My Blog

Dokter Gigi Bogor Pelayanan 24 Jam

Dokter Gigi Bogor

Dokter gigi bogor
Dokter gigi bogor

 

Dokter Gigi Bogor

globalestetik-ads.com – Organ pertama yang terdapat pada saluran pencernaan yaitu rongga mulut yang digunakan sebagai tempat mengunyah atau memecah makanan yang kamu konsumsi. Terdapat 2 proses pencernaan dalam rongga mulut, yaitu kimiawi serta mekanik. Fungsi dari rongga mulut itu sendiri yaitu untuk mengunyah, memproses makanan dengan kimiawi, serta mengalirkan makanan ke lambung. Selin itu, rongga mulut berfungsi juga sebagai alat bernafas, berbicara, serta mencerna makanan.

Dokter gigi bogor – Pada rongga mulut terdapat beberapa bagian kecil seperti gigi dan gusi. Gigi yaitu jaringan pada tubuh yang keras dan memiliki struktur yang berlapis seperti email yang keras, tulang gigi (dentin), pulpa yang mengandung pembuluh darah, pembuluh saraf, serta bagian lainnya yang menopang gigi. Gigi memiliki peran penting dalam kehidupan kita setiap hari, yaitu untuk mengunyah dan menggigit makanan.

Jika gigi mengalami suatu permasalahan semacam sakit gigi, karies gigi, sariawan atau sebagainya, akan memerlukan penanganan serta pengobatan oleh dokter gigi secara tepat. Sebenarnya, untuk permasalahan yang berbeda yang dialami gigi terdapat dokter spesialis gigi masing-masing, terlebih jika permasalahannya sudah tergolong parah atau kompleks.

Sedangkan yang disebut dengan gusi ( gingiva ) yaitu bagian tubuh yang terdapat dalam rongga mulut yang merupakan jaringan mukosa guna untuk menutupi tulang alveolar pada rongga mulut. Warne merah muda pada gusi mengartikan bahwa terdapat pembuluh darah di dalamnya.

Dokter gigi adalah dokter yang bertanggung jawab atas permasalahan serta kesehatan pada gigi dan mulut.

tanggung jawab dokter gigi di rumah sakit 

Dokter gigi bogor – Dokter gigi memiliki tugas utama sebagai tempat untuk memberi pengetahuan, sara, serta perintah kepada pasien mengenai prosedur perawatan gigi, gusi, serta bagian mulut. Sedangkan tugas umum dokter gigi yaitu sebagai tempat untuk mendiagnosa, mengobati, permasalahan yang dirasakan pada gigi, gusi, serta bagian mulut. Memhatikan pertumbuhan serta perkembangan gigi san gusi, memberikan penjelasan mengansi hasil pemeriksaan atau diagonsa. Melangsungkan penanganan pada gigi semacam pegangan gigi berlubang, membersihkan karang gigi, memasang gigi, sampai memasang behel.

Apa sajakah spesialis pada dokter gigi?

Dokter gigi bogor – Pada permasalahan gigi, gusi, serta mulut kita dapat mengunjungi dokter gigi guna. Tetapi, untuk permasalahan yang lebih parah atau kompleks kiat membutuhkan penanganan dari dokter gigi spesialis sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Karena dokter gigi umum tidak dapat menangani berbagai permasalahan pada gigi, gusi, serta mulut. 

Dokter spesialis memiliki tujuan dan fungsi masing-masing, mereka berfokus pada keilmuan dan keahlian yang berbeda. Pada masing-masing dokter spesialis gigih menempuh pendidikan dengan waktu yang berebeda-beda dan lebih lama. Terdapat 8 jenis spesialis kedokteran gigi, antara lain :

  • Spesialis bedah mulut (SpBM)

Pendidikan yang dijalankan untuk menjadi dokter bedah mulut memerlukan waktu kurang lebih 10 semester atau 5 tahun guna memahami tindakan pemedahan pada area maksilofasial (wajah, leher, tulang rahang).

Dokter spesialis bedah mulut ini melakukan berbagai macam tindakan medis mulut. Yang paling kompleks adalah menangani masalah yang lebih kompleks, tindakan operasi gigi bungsu memakai total, penanganan masalah tumor pada bagian terkait, operasi celah bibir, serta memperbaiki tulang rahang.

  • Spesialis kedokteran gigi anak (SpKGA)

Dokter spesialis gigi anak malakukan tindakan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dialami gigi serta mulut terhadap anak-anak. Dokter gigi tidak hanya mendalami jumlah serta sifat gigi anak yang berbeda dari gigi permanen, tetapi juga mempelajari psikologi anak. Selain itu, juga cara pegangan pasien anak-anak saat pemeriksaan dilakukan.

  • Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)

Dokter spesialis konservasi gigi memiliki tugas untuk mengatasi permasalahan saluran akar gigi, pemberian mahkota gigi, serta perawatan estetika gigi semacam pembuatan veneer dan pemutihan gigi. Tujuan dari hal tersebut guna mempertahankan lebih lama fungsi dari estetika gig itu sendiri. Pada permasalahan yang lebih parah, dokter spesialis konservasi gigi dapat mengatasi pembedahan endodontik.

  • Spesialis penyakit mulut (SpPM)

Dokter spesialis penyakit mulut memiliki keterampilan untuk menangani permasalahan jaringan lunak pada mulut, semacam sariawan. Selin permasalahan tersebut, dokter spesialis penyakit mulut juga dapat menangani permasalahan yang lebih parah, semacam tumor pada mulut, komplikasi yang timbul akibat kebiasaan buru, atau penyakit lainnya yang dapat menyebabkan permasalahan pada mulut.

Dokter gigi bogor
Dokter gigi bogor
  • Spesialis ortodonti (SpOrt)

Dokter spesialis ortodonti salah satu yang banyak dikenal oleh kita, karena dokter spesialis ortodonti ini biasanya menjadi rujukan bai penanganan penggunaan kawat gigi , atau pemakaian behel lepas pasang . Dokter spesialis ortodonti dapat menangani hal tersebut karena telah mendalami permasalahan permasalahan pertumbuhan serta perkembangan gigi.

  • Spesialis periodonsia (SpPerio)

Dokter spesialis periodonsia menangani permasalahan pada bagian jaringan pendukung yang berada di sekitar gigi serta menempel pada tulang rahang. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu untuk permasalahan gigi goyang, gigi berdarah, gusi bengkak, gusi turun, dan implan gigi.

  • Spesialis prostodonsia (SpPros)

Dokter prostodonsia menangani permasalahan pada pasien yang ingin menggunakan gigi tiruan dari gigi copot, spesialis, atau lainnya. Dokter spesialis prostodonsia biasanya juga dapat menangani permasalahan estetika pada gigi, seperti pemakaian implan atau veneer. Dokter spesiali prostodonsia ini juga menangani kelinan sendi rahang.

  • Spesialis radiologi kedokteran gigi (SpRKG)

Dokter spesialis radiologi gigi ini memiliki keterampilan khusus yaitu menjabarkan hasil pemeriksaan radiologi. Dengan demikian, dapat dengan cepat terdeteksi jika terdapat permasalahan pada struktur gigi serta jaringan mulut.

Setiap dokter spesialis yang memiliki tugas dan keahliannya masing-masing, tetapi juga bekerja sama saat menangani permasalahan seperti mendiagnosa, mengobati, mengedukasi pasien, serta instruksi.

Mengapa kita perlu memahami dokter spesialis gigi? 

Dokter gigi bogor – Pentingnya memahami dokter spesialis gigi dengan masing-masing tugas serta keahlian yang dimiliki. Agar saat kita merasakan keluhan tertentu dan permasalahan yang dorasakan pada gigi dan mulut, kita dapat memperoleh penanganan serta perawatan yang tepat oleh dokter gigi pada spesialis yang tepat pula. 

Tetapi kebanyakan orang masih ragu untuk pergi mengunjungi dokter gigi guna melakukan pemeliharaan gigi ataupun untuk mengobati masalah gigi, karena biayanya mahal. Padahal dokter gigi dapat memberikan penanganan yang tepat dan aman sesuai dengan kemampuan kita. Coba terlebih dahulu untuk mengonsultasikan dengan dokter gigi mengenai penanganan yang akan dilakukan serta biaya yang mungkin dikeluarkan.

Dokter gigi bogor
Dokter gigi bogor

Selain itu, penting untuk memahami dokter spesialis gigi agar kita tidak mendapatkan kesalahan saat melakukan perawatan atau pengobatan gigi dan mulut. Sebab hal tersebut dapat memperparah keadaan hingga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya, dan memungkinkan untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Maka dari itu, sebelum pergi ke dokter gigi mencoba untuk mencari tahu terlebih dahulu sesuai dengan permasalahan yang kita alami. Setelah itu juga mengonsultasikan dengan dokter terkait mengenai tindakan, penanganan, serta biaya yang akan diperoleh.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *