My Blog

KAWAT GIGI DEPOK : TUJUAN HINGGA HARGA 2022

KAWAT GIGI DEPOK

Kawat gigi depok
Kawat gigi depok

Kawat Gigi Depok

globalestetik-ads.com Kawat gigi atau kita sebut dengan behel merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendapatkan susunan gigi yang ideal. Kawat gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan pada gig iuntuk secara perlahan memberikan pergerakan gigi ke posisi idealnya. Menurut cara penggunaanya kawat gigi dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis kawat gigi permanen yang tidak bisa dilepas pasang dan jenis kawat gigi yang tidak permanen atau lepasan yang bisa dilepas pasang.

Tujuan Pemasangan Kawat Gigi

Kawat gigi depok- Tujuan pemasangan kawat gigi bisa berbagai macam seperti :

  • Alasan Kesehatan

Alasan kesehatan pada hal tersebut adalah karena susunan gigi yang tidak ideal menjadi tempat penumpukkan yang akhirnya menimbulkan penyakit pada gigi dan mulut. Selain itu juga fungsi pada pengunyahan akan mengurangi efektivitasnya sehingga dalam jangka panjang akan mengakibatkan masalah pada pencernaan. Susunan gigi yang tidak ideal juga dapat membuat komunikasi menjadi terganggu karena artikulasi kata yang kurang jelas.

  • Alasan Estetika

Terlepas dari alasan kesehatan, paling sering dari beberapa alasan utama pemasangan kawat gigi adalah alasan estetika. Dengan susunan gigi yang ideal orang yang menggunakan kawat gigi akan tampil lebih percaya diri dalam mendukung segala aktivitasnya dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Usia Boleh Gps Kawat Gigi

Kawat gigi depok-  Usia yang tepat untuk melakukan pemasangan kawat gigi.

Pada umumnya, potensi dari permasalahan perkembangan rahang dan gigi sudah dapat diketahui sejak dini yaitu 7 tahun. Namun untuk waktu yang ideal untuk melakukan perawatan pemasangan kawat gigi adalah pada usia anak 12-13 tahun ketika dalam masa pertumbuhannya.

Kawat gigi depok
Kawat gigi depok

Bagian Penyusun Kawat Gigi

Kawat gigi depok- Bagian dari penyusunan kawat gigi, tersusun dari beberapa bagian seperti berikut ini :

  • Bracket yang terhubung dengan Bands atau dilem langsung pada gigi yang bekerja untuk memegang Archiwer pada tempatnya
  • Molar Band yaitu berbentuk cincin metal yang biasanya akan dipasang pada bagian gigi belakang yang diperuntukan untuk meningkatkan kekuatan jika diperlukan.
  • Archiwere bekerja untuk mengikat semua Bracket dan sebagai penyalur tenaga tenaga untuk menggerakkan gigi ketempat idealnya. 
  • Ligature berfungsi untuk mengikat bagian Archiwere pada bagian Bracket. Dapat juga menggunakan bahan karet elastis ataupun kawat ulir.
  • Elastic hook dan Rubber Band bekerja untuk menggerakkan gigi ke posisi pada akhirnya.

Perawatan Kawat Gigi

Kawat gigi depok – perlu kita ketahui, dalam pemasangan kawat gigi. Kita juga harus mengetahui sistem waktu perawatan kawat gigi. Lamanya waktu pearawatan kawat gigi itu sendiri sangat bervariasi dari satu pasein dengan pasien yang lainnya, tergantung seberapa tingkat kesulitan yang dialami oleh pasien. Pada umumnya untuk kategori yang tidak terlalu sulit perawatan kawat gigi hanya membutuhkan waktu 23 bulan saja, dengan menghitung dari beberapa faktor yang terjadi diantaranya sebagai berikut ini : 

  • Jenis kawat gigi yang digunakan
  • Usia pada si pasien
  • Kondisi pada gigi si pasien
  • pada Kerjasama pasien.
Kawat gigi depok
Kawat gigi depok

Jenis Kawat Gigi

Kawat gigi depok-  Ada beberapa jenis kawat gigi yang perlu diketahui untuk melakukan tindakan pemasangan kawat gigi. 

Jenis kawat gigi itu sendiri ada beberapa yaitu seperti berikut :

  • Kawat Gigi Permanen

Kawat gigi permanen terdiri dari beberapa jenis yakni sebagai berikut :

  • Kawat Gigi Metal ( Braches Logam )

Kawat gigi metal ini adalah salah satu kawat gigi yang paling populer digunkan dengan ciri karet yang berwarna warni. Kawat gigi ini meliputi bracket dan kawat( wire) yang terbuat dari bahan metal yang anti karat dan karet yang berwarna warni beertujuan untuk mengikat kawat pada bracket. Kawat gigi ini jenis yang paling populer karena paling murah.

  • Kawat Gigi Keramik ( Kawat Gigi Keramik )

Kawat gigi ini hampir sama dengan kawat gigi metal. Yang membedakan hanya dari warna braket dan kawat (wire)menyerupai warna gigi,bahan yang digunakan untuk braket adalah keramik. Kawat gigi ini lebih mahal dari kawat gigi metal, karena memang dari segi bahannya lebih bagus dari kawat gigi metal. 

  • Kawat Gigi Lingual ( Kawat Gigi Lingual )

Kawat gigi ini merupakan kawat gigi yang meliputi bracket dan kawat (wire) yang dipasang pada permukaan gigi di bagian dalam. Jadi kawat gigi ini tidak terlihat dari luar.

  • Self Ligating Kawat Gigi

     

Kawat gigi ini merupakankawat gigi permanen yang paling nyaman digunakan dan tidak menimbulkan rasa sakit pada gigi. Karena pergerakan kawat gigi ini berbeda dengan kawat gigi lainnya,rasa sakit yang ditimbulkan jauh lebih minim.

  • Kawat Gigi Lepasan

Jenis kawat gigi terdiri dari beberapa yakni sebagai berikut :

  • Gaji

Retainer merupakan jenis kawat gigi lepas yang biasanya digunakan untuk menjaga menjaga keidealan gigi setelah kawat gigi permanen sudah bisa dilepas. Retainer juga biasanya digunakan pada anak sebagai perawatan ringan agar gigi tetap lebih rapi.

  • Invisalign 

Invisalign merupakan jenis kawat gigi lepasan yang paling terbaru berbentuk seperti beton gigi dan berwarna bening. Sehingga ketika menggunakan kawat gigi ini tampak seperti tidak menggunakan kawat gigi. Namun dari segi harga kawat gigi masih tergolong sangat mahal dibandingkan dengan kawat gigi lainnya.

Biaya Kawat Gigi

Kawat gigi depok – Perlu diketahui untuk segi biaya pemasangan kawat gigi bervariasi dari setiap individu. Tergantung dari jenis bahan, dan jenis kawat gigi nya itu sendiri. Biaya pemasangan kawat gigi di rumah sakit swasta di Indonesia dimulai dari kisaran harga Rp.6000.000- hinga lebih dari Rp.15.0000.000 . Biaya pasang behel yang perlu anda ketahui sebagai berikut:

  • Biaya Pasang Behel di Puskesmas

Biaya pemasangan behel dipuskesmas jauh lebih mudah karena tidak terlalu membutuhkan banyak komponen. Perlu diketahui pemasangan di puskesmas memang prosedur yang aman, namun tetap memiliki risiko atau efek samping, risiko tersebut juga dapat berupa jangka panjang dan jangka pendek. Biayanya mencapai Rp.2 juta hingga Rp.2,5 juta. Besaran biaya pemasangan dipuskesmas tersebut dapat dipengaruhi oleh kerumitan dan kesulitan pemasangannya. selain itu tidak ditanggung oleh BPJS meskipun biaya pemasangannya bertujuan untuk kesehatan.

  • Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi

memastikan biaya pemasangan kawat gigi di dokter gigi akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan kawat gigi di puskesmas. Setiap jenis kawat gigi tersebut juga memiliki keunggulan masing-masing, seperti pada tingkat kenyamanan serta kemamampuannya dalam merapikan gigi. Dibawah ini terdapat beberapa rangkuman biaya pasang kawat gigi didokter gigi yaitu sebagai berikut :

Jenis kawat gigi                                  Harga

Logam Konvensional                Rp.4000.000

Keramik Konvensional           Rp6.000.000

Batu Safir Konvensioanl        Rp.8.000.000

Metal Self Ligating                    Rp.12.000.000

Membersihkan Self Ligating          Rp.17.000.000

Sebagai tambahan informasi, biasanya beberapa dokter gigi sering memberikan promo berupa potongan harga pemasangan kepada para pasiennya. Dengan adanya promo tersebut sangat membantu soal biaya pemasangan kawat gigi di dokter gigi.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* 

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8 !1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *