My Blog

Gigi Palsu Permanen Depok : Jenis Hingga Resiko 2022

Gigi Palsu Permanen Depok

Gigi palsu permanen depok
Gigi palsu permanen depok

 

Gigi Palsu Permanen Depok

globalestetik-ads.com Gigi palsu atau gigi tiruan memiliki fungsi beragam yang berperan untuk menggantikan yang hilang. Selain dapat memengaruhi penampilan seseorang, tidak memiliki gigi atau  ompong , faktanya juga bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman hingga kesulitan untuk mencerna makanan. Secara umum, gigi palsu yang dibuat bersifat permanen bisa dikenakan dalam jangka waktu panjang. 

Gigi palsu permanen depok – Ada beberapa jenis gigi palsu yang perlu diketahui. Pemasangan salah satu alat bantu ini juga harus disesuaikan dengan kondisi mulut serta kebutuhan pasien. Penasaran apa saja jenis-jenis gigi pengganti yang tersedia dan dapat Anda gunakan? Temukan jawabannya di artikel berikut! 

Jenis Gigi Palsu Secara Umum 

Ada berbagai macam jenis gigi pengganti yang tersedia dan bisa Anda gunakan. Biasanya, pemilihan jenis gigi ini akan disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah gigi yang sudah copot atau hilang. Secara umum, ada beberapa jenis gigi palsu yang perlu diketahui, seperti: 

  • Gigi Palsu sebagian 

Jenis gigi palsu sebagian digunakan untuk mengganti satu atau beberapa  gigi  yang hilang. Biasanya, gigi palsu ini dipasangkan dengan cara menggunakan gigi atau gusi sekitar yang masih sehat pengait logam. 

  • Gigi Palsu Atas 

Jenis gigi palsu ini terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Gigi palsu berguna untuk mengganti deret gigi bagian atas dan biasanya ditempelkan atau di bagian atas.

  • Gigi Palsu Bawah 

Seperti gigi atas, gigi palsu bawah berguna untuk “menambal” deret gigi bawah. Jenis gigi palsu di bawah ini dipasang dengan cara membaca ke  gusi  bawah. 

  • Gigi Palsu Lengkap 

Gigi palsu ini digunakan ketika gigi atas dan bawah perlu dicabut. Selain itu, jenis palsu ini juga bisa berguna untuk digunakan gigi palsu yang sudah lama terpakai. 

  • Gigi Tiruan Segera 

Gigi palsu gigi tiruan langsung merupakan jenis gigi palsu lengkap. Gigi palsu ini biasanya bisa langsung dipasang setelah gigi asli dicabut. 

Gigi palsu permanen depok
Gigi palsu permanen depok

Ada dua jenis gigi palsu permanen yang bisa anda pilih:

sebuah. Implan Gigi Palsu (implan gigi)

Pada gigi palsu implan, gigi palsu akan dipasang pada skrup implan yang sudah ditanam ke dalam tulang rahang, melalui prosedur operasi. Pengunaan gigi palsu ini adalah untuk mengganti satu gigi atau semua gigi yang hilang.

b. Gigi Palsu Jembatan

Gigi palsu ini berguna untuk memanfaatkan salah satu gigi geraham bawah. Jenis gigi palsu jembatan sering disebut sebagai gigi tiruan cekat (GTC). GTC dimasukan ke dalam gigi palsu permanen karena akan direkatkan secara permanen pada gigi-gigi di sebelahnya. 

Sebagai contoh: Jika ada satu gigi geraham yang hilang dan akan diganti gigi palsu jembatan, gigi palsu jenis ini akan berbentuk tiga gigi berjejer. Satu gigi di tengahnya akan berbentuk gigi utuh sebagai pengganti gigi geraham yang hilang. Sementara itu, dua gigi yang ada di sampingnya akan direkatkan secara permanen di sebelah gigi geraham yang hilang.

Manfaat Implan Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen depok – Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan implan gigi palsu permanen:

  • Tahan lama

Menanam  gigi palsu bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan gigi palsu. Dengan perawatan rutin yang baik, daya tahan implan gigi bisa mencapai seumur hidup.

  • Lebih mudah dipakai saat mengunyah

Implan gigi palsu permanen akan memudahkan anda untuk mengunyah makanan. Hal ini mengingat gigi palsu permanen akan bekerja seperti gigi asli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya pergeseran gigi.

  • membantu kesulitan bicara

Gigi palsu selain implan lebih berisiko bergeser atau terlepas. Saat sedang berbicara, hal ini membuat suara yang keluar akan terdengar tidak jelas. Implan gigi dapat membuat seseorang berbicara dengan lancar tanpa khawatir gigi terlepas.

  • Kesehatan gigi lebih terjaga

Secara umum, pemakaian implan gigi dianggap lebih mampu menjaga  kesehatan mulut . keuntungan ini dengan penempatan pemasangan gigi yang tidak memerlukan pengurangan gigi normal di sebelahnya. Penempatan gigi ini juga tidak menutup akses antar gigi, sehingga anda akan lebih mudah menjaga kebersihan pada masing-masing gigi.

  • peningkatan rasa percaya diri

Tetap pancarkan senyum indah menggunakan dengan implan gigi. Implan gigi dapat memunculkan gigi Anda yang hilang dengan tepat. Sehingga proporsi mulut tetap terjaga, karena implan gigi dirancang agar terlihat dan terasa seperti gigi asli.

  •  Kenyamanan tetap terjaga

Seseorang yang memakai gigi implan cenderung merasa lebih nyaman, karena gigi yang sudah ditanam dirancang sedemikian rupa menyerupai gigi asli. Sehingga tidak akan terasa ada yang mengganjal di dalam mulut.

Gigi palsu permanen depok
Gigi palsu permanen depok

Risiko Pasang Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen depok – Seperti halnya prosedur medis lain, operasi implan gigi palsu juga memiliki resiko. Walaupun efek dari penanaman implan gigi jarang sekali terjadi. Meski demikian, beberapa komplikasi di bawah ini mungkin bisa dialami oleh seseorang yang menjalani  operasi pemasangan implan gigi :

  • Munculnya infeksi pada posisi implan gigi yang sudah ditanam.
  • Terjadinya cedera atau kerusakan struktur di sekitar tempat pemasangan gigi implan. Hal ini bisa menimpa atau pembuluh darah di sekitar area penanaman gigi gigi palsu permanen.
  • kerusakan saraf pada gigi asli, gusi, bibir, atau dagu yang ditandai dengan adanya nyeri,  mati rasa , hingga  kesemutan .
  • Terjadi masalah pada rongga sinus, khususnya jika hasil gigi implan pada rahang menonjol ke salah satu rongga sinus.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir karena keuntungan pemasangan palsu permanen lebih banyak daripada kerugian atau resikonya. Oleh sebab itu, prosedur ini cocok dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah kehilangan gigi. Pastikan untuk memastikan dengan  dokter gigi  terlebih dahulu untuk meminimalisir masalah yang akan muncul pada pemasangan implan. 

Proses Pemasangan Gigi Palsu

Gigi palsu permanen depok – Pada umumnya, butuh waktu dua hingga tiga minggu sebelum gigi palsu bisa benar-benar dipasang di rongga mulut. Rentan waktu tersebut juga tergantung dari jenisnya. Bagi gigi palsu lepasan, ada beberapa tahap yang harus dilalui sebelum alat tersebut bisa dipasang.

  • Pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh 
  • Dokter akan melihat posisi gigi dan tulang secara lebih detail dengan pengambilan foto rontgen
  • Proses pencabutan akar gigi untuk membersihkan sisa akar gigi
  • Setelah sisa akar bersih, proses pencetakan gigi dilakukan menggunakan bahan khusus
  • Cetakan gigi palsu mulai dibuat di laboratorium
  • Proses pemasangan 

Sementara untuk gigi palsu jembatan, proses yang dilalui hampir sama. Namun, pada pemasangannya diperlukan pengurangan lapisan gigi yang akan digunakan sebagai tumpuan gigi palsu menggunakan bur. Sebagai persiapan pemasangan, akan dilakukan operasi pemasangan skrup implan sebelum gigi palsu mulai bisa dipasang. Gigi palsu baru siap dipasang setelah jaringan sembuh sempurna dari operasi pemasangan implan.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Klinik Telpon: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8 !1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *