My Blog

Veneer Gigi Palsu Bogor ; Definisi & Prosedur Lengkap 2022

VENEER GIGI PALSU BOGOR

Veneer gigi palsu bogor
Veneer gigi palsu bogor

 

Veneer Gigi Palsu Bogor

globalestetik-ads.com – Belakangan ini ramai yang mengikuti tren veneer gigi. Veneer gigi menjadi tren kecantikan yang sedang ramai. Selain dapat memperbaiki struktur gigi, prosedur veneer juga dapat mempercantik penampilan Anda saat tersenyum. Apakah anda tertarik untuk mencoba memasang veneer?

itu veneer gigi?

Veneer gigi palsu bogor – Veneer gigi adalah cangkang tipis yang digunakan untuk melapisi bagian depan gigi Anda. Cangkang buatan ini akan dibentuk menyerupai bentuk gigi asli. Veneer bekerja untuk memperindah gigi dengan cara menutupi kekurangan pada bentuk, warna, panjang, atau ukuran. Bahan yang dipakai untuk membuat cangkang bermacam-macam, ada yang terbuat dari bahan porselen dan ada juga yang terbuat dari bahan komposit.

Veneer yang terbuat dari bahan porselen lebih sering menjadi pilihan karena cenderung awet dan tidak memunculkan warna putih yang terlalu mencolok. Jenis veneer ini biasanya dibuat oleh laboratorium. Sedangkan, untuk veneer komposit langsung dikerjakan oleh dokter tanpa dibawa ke laboratorium. Biaya perawatan ini disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan dan jumlah gigi yang akan dipasang veneer. Kedua jenis veneer ini, memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Veneer berbahan komposit biasanya lebih murah dan mudah dibuat dan persiapannya juga lebih sedikit.

Sebelum dilakukan pemasangan veneer, dokter akan mengambil beberapa struktur gigi agar veneer bisa menempel. Pada veneer berbahan komposit, biasanya struktur gigi yang diambil lebih sedikit. Berbeda dengan sebelumnya, pemasangan veneer porselen membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Meski demikian, hal ini tergantung kondisi gigi pasien serta kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh klinik dan laboratorium.

Namun, veneer komposit tidak mewah veneer porselen. Dibandingkan veneer porselen, veneer berbahan komposit lebih mudah pecah dan tidak bertahan lama. Hal ini disebabkan, komposit veneer lebih mudah mengalami perubahan warna yang tentunya dapat membuat kualitas veneer menurun, terlebih apabila pasien sering minum kopi atau merokok.

Komposit veneer dapat bertahan selama 4-5 tahun atau 5-7 tahun jika dirawat dengan baik. Jika Anda ingin memasang veneer yang lebih tahan lama, veneer porselen dapat menjadi pilihan yang tepat. Porselen veneer dapat bertahan selama 11-15 tahun. Bahkan, beberapa orang memiliki veneer porselen yang bertahan hingga 20 tahun.

Selain itu, veneer porselen juga menghasilkan tampilan yang lebih alami dan dapat menangkal noda dengan baik. Meski demikian, tidak ada jaminan veneer gigi dapat bertahan tanpa pecah sama sekali. Ketahanan veneer memeriksa cara Anda merawatnya dan seberapa rutin kondisi veneer Anda ke dokter gigi.

Veneer gigi palsu bogor – Pada beberapa kasus, terdapat pasien yang mengalami bruxism, kondisi di mana pasien sering menggeretakkan gigi secara tidak sadar saat sedang sadar. Kondisi ini bisa membuat veneer menjadi retak atau berkurang ketahanannya. Untuk mengatasinya, dokter akan menyarankan terlebih dahulu kepada pasien terlebih dahulu membuat night guard terlebih dahulu untuk pemasangan veneer.

Veneer gigi palsu bogor
Veneer gigi palsu bogor

Selain menjadi kantampilan gigi lebih putih, pemasangan veneer pada gigi juga bermanfaat untuk mengatasi:

  • diskolorasi gigi yang tidak bisa diperbaiki dengan bleaching.
  • fraktur gigi.
  • bentuk gigi yang tidak normal.
  • malposisi gigi

Prosedur Veneer

Veneer gigi palsu bogor – Prosedur veneer tidak sama dengan prosedur implan gigi atau pemasangan mahkota (mahkota gigi tiruan). Prosedur veneer untuk menutupi permukaan depan gigi, sementara implan gigi yang lepas.

Perlu diketahui, tidak semuanya dapat melakukan veneer. Beberapa orang yang tidak disarankan untuk melakukan prosedur ini di antaranya adalah:

  • orang dengan gangguan tidur seperti bruxism yang tidak mau membuat night guard,
  • memiliki kondisi edge-to-edge relation, ketika gigi seri atas dan bawah mengalami tabrakan langsung di ujungnya.
  • orang dengan kebersihan mulut yang buruk.

sebelum Persiapan pemasangan veneer gigi

Sebelum melakukan veneer gigi, Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Konsultasi perlu dilakukan agar dokter bisa mengetahui riwayat kesehatan Anda serta keadaan gigi dan mulut secara keseluruhan. Bila Anda dibolehkan pemasangan veneer, barulah dokter menentukan rencana perawatan. Rencana perawatan ini termasuk juga menentukan warna dan bentuk gigi yang cocok dengan kondisi Anda. Dokter juga melakukan rontgen dan foto gigi untuk memperkuat diagnosis dan mencegah risiko infeksi di kemudian hari. Jangan sungkan untuk menyampaikan hasil yang ingin Anda peroleh dari prosedur ini. 

Proses veneer gigi

Veneer gigi palsu bogor – Proses pemasangan veneer gigi berbeda tergantung pada jenis veneernya. Bila Anda memilih veneer komposit dapar dilakukan dalam satu kali kunjungan. Sedangkan, pemasangan veneer porselen membutuhkan proses yang lebih panjang. Setelah pemeriksaan kondisi gigi Anda, dokter akan mengambil foto gigi, memilih warna yang cocok, dan melakukan pencetakan gigi menggunakan alginate.

Kemudian cetakan tersebut akan dikirim ke laboratorium. Petugas labratorium akan membuat replika struktur gigi yang diinginkan. Selama menunggu, dokter akan membuatkan veneer sementara. Hasilnya akan diperlihatkan kepada pasien. Jika pasien setuju dengan mock up yang disediakan, dokter akan mulai memasang veneer dengan mengambil struktur gigi atau mengikir gigi sesuai kebutuhan.

Veneer gigi palsu bogor
Veneer gigi palsu bogor

Sebelum mengikir enamel gigi, dokter akan memberikan obat bius lokal agar Anda tidak merasa sakit dan tidak terasa ngilu, pasien bisa pulang dengan veneer sementara. Selanjutnya, dokter kembali mencetak gigi untuk kemudian dikirim ke lab untuk membuat cangkang yang nantinya akan dipasang di permukaan gigi. Proses cetak gigi memerlukan waktu sekitar 4 minggu.

Dokter akan membersihkan gigi Anda terlebih dahulu sebelum pemasangan cangkang pada permukaan gigi. Proses mencatat ini sangat penting untuk mencegah terperangkapnya di bawah lapisan dan menyebabkan pembusukan. Kemudian, dokter akan memeriksa ukuran cangkang dan warna-warni. Lalu, dokter mengoleskan air mani khusus di permukaan gigi yang telah dikikis agar veneer dapat merekat kuat. Ketika sudah terpasang pada posisi yang tepat, semen pun dikeringkan menggunakan sinar uv.

Berapa harga veneer gigi?

Harga veneer gigi berbeda-beda tergantung dari bahan veneer yang dipilih, jumlah dan kondisi gigi yang akan diveneer, jenis veneer yang diinginkaan, serta tidak sesuai.

Untuk harga veneer gigi di rumah sakit swasta di Indonesia berkisar antara Rp 700.000,00 dan bisa lebih dari Rp5.000.000 per giginya. Sedangkan harga veneer gigi yang paling umum yaitu berkisar antara Rp 900.000,00 sampai Rp1.000.000,00. Namun untuk kondisi yang tak terduga, diharapkan agar mempersiapkan biaya tambahan lebih dari harga veneer yang disebutkan tadi.

Risiko pemasangan veneer gigi

Selain memiliki banyak manfaat, perawatan gigi satu ini nyatanya juga menimbulkan risiko. Berikut beberapa risiko pasang veneer gigi yang harus diketahui:

  • Warna gigi tidak sama
  • Warna veneer tidak bisa diubah
  • Masalah pada pemasangan veneer
  • Gigi menjadi lebih sensitif
  • Veneer dapat diulang

Cara merawat gigi setelah pemasangan veneer

Veneer gigi palsu bogor – Proses pemulihan setelah pemasangan veneer terbilang cukup singkat. Setelah lapisan veneer terpasang dan efek obat bius hilang, Anda dapat mengunyah lagi seperti biasa. demikian demikian, Anda harus tetap berhati-hati. Agar lapisan veneer yang dilakukan pada gigi Anda bertahan lama, berikut perawatan yang dapat Anda lakukan.

  • Rajin gigi
  • Flossing gigi
  • Berkumur menggunakan obat kumur
  • makanan keras dan lengket
  • Hentikan kebiasaan menggigit benda
  • Rajin periksa ke dokter gigi

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *