My Blog

2 Jenis Frenektomi Ortodenti Bogor

FRENEKTOMI ORTODENTI BOGOR

Frenektomi ortodenti Bogor
Frenektomi ortodenti Bogor

 

Frenektomi Ortodenti Bogor 

globalestetik-ads.com Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah suatu hal mutlak yang dibutuhkan oleh semua orang. Karena kebersihan mulut akan berpengaruh terhadap kesehatan seluruh badan. Pada kesempatan ini, mari kita bahas beberapa hal tentang frenektomi ortodenti.

Apa yang dimaksud dengan Frenektomi dan Ortodenti ?

Frenektomi ortodenti Bogor – Frenektomi merupakan prosedur pemotongan atau modifikasi jaringan pengikat pada tubuh, untuk mengatasi masalah tongue tie dan lip tie. frenektomi lebih singkatnya adalah proses pembedahan pada frenulum atau jaringan yng berada di bawah lidah tengah yang menghubungkan antara lidah dengan bawah mulut.

Proses mengangkat jaringan yang berada di bawah lidah dan bertujuan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tongue tie atau lip tie di bagian mulut. Tongue tie pada bayi dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Sedangkan prosedur frenektomi pada bayi lebih aman karena koplikasi yang terjadi lebih rendah setelah prosedur dilakukan. Sedangkan tongue tie pada orang dewasa bisa mengganggu bicara, dan prosedur frenektominya membutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan

Frenektomi ortodenti Bogor – Terdapat dua jenis frenektomi yaitu frenektomi lingual dan frenektomi maksimal. Mari kita bahas tentang kedua jenis tersebut 

  • Frenektomi bahasa 

Prosedur ini bertujuan untuk mengangkat penghubung lidah dengan dasar mulut, prosedur ini biasanya dipakai untuk menghilangkan tongue tie. Prosedur ini bertujuan untuk merangsar produksi air susu ibu, membantu berbicara, membantu pertumbuhan rahang, memperbaiki saluran pernafasan.

  • Frenektomi maksimal

Prosedur ini merupakan terapi labial frenum yang menempel pada bibir atas gusi. prosedur ini bertujuan untuk mencegah masalah ortodontik di masa yang akan datang.

Apa saja kondisi yang memperlukan tindakan frenektomi?

  • Pada bayi yang mengalami kesulitan menyusu karena mulutnya tidak mampu membuka lebar dan ujung lidahnya berbentuk hati dan dapat menyebabkan produksi gas berlebihan.
  • Pada anak yang sudah bisa berbicara namun rahang atas menyempit karena adanya tonjolan pada bawah yang menyebabkan sulit berbicara.
Frenektomi ortodenti Bogor
Frenektomi ortodenti Bogor

Bagaimana prosedur untuk melakukan frenektomi?

Frenektomi ortodenti Bogor – Pada tahap pertama mengoleskan anastesi topikal pada area yang akan diangkat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit saat proses perencanaan. Selanjutnya tahap kedua frenulum dengan pisau khusus. Untuk tahap ketiga menjahit luka sesuai dengan tingkat keparahan. Namun karena pasien memerlukan frenektomi laser maka akan mengeluarkan darah tanpa proses pembedahan.

Perawatan ortodonti bertujuan untuk menyusun gigi dengan teratur yang bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut. Beberapa masalah yang disebabkan oleh susunan gigi yang rata adalah sulitnya membersihkan gigi, dan jika kondisi gigi cukup parah maka rahang akan bekerja lebih keras dan tidak mengakibatkan gangguan sendi temporomandibular. Orthodonti sendiri bertujuan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh ketidaktatan susunan gigi dengan cara memasang kawat gigi. kadang-kadang memerlukan waktu 17 sampai 25 bulan lebih tergantung pada susunan gigi, jika susunannya tidak begitu parah maka pemasangan akan cepat juga.

Ada dua jenis kawat gigi yang dapat anda pilih dari yang permanen sampai yang dapat dilepas pasang. Awalnya kawat gigi hanya terbuat dari logam namun seiring dengan berkembangnya zaman, bermunculan berbagai bahan kawat gigi yang lebih mudah dan indah untuk dipasang. Namun pada kasus ortodonti parah pasien akan memasang kawat gigi permanen dengan bahan yang terbuat dari logam.

Alat dan prosedur yang dipakai untuk perawatan ortodonti

  • Headgear yang berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki posisi gigi belakang yang digunakan sebelum dan saat tidur atau beberapa menit setiap hari.
  • Penahan gigi yang berfungsi untuk menjaga posisi baru gigi setelah pemakainan kawat gigi. Penahan gigi ini lebih disarankan untuk digunakan selama pasien hidup masih pada saat tidur atau beberaa jam saja pada setiap hari.
  • Rontgen gigi yang bertujuan untuk mendiagnosa masalah gigi dan dari situlah dokter gigi dapat mengambil tindakan sesuai yang dibutuhkan gigi.
  • Pencabutan gigi, prosedur ini dilakukan apabila sudah tidak ada ruang kosong untuk perkembangan gigi.
  • Bedanya, pada prosedur ini hanya dilakukan terhadap gusi yang tidak memberikan respon pada perawatan non-bedah.
Frenektomi ortodenti Bogor
Frenektomi ortodenti Bogor

Frenektomi ortodenti Bogor – Beberapa kondisi yang disarankan untuk mengunjungi dokter yaitu gigi gompal, susunan gigi tidak rata, gigi bermasalah dengan jarak, baik terlalu renggang atau gigi menumpuk, gigi atas maju atau overbite, gusi bawah maju atau underbite, crossbite, serta normal.

Beberapa kondisi yang terjadi di gigi Anda

  • Gingivitis yaitu peradangan pada gusi yang disebabkan oleh tumpukan bakteri di plak dan karang gigi. Bereapa penyebabnya adalah kebiasaan merokok, terlalu kuat saat gigi, kurang vitamin, jarang sikat gigi, menderita diabetes mellitus, gigi, hormon tidak normal, mongonsumsi obat tertentu.
  • Abses gusi yaitu keluarnya cairan kental berupa nanah yang membuat abses pada gigi dan memicu infeksi yang menyebar keseluruh gusi. Jika dibiarkan terus menerus, abses ini tidak akan sembuh.
  • Glossitis yaitu peradangan gusi dan lidah yang jika dibiarkan akan menyumbat pernapasan karena lidah bengkak parah. Beberapa penyebab glositis adalah alergi terhadap makanan atau obat tertentu, luka pada mulut, mulut kurang cairan, kurang konsumsi zat besi, penyakit tertentu
  • Gigi hipersensitif ditandai dengan rasa ngilu pada gigi. Hipersensitif pada yang dibebabkan oleh makanan dan minuman dingin, panas, manis, asam, melakukan bleaching, awal karang gigi, dan karena bertambahnya usia.
  • Sariawan, rasa tidak nyaman yang dihasilkan oleh manfaat pada penemuan pemberi pinjaman berupa bercak putih terlihat dan terlihat. Sariawan disebabkan oleh penggunaan gigi palsu, luka tergigi, konsumsi air panas dan dingin, penggunaan obat kumur yang mengandung bahan pengelupasan seperti alkohol, konsumsi obat tertentu, turunnya imun tubuh, kekurangan vitamin B dan vitamin C, gangguan pencernaan, kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi .
  • Karies gigi yaitu infeksi yang mengakibatkan rusaknya struktur gigi, gigi berlubang. Karies disertai juga dengan nyeri, tanggalnya gigi, dan lainnya. Beberapa penyebab karies gigi yaitu gangguan di gigi, perkembangbiakan bakteri di sekitar rongga mulut, terganggunya produksi air liur, merokok, fermentasi karbohidrat.
  • Tumor gigi yaitu kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Tumor gigi adalah tumbuhnya daging yang berupa parasit yang menyebabkan rusaknya jaringan gigi dan mulut. 

Frenektomi ortodenti Bogor – Beberapa hal yang menyebabkan tumor gigi yaitu pada gigi yang tidak dijaga, perkembangan bakteri yag tidak terkendali disekitar jaringan gigi, kebersihan gigi tidak dijaga. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut diperlukan perawatan yang intens baik dilakukan sendiri maupun perawatan ke dokter:

Hal sederhana yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah jangan menggosok gigi terlalu keras. Menggosok gigi terlalu kuat dapat mengakibatkan tergoresnya gusi dan merusak email gigi yang menyebabkan gigi menjadi sensitif. Menyikat gigi dilakukan secara rutin minimal dua kali sehari dan harus dilakukan dengan lembut dan dengan gerakan memutar. pilihan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride bekerja untuk membunuh baktri yang dapat merusak gigi.

Gunakan dental floss minimal sekali dalam sehari. Gunakan obat kumur dan juga air garam untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dicapai oleh sikat gigi. Berhentilah merokok, karena kandungan nikotinnya dapat memicu pertumbuhan bakteri.Mengunyak permen karet yang tidak terdapat kandungan gula karena dapat menghasilkan produksi air liur yang berguna membunuh bakteri di rongga mulut.

konsultasiter gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman.Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

    Penulis oleh Drg. Arnof

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *