, tumbuh mengikuti arah gigi yang lain, namun gigi bungsu ini tumbuh miring ke samping. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada mulut. Apalagi jika posisinya cukup sulit, maka tidak dapat diperbaiki dengan metode  cabut gigi bungsu tanpa operasi  biasa. Oleh sebab itu, gigi bungsi yang tumbuh secara tidak normal juga harus dicabut.

Kapan waktu yang tepat menjalani operasi gigi bungsu?

Biaya operasi impaksi gigi bogor – Keterbatasan ruang tumbuh di daerah belakang gigi menjadi risiko terjadinya ketidaksempurnaan pada pertumbuhan gigi geraham bungsu. Dampak dari gangguan ini yaitu pertumbuhan gigi bungsu yang miring ke arah yang berbeda-beda. Pada kondisi yang lebih jarang, gigi geraham dapat berisiko tidak tumbuh keluar sama sekali atau terjebak di dalam gusi. 

Biaya operasi impaksi gigi bogor
Biaya operasi impaksi gigi bogor

Gangguan medis yang disebut dengan impaksi ini memicu pemicu permasalahan pada gigi dan mulut, antara lain:

  • Infeksi di sekitar gigi bungsu

Infeksi di sekitar gigi bungsu karena posisi tumbuh gigi yang miring. Hal ini memungkinkan adanya makanan yang tersangkut pada sela-selanya. Ditambah dengan posisinya yang jauh di belakang, membersihkan gigi bungsu menjadi lebih sulit untuk meningkatkan risiko pembusukan akibat bakteri.

Hal tersbut akan meningkatkan potensi penyakit gusi, pembusukan gigi, infeksi di jaringan lunak di sekitar gigi (perikoronitis), abses gigi, infeksi lapisan dalam yang menyerang, lidah dan pipi (selulitis), atau bahkan dapat tumbuhnya kista atau tumor di gusi.

  • Rusaknya gigi geraham di jual

Gigi bungsu yang tumbuh miring dapat dengan gigi geraham di atas sulit untuk dibersihkan. Hal tersebut disebabkan gigi sulit akan mencapai sikat gigi atau benang gigi ( dental floss ) sekali pun. Kondisi gigi yang tidak bersih membuat lebih rentan mengalami  ciri-ciri gigi berlubang .

  • Pergeseran gigi di suka

Gigi bungsu yang tumbuh dengan miring dapat menyebabkan pergeseran gigi-gigi lainnya jika dibiarkan terlalu lama. Gigi bungsu dapat mendorong dorongan pada gigi-gigi lain yang bisa membuat susunan menjadi berantakan.

kondisi ini dapat mengganggu kesehatan mulut dan gigi Hal tersebut, perlu dilakukan tindakan operasi guna gigi geraham bungsu tersebut.

sebelum persiapan operasi cabut gigi bungsu

Biaya operasi impaksi gigi bogor – Sebelum melakukan tindakan operasi, akan terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Umumnya, persiapan tersebut, yaitu : 

  • Rontgen gigi

Pertama-tama, Anda akan diminta untuk melakukan rontgen. Rontgen dapat dilakukan di laboratorium maupun laboratorium pilihanmu sendiri.

  • konsultasi

Jika telah mendapatkan hasil rontgen kamu bisa datang ke dokter gigi untuk melakukan konsultasi. Pada sesi konsultasi ini, Anda bisa menyampaikan keluhan mengenai gigi bungsmu dan dokter bisa melakukan diagnosa. 

  • Riwayat medis

Pastikan Anda menyampaikan dengan jelas dan terang kepada dokter mengenai riwayat medis Anda. Hal ini disebabkan karena terdapat kondisi medis yang dapat berdampak pada saat proses operasi. Misalnya jika Anda menderita  hipertensi  atau tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit tiroid, gagal ginjal kronis, dan lain-lain. 

Efek setelah operasi gigi bungsu

Biaya operasi impaksi gigi bogor – Pasca operasi gigi bungsu, Anda mungkin tidak akan langsung merasakan pengaruh karena anestesi masih bekerja. Tapi, selang beberapa waktu, dapat saja Anda merasakan nyeri pada bagian yang sudah dijahit pasca operasi. Demikian, dokter akan memberikan obat pereda nyeri yang dapat dikonsumsi bagi pasien yang telah melalui operasi. Pada pasien anak-anak, dokter mungkin jika memberikan  obat sakit gigi anak

Selain nyeri, mungkin bagian bekas operasi juga dapat membengkak. Jika sudah demikian, maka Anda bisa mengompresnya dengan kompres dingin. Secara garis besar, pasca operasi gigi bungsu, berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan agar penyembuhan lebih maksimal:

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai arah dokter
  • Mengompres bagian pipi yang bengkak dengan kompres dingin berkala
  • minuman yang panas, minuman, berkafein, dan mengandung soda
  • Tidak minum menggunakan sedotan
  • Perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin dan lembut 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *