My Blog

Cabut Gigi Bogor : Indikasi & Perawatan Paling Mudah 2022

Cabut Gigi Bogor

cabut gigi bogor
cabut gigi bogor

 

Cabut Gigi Bogor

globalestetik-ads.comMencabut gigi telah menjadi kalimat yang mengerikan untuk didengar bagi setiap orang, bukan hanya orang dewasa yang mendengar kalimat tersebut merasa takut namun juga pada anak-anak. Namun melakukan prosedure pencabutan gigi merupakan sebuah trobosan yang dinilai paling praktis dalam mengatasi masalah sakit gigi. Namun tetap saja bahwa pencabutan gigi hanya boleh dilakukan sebagai cara terakhir yang akan digunakan untuk mengatasi masalah gigi jika cara lainya tidak berhasil.

Dalam prosesnya sebelum melakukan pencabut pada gigi, ada beberapa pemeriksaan yang perlu kamu lakukan.Jika pemeriksaan ini tidak kamu lakukan maka tidak akan dilakukan tindakan pencabutan gigi. Setelah melakukan proses pemeriksaan selanjutnya kamu juga perlu melakukan perawatan pada rongga mulut setelah gigi dicabut. Kondisi kamu juga akan terus dipantau untuk menghindari terjadi komplikasi.

Indikasi Cabut Gigi

Cabut gigi bogor – Ada beberapa kondisi yang harus kamu perhatikan yang dimana kondisi-kondisi tersebut yang mengharuskan kamu untuk melakukan pencabutan gigi diantaranya yaitu sebagai berikut :

cabut gigi bogor
cabut gigi bogor
  • Matinya saraf pada gigi berlubang.

Kondisi gigi seperti ini berasal dari adanya infeksi bakteri yang dimana merupakan penyebab munculnya kondisi gigi berlubang. Jika kondisi seperti ini tidak cepat ditangani dapat menyebabkan infeksi semakin melebar hingga ke lapisan gigi paling dalam yaitu pada lapisan saraf. Jika sampai melebar ke bagian saraf maka akan dapat menyebabkan kematian saraf gigi. Biasanya cara yang dapat ditempuh terlebih dahulu yaitu dengan melakukan perawatan saluran akar namun jika perawatan saluran akan tidak berhasil maka harus dilakukan pencabutan gigi.

  • Kondisi gigi yang tidak beraturan.

Kondisi pada susunan gigi yang dimana gigi tersusun secara tidak beraturan. Susunan gigi yang tida beraturan ini disebabkan oleh keterbatasan ruang di dalam rahang untuk menampung semua gigi. Kondisi ini biasanya seorang dokter gigi akan menganjurkan pencabutan gigi untuk selanjutnya dipasangkan kawat gigi agar lebih rapi. Dilakukannya cabut gigi dengan tujuan supaya rahang memiliki banyak ruang untuk bergeser, sehingga kawat gigi bisa terpasang.

  • Resiko terinfeksi.

Resiko ini dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti kondisi yang membuat seseorang begitu sangat rentan terhadap infeksi. Seperti ketika seseorang sedang menjalani kemoterapi atau setelah transplantasi organ. Kondisi tersebut mengharuskan pencabutan gigi dengan tujuan untuk menghindari dari risiko infeksi pada gigi berlubang.

  • Kondisi penyakit gusi yang serius.

Radang jaringan pada pendukung gigi dapat membuat rusaknya jaringan yang berada disekitar gigi serta tulang penunjangnya. Jika kondis tresbeut tetap dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan gigi goyang sehingga gigi tidak dapat melakukan fungsinya dengan normal. Kondisi seperti ini perlu dilakukan pencabutan gigi.

  • Kondisi-kondisi lainnya.

Kondisi lainnya yang dimaksud antara lain seperti kondisi gigi yang patah sampai ke akar dan sarafnya mati yang diakibatkan karena adanya benturan atau trauma, lalu supernumerary teeth yang merupakan kondisi jumlah gigi yang melebihi kondisi normal, dan juga terjadinya penyakit infeksi yang serius di rongga mulut seperti abses yang bersumber pada gigi.

Cabut gigi bogor – Hal-hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Lalu apa sajakah hal-hal yang perlu kamu perhatikan setelah melakukan pencabutan gigi? Tentunya dengan melakukan perawatan pada gigi. Apa saja? Berikut informasinya.

Perawatan Setelah Cabut Gigi

Perawatan yang dapat dilakukan setelah melakukan cabut gigi yaitu diantaranya menghindari untuk mengunyah dengan menggunakan rongga mulut pada bagian sisi gigi yang telah dilakukan pencabutan. Jadi ketika gigi yang dicabut berada di sebelah kanan, untuk sementara proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi yang berada sebelah kiri.

cabut gigi bogor
cabut gigi bogor

Cabut gigi bogor – Selain itu juga kamu juga menghindari menghisap, berkumur, atau juga meludah yang terlalu sering karena hal tersebut akan berpengaruh pada proses  penyembuhan luka yang akan semakin lama. Selanjutnya yaitu jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki temperatur panas karena dapat memperlambat pembekuan darah. Selain itu ketika kamu akan berkumur lakukanlah dengan perlahan agar gumpalan darah tidak terlepas.

Selanjutya jangan merokok selama 72 jam setelah cabut gigi dilakukan karena panas yang dihasilkan dari rokok dan juga gerakan menghisap saat merokok  dapat mengganggu proses penyembuhan. Selanjutnya kamu harus mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter yang tentunya obat tersebut telah sesuai dengan petunjuk dokter seperti halnya obat berupa antibiotik, obat tersebut harus kamu habiskan.

Selanjutnya jang lupa untun selalu menyikat gigi namun secara perlahan dan penuh kehati-hatian agar tidak mengenai gigi yang tela dicabut. Lalu perbanyaklah untuk mengkonsumsi minuman dari air es yang dimana hal ini dapat membantu untuk mempercepat pembekuan darah. Jika kamu mengalami pembengkaka lakukankan pengkompresan dengan menggunaka air dingin yang ditempelkan pada pipi untuk meredakannya.

Jangan lupa untuk selalu mengganti kasa steril yang kamu gigit setiap 20 menit sekali atau setiap kasa sudah terasa basah. Katika kamu sedang mengalami beberapa masalah kesehatn seperti kamu sedang mengalami demam, mual, atau muntah-muntah sebelum cabut gigi melakukan pencabutan gigi, lalu kondisi seseorang yang sedang hamil trimester pertama atau trimester terakir, seseorang yang mengalami retak pada rahang, seseorang yang sedang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung.

Atau juga bisa penyakit kronis tertenu yang dimana sedang dalam keadaan tidak stabil atau tidak terkontrol, lalu kondisi gigi yang akan dicabut berada pada gusi yang sedang mengalami infeksi dan belum diberikan antibiotik, lalu kondisi gigi yang akan dicabut terletak di area yang pernah terkena radioterapi, atau kondisi gigi yang akan dicabut dekat dengan jaringan tumor ganas. Tidak disarankan untuk melakukan pencabutan gigi.

Cabut gigi bogor – Kamu perlu menyampaikan pada dokter jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti contohya obat-obatan yang berupa suplemen, vitamin, dan produk herbal lainnya. Jika kamu sedang dalam kondisi mengkonsumsi obat-obatan tersebut maka dokter akan lebih hati-hati melakukan pencabutan gigi.  Apalagi jika kamu sedang mengkonsumsi obat pengencer darah (antikoagulan), seperti halnya aspirin, dokter juga akan meminta pasien menghentikannya untuk sementara sebelum melaksanakan cabut gigi.

Karena obat-obat antikoagulan  tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan setelah cabut gigi. Banyak sekali hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan proses pencabutan gigi, untuk itulah nantinya sebelum melakukan prosedure pencabutan gigi dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada pasien dan kamu sebagai pasien juga harus terbuka dengan kondisi kesehatan dan juga kondisi tubuh kamu agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sepertinya terjadinya resiko yang lebih serius dan sebagainya.

Pencabutan gigi ini tidak dapat dilakukan begitu saja melainkan harus melewati beberapa tahapan prosedur terlebih dahulu guna menjaga keamanan dan keselamatan pasien dari resiko buruk yang mungkin terjadi jika pencabutan gigi tidak dilakukan sesuai prosedure yang telah ada. Untuk itulah dalam melakukan pencabutan gigi kamu harus ditangani oleh dokter gigi yang sudah jelas keahliannya dalam bidangnya jangan sembaran dalam menggunakan dokter gigi apalagi jika kamu melakukan pencabutan gigi ditempat yang tidak sesuai dengan prosedur.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Penulis oleh Drg. Arnof 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *