My Blog

Perapi Gigi Depok Kualitas Terbaik No 1

Perapi Gigi Depok

Perapi gigi depok
Perapi gigi depok

 

Perapi Gigi Depok

globalestetik-ads.com – Memiliki gigi yang rapi tentunya impian setiap orang. Sejak masa kanak-kanak kesadaran memiliki gigi rapi belum begitu tumbuh. Namun menginjak masa remaja dan dewasa, rasa ingin memiliki gigi rapi menjadi keinginan yang kuat, terlebih kondisi saat ini gigi yang dimiliki belum diatur secara rapi. Sebelum mengetahui cara-cara untuk merapikan gigi dengan perapi gigi maupun cara lain, sebaiknya perhatikan penyebab dan akibat dari gigi yang tidak rapi berikut.

Beberapa Penyebab Gigi Menjadi Tidak Rapi

Perapi gigi depok Penyebab gigi menjadi tidak rapi di antaranya:

  • Kebiasaan Pada Waktu Kecil

Gigi tidak rapi biasanya disebabkan oleh kebiasaan sejak waktu kecil, karena pembentukan gigi permanen terjadi setelah masa ini. Kebiasaan yang terjadi pada saat bayi yaitu penggunaan dot. Ukuran dan bentuk yang kurang fleksibel menjadi penyebab gigi tumbuh kurang rapi. Selain itu, kebiasaan jari, menjulurkan lidah dan kebiasaan makan dengan makanan tertentu (keras dan besar) juga mendorong tumbuhnya gigi tidak rapi.

  • Gigi yang rusak

Gigi rusak akibat berlubang yang tidak ditangani dengan baik akan menjadi copot karena membusuk pada masa usia setelah kanak-kanak. Rusaknya gigi menyebabkan gigi lain yang berada di sampingnya akan tumbuh menyamping pada area gigi yang kosong. Kondisi tidak seimbangnya area kosong ini penyebab gigi dapat tumbuh tidak rapi. Di sisi lain, gigi yang berhadapan pada atas atau bawah gigi yang rusak akan tumbuh lebih panjang karena area akan tumbuh lebih longgar.

Perapi gigi depok
Perapi gigi depok
  • Pergeseran Gigi

Semakin bertambahnya usia dan kebiasaan cara makan, semakin lama gigi bisa bergerak dan bergeser dari posisi semula. Pergeseran dapat terjadi akibat tekanan gigi bawah dan atas. Bertemunya kedua gigi tersebut menyebabkan tekanan pada jaringan pengikat gigi yang terletak di bawah gigi tempat gigi menempel dengan kuat. Semakin sering terjadi tekanan pada gigi bawah dan atas, ligamen atau jaringan pengikat gigi penyokong menjadi longgar. Tidak rapatnya jaringan ini semakin terjadi karena intensitas semakin lama mengikuti bertambahnya usia menyebabkan gigi dapat bergeser dengan mudah.

  • Faktor Keturunan Atau Genetik

Gigi yang kurang rapi akibat dari keturunan atau genetik dengan bentuk menonjol ataupun masuk ke dalam, rahang yang tidak sejajar, dapat terjadi dengan sendirinya. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan bagaimana dengan kondisi posisi gigi mulai dari orang tua sampai dengan kakek nenek. Hasil pemeriksaan bisa dijadikan acuan sebagai dasar perawatan dan penanganan kasus untuk mencegah terjadinya gigi yang tidak rapi. Sebaiknya bisa dikonsultasikan dengan dokter gigi terpercaya untuk langkah yang tepat selanjutnya. 

  • Kebiasaan Tanpa Disadari

Pada kondisi tertentu, seseorang memiliki kebiasaan yang tanpa disadari sering terjadi. Kondisi ini bisa terjadi saat tidur malam ataupun tertidur pada siang hari. Yaitu kondisi ketika seseorang sering menggesekkan dengan kuat seperti mengunyah makanan (menggeretakkan) antara gigi atas dengan bawah. Kondisi ini terjadi tanpa alasan dan penyebab yang jelas ketika tertidur. Pada bahasa medis kondisi ini disebut sebagai bruxism dengan penyebab tanpa disadari dan merupakan sebuah gangguan tidur. Ada yang memperkirakan bahwa kondisi ini bisa terjadi karena kelelahan aktivitas sebelum tidur, kebiasaan mendengkur, dan gangguan psikologis seseorang.

Perapi gigi depok
Perapi gigi depok

Beberapa Efek Samping Akibat Dari Gigi Tidak Rapi

Perapi gigi depok – Beberapa masalah bisa muncul dan dirasakan akibat gigi tidak tertata dengan rapi. Akibat negatif yang utama sering muncul selain dari faktor estetika kurang baik, yaitu bentuk atau struktur gigi yang tidak rapi menyebabkan beberapa area dari gigi sulit dijangkau saat menggosok gigi. Jika ini terjadi dalam kurun waktu yang lama, menyebabkan terbentuknya plak karena penumpukan kotoran pada dinding gigi. Pada kasus yang parah penumpukan plak dan kotoran dapat merusak gigi dan menjadi penyakit pada gusi. Selain itu bisa menyebabkan gigi berlubang, kerusakan lapisan gigi, dan infeksi pada gusi disertai dengan gusi berdarah.

Gigi yang tidak rapi juga menyebabkan seseorang mengalami kesulitan waktu berbicara dan mengunyah makanan, rahang menjadi tegang, gigi retak, hingga gangguan syaraf hingga terasa sakit pada kepala. Gigi tidak rapi juga menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri seseorang karena terlihat kurang estetik. Maka konsultasikan segera ke dokter gigi spesialis jika gigi tidak  rapi dan menimbulkan beberapa masalah akibatnya. Dari hasil pengamatan dan diagnosa maka dokter bisa memberikan rekomendasi untuk langkah penanganan gigi yang tidak rapi. 

Beberapa Cara Untuk Merapikan Gigi ( Perapi Gigi )

Perapi gigi depok – Cara untuk merapikan gigi berbagai macam metodenya. Cara satu dengan yang lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya faktor harga sering menjadi alasan utama seseorang memutuskan untuk menggunakan cara yang dipilih. Berbagai fariasi harga mulai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta dapat ditemui. Selain faktor harga, kepraktisan dan cara penggunaan juga menjadi alasan berikutnya untuk memutuskan pilihan yang digunakan. Metode dan peralatan perapi gigi diantaranya sebagai berikut :  

  • Kawat Gigi atau Behel Gigi

Permasalahan ortodontik terutama gigi yang tidak rapi biasanya dilakukan perawatan yang populer menggunakan behel gigi atau kawat gigi. Alat ini berfungsi sebagai perapi gigi. Behel akan merapikan sturktur gigi dengan cara menekan gigi sesuai dengan jalur yang dikehendaki. Kawat gigi ini sebagai perapi gigi yang berantakan, digunakan pada jangka 6 bulan hingga beberapa tahun, mengikuti progress hasil yang sudah terlihat.

Perapi gigi depok
Perapi gigi depok
  • Plastik Retainer 

Pilihan ke dua selain pemasangan menggunakan behel yaitu menggunakan retainer. Perapi gigi metode ini merupakan prosedur kosmetik gigi untuk mengubah susunan gigi yang kurang sempurna. Gigi bertumpuk, tidak beraturan, hingga bentuk susunan gigi yang tonggos atau maju kedepan merupakan beberapa masalah gigi yang kurang rapi. 

Perkembangan teknologi pada dunia kedokteran gigi memberikan berbagai kemajuan cara perapi gigi, salah satunya yaitu retainer gigi. Retainer gigi berbentuk menyerupai pemutup gigi, terbuat dari bahan bening berupa plastik tipis. Terdapat beberapa jenis yaitu permanen yang tidak bisa dicopot pasang, dan tidak permanen. Pemakaian retainer biasanya digunakan pada malam hari saat tidur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemakaian hingga di atas enam bulan. 

  • Alat Aligner 

Perapi Gigi Depok – Alat aligner ini mirip dengan retainer. Yaitu alat untuk penyangga gigi dari bahan plastik bening dengan bentuk dan ukuran untuk dipasang pada gigi. Berfungsi utama sebagai perapat susunan gigi yang kurang beraturan. Gigi yang kurang rapi (miring ke depan / belakang, samping) akan mengalami tekanan pada plastik untuk bergeser sesuai bentuk susunan gigi yang rapi. Aligner untuk perapi gigi harus dicopot sewaktu makan dan menyikat gigi. Untuk hasil yang maksimal penggunaan penuh saat tidur malam hari. Kebersihan alat ini menjadi tanggung jawab sendiri bagi penggunanya. 

Apabila anda berencana untuk memilih salah satu cara merapikan gigi di atas,  pastikan dokter gigi yang dipilih telah mengambil spesialis ortodontik untuk melakukan prosedur perawatan sebagai perapi gigi anda. Dokter spesialis ortodontik khusus menangani estetika rahang, wajah dan susunan gigi yang terbiasa dengan kasus gigi yang kurang rapi maupun tidak sejajar. Pada umumnya, dokter gigi, sebagai dentist atau ortodontis sudah terstandarisasi sehingga pilihan yang terbaik dapat menyelesaikan gigi yang kurang rapi dengan maksimal dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8 !1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga, Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *