My Blog

JENIS BEHEL GIGI BOGOR TERBARU 2022

JENIS BEHEL GIGI BOGOR

Jenis behel gigi bogor
Jenis behel gigi bogor

Menjaga kesehatan gigi 

globalestetik-ads.com Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang penting dijaga kesehatannya. Selain dijaga kesehatannya karena merupakan bagin utama dalam mencerna makanan, juga karena mempercantik tampilan. Ada beberapa cara menjaga kesehaan gigi, maupun rongga mulut:

  • Sikat gigi dengan cara yang benar. Tidak terlalu keras karena justru akan merusak enamel yang berukuran kecil, akibat gigi aakn lebih sensitif. Dan dengan gigi dengan cara kasar akan membuat plak semakin menumpuk dan akan membuat gusi mengalami peradangan. Sikatlah gigi dengan memutar, dan juga dengan waktu sekitar dua. 
  • Sikatlah gigi secara rutin sehari dua kali. Selain gigi teratur juga untuk membersihkan lidah, karena lidah juga tempat sarang kuman.
  • Memilih pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride dapat diserap oleh tubuh dan dapat memperkuat email gigi. fluoride dapat mencegah kerusakan dan memerangi kuman secara alami.
  • Memakai benang gigi , karena gigi tidak dapat menjangkau sela gigi. Dengan menggunakan dental floss, dapat menjangkau sela-sela gigi. 
  • Berkumur dengan obat kumur, atau larutan garam. Selain mencegah sakit gigi juga dapat menghalau bau mulutkarena kandungan didalamnya dapat mengurangi pertumbuhan kuman dan juga mengurangi plak gigi.. bahkan berkumur dengan larutan garam dapat mengobati rasa sakit tenggorokan.
Jenis behel gigi bogor
Jenis behel gigi bogor
  • Mengonsumsi permen karet tanpa gula. Mengunyah permen karet dapat memperbanyak produksi air liur, yang dapat memnuh kuman , mengurangi plak pada gigi, dan mencegah lubang pada gigi. 
  • merokok, kandungan pada rokok dapat memicu kuman penyebab kanker mulut dan penyakit gusi, selain itu dapat membuat bibir merah. 
  • Memperbanyak konsumsi air putih, dapat menghasilkan efek buruk dari makanan dan minuman yang masuk dalam mulut. 
  • Membatasi makanan manis dan juga makanan asam, makanan jenis ini akan merusak enamel secara perlahan karena akan berubah menjadi asam, selain itu juga dapat membuat lubang pada gigi.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi, seperrti buah, kacang-kacangan, sayur, dan juga susu. Makanan ini dapat menurunkan kadadr resiko penyakit pada rongga mulut.
  • Kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali untuk memeriksa seluruh kosndisi gigi.  

Makanan untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut

Jenis behel gigi bogor – Selain merawt gigi dari luar, gigi juga membutuhkan perawatan dari dalam. Dalam rongg mulut terdapat 700 janis mikroba termasuk kuman seperti bakteri dan jamur. Mikroba ini ada yang menempel pada gigi, lidah dan juga sela-sela gusi. Mikroba ini terdiri dari mikroba bik dan jahat. Mikroba baik bekerja membantu mengunyah makanan dan juga melindungi gigi dan mulut dari mikroba jahat dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, pertumuhan mikroba jahat lebh mudah berkembangbiak terutama pada makanan dengan kandungan gula tinggi dan akan mengubah matriks dan asam. Matriks sendiri adalah mikroba yang menyimpan diri dengan cara membentuk lapisn lengket dan licin, mtriks ini menempel pada plak gigi. jika dibiarkan terus dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi. Jenis makanannya seperti kue, coklat, soda.

  • Kandungan makanan yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah fofor, kalsium, vitamin c. kalsium dapat meningkatkan kekuatan gigi dan juga tulang, bisa diddapatkan yogurt, keju, tahu, salmon, kacang almond. Sedangkan fosfor bisa didapatkan dari telur, ikan, daging tanpa lemak.
  • Kandungan makanan yang dapat menunjang kesehatan gusi adalah vitamin cyang bisa didaptkan pada jeruk, lemon, tomat, bayam, cabai. 
Jenis behel gigi bogor
Jenis behel gigi bogor

Jenis behel gigi 

Jenis behel gigi bogor – Jenis behel gigi yang akan dipasang disesuaikan dengan kondisi gigi pasien. Di bawah ini ada beberapa jenis kawat gigi:

  • Kawat gigi konvensional

Kawat gigi jenis ini paling banyak dipakai untuk memperbaiki kondisi gigi pasien. Pada saat awal pemasangan behel jenis ini terasa sangat berat, dan ini menandakan bahwa behel sedang berproses untuk menekan gigi agar posisi gigi pindh ke posisi seharusnya. Jenis kawat gigi ini juga lumayan efektif memperbaiki masalah pada rahang, braket giginya juga dapat dipilih sesuai keinginan pasien.

Namun jenis ini lebih sering dikeluhkan oleh pasien karena rasa sakit saat memakainya dan juga saat mengunyah makanan yang masuk. Selain itu, makanan riskan menempel di braket dan kawat. Jenis ini memerlukan waktu pemakaian antara satu sampai tiga tahun, sesuai dengan kondisi gigi pada pasien. Pemakaian jenis behel ini juga membutuhkan perawatan lebih lanjut setelah behelnya dicopot, 

  • Behel transparan atau aligner

Jenis ini adalah jenis baru dengan memanfaatkan tekhnologi 3D, jenis ini juga terbukti efektif, biasanya memerlukan waktu pemakaian tiga sampai Sembilan bulanatau bisa juga lebih lama sesuai kondisi gigi pasien. Dengan tampilan transparannya tidak akan mengganggu penampilan. Dan behel jenis ini dapat dilepas dan dipasang sesuai keinginan pasien. kelebihannya, banyak jenis ini dijual dengan harga murah namun banyak efek negatif dalam pemakaiaannya, jadi pasien harus berhati-hati memilih jenis atau tempat pemasangan behel, dan jangan lupakan simulasi sebelum dipasang. 

  • Behel gigi keramik

Jenis behel gigi ini hanya terlihat bagian kawatnya saja jadi tidak terlalu terlihat jika memakai behel. Keramik untuk braket gigi jenis ini paling banyak menggunakan warna bening atau sewarna dengan warna gigi. Namun jenis ini dapat berubah warna dengan bertambahnya waktu, dan akan lebih cepat dengan pola makan dan minum pasien yang dapt memicu timbulnya noda pada gigi. Selain itu jenis behel ini lebih mudah pecah dan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk perawatan gigi, dan biayanya pun lebih mahal. 

  • Behel gigi lingual

Jenis kawat gigi ini tidak terlihat dari luar karena dipasang di bagian belakang atau bagiian dalam gigi. jenis ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan behel gigi jenis biasa, namun dengan harga yang lebih mahal dari behel gigi jenis metal dan jenis keramik. Namun jenis behel ini kurang cocok untuk pasien dengan bentuk gigi kecil, karena menahan lidah. Setelah perawatan gigi jenis lingual ini selesai akan dilanjutkan dengan perawatan retainer. Pemasangan retainer bertujuan untuk menjaga posisi gigi setelah pemasangan behel. 

  • Behel gigi self ligating (damon)

Jenis behel ini memiliki tampilan sama dengan jenis behel konvensional, terletak pada karet elastis seperti pada jenis behel lainnya, namun klip yang bertujuan menahan posisi kawat baja pada masing-masing braket. Dan klip ini juga meminimalisir gangguan dan juga dapat memudahkan pasien gigi. Kelebihan jenis behel ini juga terletk pada rasa sakit yang lebih ringan dari jenis lainnya, dan juga dengan pilihan braket keramik ata transparan yang tidak akan terlalu mengganggu penampilan.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KSTubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682!

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *