My Blog

Menambal Gigi Berlubang Bogor : Indikasi & Prosedur 2022

Menambal Gigi Berlubang Bogor

Menambal gigi berlubang bogor
Menambal gigi berlubang bogor

 

Menambal Gigi Berlubang Bogor

globalestetik-ads.com – Tambal gigi merupakan prosedur guna memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak. Prosedur ini dilakukan yaitu memasukkan bahan tambalan ke bagian gigi yang rusak atau berlubang. Metode penambalan serta bahan tambalan yang digunakan dapat disesuaikan dengan kondisi gigi pasien. Gigi berlubang  dapat terjadi ketika bakteri di dalam mulut memproduksi zat asam. Seiring waktu, zat asam tersebut bisa mengikis email gigi serta membuat gigi berlubang. Jika tidak segera diatasi, lubang di gigi akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut, seperti gigi tanggal (copot) serta infeksi gigi.

Menambal gigi berlubang bogor – Minimnya minat sebagian masyarakat untuk menambalkan giginya yang berlubang , selain karena rasa takut juga karena biaya yang dirasa terlalu mahal. Biaya tambal gigi memang dapat mahal, tapi juga dapat murah, bahkan bisa gratis, tergantung dari berbagai faktor.

Ketahanan tambalan gigi dapat berbeda tiap orangnya, tergantung dari beberapa faktor. Secara umum, tambalan di gigi bisa bertahan lama, bahkan sampai 10 tahun sebelum akhirnya muncul sedikit perubahan baik dari segi warna maupun bentuk. Namun, pada orang yang tidak dapat menjaga kebersihan gigi dengan baik, tambalan yang ada di bisa mudah rusak. Benturan serta jenis makanan yang kerap dikonsumsi juga dapat berpengaruh pada kondisi tambalan di rongga mulut.

Jika Anda punya kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur (bruxism), maka tambalan gigi pun akan mudah terkikis bahkan rapuh. Keawetan juga dapat dipengaruhi pada jenis bahan tambal yang digunakan. Sejauh ini, bahan tambal yang paling awet yaitu bahan logam yang terbuat dari amalgam. 

Menambal gigi berlubang bogor
Menambal gigi berlubang bogor

Tarif tambal gigi laser – Gigi berlubang merupakan kondisi rusaknya jaringan gigi sehingga terbentuk lubang. Gigi bolong biasanya disebabkan karena bakteri yang menumpuk di mulut. Selain itu, konsumsi makanan atau minuman manis, dan tidak menjaga kebersihan mulut juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, termasuk orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi. Tetapi, paling sering dialami oleh anak-anak dan remaja. Gigi bolong yang tidak segera ditangani dapat merusak lapisan gigi hingga ke bagian dalam. 

Menambal gigi berlubang bogor – Menambal gigi berlubang bogor   – Saat datang ke klinik atau fasilitas lain, Anda dapat meminta petugas kesehatan atau dokter gigi yang berjaga  untuk menjelaskan biaya tambal pertama yang akan dibebankan pada pasien. Dokter akan melakukan pemeriksaan awal yang diperkirakan harga perawatan. Dokter juga akan menjelaskan pilihan bahan tambal gigi dan tahap-tahap yang akan dilalui. Sebenarnya ada bermacam-macam jenis bahan tambal yang bisa digunakan. Namun saat ini di Indonesia, ada dua bahan yang paling umum digunakan, meliputi GIC dan resin komposit.

Indikasi Tambal Gigi

Menambal gigi berlubang bogor – Pada prosedur tambal gigi dengan tujuan untuk mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang telah rusak dan juga berlubang. Tanda-tanda bahwa gigi harus ditambal, meliputi:

    • Nyeri gigi yang muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu
    • Nyeri saat menggigit atau saat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, serta panas
    • Gigi yang sensitif
    • Perubahan warna gigi menjadi coklat ataupun cokelat kehitaman
    • Tambal gigi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki gigi dengan kondisi retak, patah, ataupun terkikis 

Jenis Bahan Tambalan yang Digunakan

Menambal gigi berlubang bogor – Dokter gigi biasanya menyarankan beberapa jenis bahan tambalan, tergantung pada kondisi pasien gigi. Komposisi yaitu bahan campuran dari resin di atas dan serbuk kaca. Bahan ini adalah bahan tambalan yang paling sering digunakan sekarang. Selain lubang gigi, komposit juga dapat digunakan pada prosedur veneer gigi  atau untuk mengganti bagian gigi yang patah. 

Sejumlah kelebihan komposit jika digunakan untuk bahan tambal gigi antara lain :

  • Warna bahan komposit dapat disesuaikan dengan warna gigi
  • Cukup kuat dan tahan terhadap tekanan ketika dipakai mengunyah atau menggigit makanan biasa
  • Tidak perlu sering diperbaiki atau diganti

Sementara itu, kekurangan bahan komposit yaitu:

  • Dapat lepas jika sering digunakan untuk mengigit makanan yang bertekstur keras
  • Pada kasus yang jarang terjadi, komposit dapat menyebabkan reaksi  alergi  lokal
  • Dapat menguning lebih cepat dari gigi

Prosedur tambal gigi

Menambal gigi berlubang bogor  – Tidak hanya digunakan dalam pegangan gigi berlubang, Anda perlu mendapatkan prosedur penambalan gigi bila mengalami kondisi-kondisi berikut. 

  • Mengalami gigi patah
  • Mengalami kerusakan jaringan keras gigi seperti atrisi dan abfraksi 
  • Menjalani perawatan saluran akar
  • Memiliki risiko gigi berlubang yang besar. 
  • Penambalan lebih disarankan untuk menutup ceruk gigi pada gigi geraham (pit fissure sealant)
Menambal gigi berlubang bogor
Menambal gigi berlubang bogor

Selain itu, gigi patah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang panas atau terlalu dingin suhunya
  • gigi tapi berlubang tidak ditambal
  • sering menggigit makanan keras, seperti salah satu, contohnya yaitu mengunyah es batu
  • menggertakkan gigi terutama saat tidur

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Gigi Depan Patah?

Menambal gigi berlubang bogor – Jika Gigi Anda patah, solusi terbaiknya yaitu dengan segera temui dokter gigi yang terpercaya guna mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan ini juga dapat menghindari kerusakan agar gigi yang patah tidak semakin parah.

Karena gigi merupakan salah satu aset utama dalam wajah anda, gigi yang rapi, bersih, dan berkilau memberikan kesan manis dan memukau di setiap senyum Anda. Dengan bantuan Dokter Gigi yang berpengalaman, setelah itu akan ditinjau sejauh mana kerusakan yang ada dan sebaiknya perawatan terbaik apa yang dapat dilakukan mengobati kondisi Anda ini. 

Efek Gigi Patah pada Anak & Dewasa

Menambal gigi berlubang bogor – Gigi patah menjadi dua, yaitu gigi patah dengan bagian yang lepas dan gigi patah tanpa terlepas sehingga masih terlihat dan terlihat utuh. Gigi patah dapat terjadi trauma, seperti kecelakaan, jatuh, terbentur, karena kebiasaan mengunyah makanan keras, bahkan karies. Faktanya, gigi patah dapat berdampak pada kualitas hidup anak-anak. Hal ini kesannya dengan anak saat melihat bentuk giginya, yang dapat memberikan kurang estetik pada

Beberapa anak bisa menjadi malu untuk tersenyum atau tertawa karena mengalami gigi patah. Karena hal ini, tak sedikit pula anak yang enggan bersosialisasi dengan teman-temannya. Parahnya lagi, gigi patah pada anak juga rentan membuat anak mudah marah dan tidak mampu menguasai emosinya dengan baik. 

Selanjutnya, bagaimana dengan efek gigi patah pada orang dewasa? Tidak jauh berbeda dengan permasalahan anak-anak. Gigi patah pada orang dewasa juga bisa menahan keinginan untuk tersenyum atau tertawa. Orang dewasa yang mengalami kondisi tersebut juga dapat merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Di atas dasar itu, gigi patah harus segera ditangani dengan melakukan perawatan yang tepat. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *