My Blog

Biaya Tambal Gigi Bogor Awet 10 Tahun!!

Biaya Tambal Gigi Bogor

Biaya tambal gigi bogor
Biaya tambal gigi bogor

 

Biaya Tambal Gigi Bogor

globalestetik-ads.com – Minimnya minat masyarakat untuk menambalkan  giginya yang berlubang , selain itu karena rasa takut juga karena biaya yang dirasa terlalu mahal. Biaya tambal gigi memang dapat mahal, tapi juga dapat murah, bahkan bisa gratis, tergantung dari berbagai faktor.

Biaya tambal gigi bogor – Dengan mengetahui biaya tambal gigi di awal sebelum dilakukan perawatan, jadi saat perawatan telah selesai dan menuju ke bagian pembayaran. Rutinlah memeriksa gigi Anda dalam waktu setiap enam bulan sekali, agar mencegah gigi berlubang terlalu besar. Dengan begitu, menjadikan tidak perlu mengeluarkan biaya tambal gigi yang lebih tinggi.

Harga pun tergantung dari bahan yang digunakan, misalnya bahan logam, yaitu sekitar Rp. 8 juta. Lamanya perawatan gigi memakai behel ini tergantung tingkat kerusakan gigi dan setiap orang-beda kebutuhannya. Namun bisa berkisar antara satu hingga dua tahun atau lebih.

Biaya yang dikeluarkan setiap orang bisa berbeda-beda, yaitu tergantung bagaimana kondisi lubang pada gigi yang mengalami masalah. Biasanya, pada kisaran harga antara Rp 150.000-1.000.000. Pemilihan lokasi dan dokter juga dapat memengaruhi harga yang akan Anda keluarkan. Jadi, pilihlah perawatan sesuai dengan permasalahan gigi. Menambal gigi dapat membantu mengatasi masalah gigi berlubang. Sebelum dengan dokter gigi agar mencegah masalah di kemudian hari.

Kisaran Biaya Tambal Gigi

Biaya tambal gigi bogor – Rentang tambal gigi memang termasuk kisaran yang cukup besar. Pada kondisi lubang yang paling ringan, dokter dapat menggunakan bahan tambal yang lebih terjangkau, dengan biaya tambal gigi sekitar Rp 150.000-300.000 untuk satu gigi. Namun, ada juga fasilitas kesehatan yang mematok harga lebih murah atau lebih mahal dari kisaran harga tersebut. Pada kasus gigi berlubang yang tingkat keparahannya sedang, biaya tambal gigi yang perlu dikeluarkan rentang waktu antara Rp 400.000-600.000 per gigi.

Biaya umunya yang dikenakan pada pasien, apabila bahan tambal yang digunakan bukan yang paling murah. Sekali lagi, harga di beberapa fasilitas kesehatan bisa saja lebih murah bahkan lebih mahal dari kisaran ini. Sementara itu dalam kondisi terparah, tambalan biasanya menggunakan bahan yang harganya lebih tinggi, karena lebih kuat dengan tujuan menahan beban kunyah. Pada kasus gigi berlubang yang parah, biaya tambal gigi dapat mencapai Rp 700.000-1.000.000 untuk satu gigi.

Besar kecilnya biaya yang diperlukan untuk menambal gigi bergantung pada tingkat keparahan lubang. Perbedaan tambalan gigi secara umum juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, meliputi:

  • Bahan tambal yang digunakan

Lokasi fasilitas kesehatan  perawatan gigi. Fasilitas kesehatan yang berlokasi di area-area strategis, umunya bisa memiliki biaya tambal gigi yang lebih tinggi, dibandingkan yang berada di area perumahan atau pinggiran kota. Ada atau tidaknya prosedur pemeriksaan penunjang yang dilakukan, seperti rontgen dll.

  • Biaya tambal gigi bisa gratis menggunakan BPJS Kesehatan

Biaya tambal gigi juga dapat gratis, apabila Anda memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan. Berdasarkan panduan praktis pelayanan gigi dan prothesa gigi bagi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) yang dikeluarkan oleh  BPJS Kesehatan , prosedur tambal gigi ini atau disebut tumpatan gigi termasuk dalam pelayanan yang dijamin. Tumpatan atau tambalan gigi yang dijamin, bisa dilakukan dengan menggunakan bahan  Glass Ionomer Cement  (GIC) maupun dengan bahan komposit resin.

Biaya tambal gigi bogor
Biaya tambal gigi bogor

Pelayanan ini dapat diperoleh di fasilitas kesehatan tingkat I, seperti Puskesmas, klinik, serta tempat praktik mandiri dokter gigi. Jika Anda ingin memanfaatkan BPJS Kesehatan guna menambal gigi, pastikan Anda memiliki akses ke faskes tingkat I yang di daftarkan saat mendaftarkan kepesertaan JKN. Namun, tidak semua tindakan tambal gigi bisa menggunakan BPJS. Tambal gigi yang terletak pada perawatan estetika, tidak termasuk di dalamnya.

Penjelasan Singkat Seputar Prosedur Tambal Gigi

Biaya tambal gigi bogor – Saat pertama kali datang ke klinik atau fasilitas kesehatan yang lain, Anda dapat meminta penjelasan atau  dokter gigi yang berjaga -jaga untuk biaya tambal gigi yang sekiranya akan dibebankan pada pasien. Dokter akan melakukan pemeriksaan awal yang diperkirakan harga perawatan.

Biaya tambal gigi bogor
Biaya tambal gigi bogor

Dokter juga akan menjelaskan pilihan bahan tambal gigi dan tahap-tahap yang akan dilalui. Sebenarnya ada bermacam-macam jenis bahan tambal yang bisa digunakan. Namun saat ini di Indonesia, ada dua bahan yang paling umum digunakan, meliputi GIC dan resin komposit.

Harga GIC yaitu lebih murah dibandingkan dengan resin komposit. Namun secara estetika, GIC kurang baik karena tidak dapat menyerupai warna gigi asli. Dalam urusan estetis, komposit jadi lebih tinggi. Komposit juga lebih dapat dibentuk, memiliki harga yang lebih tinggi.

Setelah memahami harga maupun bahan yang digunakan, maka Anda dapat memulai prosedur tambal gigi, yang meliputi:

  • Pembersihan area gigi berlubang

Gigi yang berlubang, umumnya terlihat cokelat kehitaman. Hal ini merupakan akibat dari bakteri yang menginfeksinya. Area tersebut perlu dibersihkan hingga benar-benar tuntas, guna bakteri bisa benar-benar hilang. Pembersihan dilakukan menggunakan bur gigi, proses pengeburan gigi inilah yang bagi sebagian orang jadi menakutkan, karena adanya rasa ngilu atau suara bising yang dihasilkan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Karena bila rasa tersebut sangat mengganggu, dokter dapat memberikan bius lokal di gigi yang sedang dibur, jadi rasa ngilu tersebut tidak terlalu dirasakan.

  • Pengolesan bahan perekat tambalan

Setelah gigi benar-benar bersih, maka tahap tambal gigi selanjutnya yaitu pengolesan bahan perekat tambalan yang disebut dengan bonding. 

  • Penempatan bahan tambal

Setelah bahan bonding ditempatkan pada gigi, lalu bahan tambal gigi baru akan mulai dimasukkan. Dokter akan membentuk bahan tambal guna sesuai dengan permukaan kunyah gigi.

  • Tes gigit

Tes gigit dilakukan agar mengetahui ada atau tidaknya rasa mengganjal dari tambalan gigi. Jika masih mengganjal, dokter dapat menyesuaikan ketinggian tambalan kembali.

  • Menyelesaikan

Jika semua tahap di atas sudah selesai, maka tahap akhir yaitu finishing. Penyelesaian yang diperlukan untuk permukaan tambal semakin halus dan tidak ada celah yang memungkinkan bakteri kembali masuk.

Berapa lama tambal gigi bisa bertahan?

Biaya tambal gigi bogor – Ketahanan tambalan gigi dapat berbeda tiap orangnya, tergantung dari beberapa faktor. Secara umum, tambalan di gigi bisa bertahan lama, bahkan sampai 10 tahun sebelum akhirnya muncul sedikit perubahan baik dari segi warna maupun bentuk. Namun, pada orang yang tidak dapat menjaga kebersihan gigi dengan baik, tambalan yang ada di bisa mudah rusak.

Benturan serta jenis makanan yang kerap dikonsumsi juga dapat berpengaruh pada kondisi tambalan di rongga mulut. Jika Anda punya kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur (bruxism), maka tambalan gigi pun akan mudah terkikis bahkan rapuh. Keawetan juga dapat dipengaruhi pada jenis bahan tambal yang digunakan. Sejauh ini, bahan tambal yang paling awet yaitu bahan logam yang terbuat dari amalgam. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *