My Blog

Inilah Bahan Tambal Gigi Bogor Terbaru 2022!!

Tambal Gigi Bogor

tambal gigi bogor
tambal gigi bogor

 

Tambal Gigi Bogor

globalestetik-ads.comTambal gigi merupakan sebuah prosedur medis yang digunakan untuk penanganan dalam memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak. Prosedur medis ini dilakukan dengan cara memasukkan bahan tambalan pada bagian gigi yang mengalami rusak atau berlubang. Metode penambalan gigi ini serta bahan tambalan yang akan digunakan disesuaikan dengan kondisi gigi pasien.

Gigi berlubang menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan, gigi berlubang terjadi ketika bakteri yang ada di dalam mulut memproduksi zat asam. Zat asam ini seiring berjalannya waktu dapat mengikis enamel (lapisan terluar) gigi dan dapat membuat gigi menjadi berlubang.

Jika gigi yang berlubang tidak segera diatasi maka lubang pada gigi dapat menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut seperti terjadinya gigi tanggal (copot) dan infeksi gigi. Prosedur medis untuk tambal gigi ini ditempuh dengan tujuan untuk dapat mengembalikan bentuk dan juga fungsi pada gigi yang telah rusak atau berlubang.

Ada beberapa tanda-tanda yang menandakan bahwa gigi tersebut perlu untuk ditambal yaitu seperti terjadinya nyeri pada gigi yang selalu muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu, lalu rasa nyeri ketika kamu menggigit atau saat kamu sedang mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin, atau panas, gigi terasa menjadi  sensitif dan terjadinya perubahan warna gigi menjadi coklat atau cokelat kehitaman.

Tambal gigi bogor juga dapat dilakukan sebagai suatu cara untuk dapat memperbaiki kondisi gigi yang mengalami retak, patah, atau juga gigi yang terkikis diakibatkan karena kebiasaan tertentu seperti kebiasaan menggertakkan gigi atau menggigit kuku.

Untuk menambal gigi memerlukan bahan-bahan dasar yang akan digunakan lalu apa sajakah jenis-jenis bahan yang digunakan untuk menambal gigi yaitu antara lain sebagai berikut ini :

tambal gigi bogor
tambal gigi bogor
  • Bahan Komposit.

Bahan komposit ini merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menambal gigi yang dimana bahan komposit ini merupakan bahan campuran antara resin akrilik dan serbuk kaca. Bahan komposit ini merupakan bahan tambalan gigi yang paling sering digunakan sekarang. Selain itu juga kelebihan bahan komposit pada lubang gigi dapat digunakan pada prosedur veneer gigi atau untuk mengganti bagian gigi yang patah.

Selain itu juga bahan komposit memiliki warna yang dapat kamu sesuaikan dengan warna pada gigi sehingga tidak terlihat perbedaan warna yang mencolok, bahan komposit juga memiliki kekutaan yang cukup kuat dan juga memiliki ketahanan terhadap tekanan ketika digunakan saat mengunyah atau menggigit makanan biasa, dan bahan komposit tidak perlu sering diperbaiki atau diganti.

Untuk kekurangannya bahan komposit mudahterlepas jika sering digunakan untuk mengigit makanan yang bertekstur keras, lalu pada beberapa kasus bahan komposit dapat menyebabkan reaksi alergi lokal dan bahan komposit juga mudah menguning lebih cepat dari pada gigi.

  • Bahan Amalgam.

Bahan amalgam merupakan bahan campuran dari beberapa logam yaitu merkuri, perak, tembaga, dan timah. Bahan amalgam biasanya digunakan untuk menambal gigi bagian belakang. Tetapi bahan amalgam sekarang sudah jarang digunakan.

Kelebihan menggunakan bahan amalgam yaitu memilki kekuatan yang tahan terhadap tekanan ketika digunakan untuk mengigit dan juga mengunyah dan juga bertahan lama, selain itu juga bahan amalgam memiliki harga yang paling murah dari pada jenis bahan tambalan yang lain, dan bahan amalgam tidak perlu sering diperbaiki atau diganti.

tambal gigi bogor
tambal gigi bogor

Namun untuk kekurangannya bahan amalgam ini merupakan bahan yang mengandung merkuri, lalu pada beberapa kasus amalgam dapat menyebabkan reaksi alergi dan juga ruam, selain itu juga dalam prosesnya pemasangan bahan amalgam membutuhkan pengambilan beberapa gigi yang sehat, dan warna amalgam dapat berubah menjadi gelap yang diakibatkan karena korosi sehingga gigi akan kurang indah dilihat.

  • Ionomer Kaca.

Ionomer kaca merupakan bahan tambalan yang terdiri dari campuran asam akrilik dengan serbuk kaca. Umumnya digunakan bahan ini untuk tambalan kecil pada bagian gigi yang tidak sering dipakai untuk menggigit. Kelebihan menggunakan bahan ini yaitu warna pada tambalan ionomer kaca akan sesuai dengan warna pada gigi, selain itu juga munculnya resiko yang berupa reaksi alergi relatif rendah dan pada bagian gigi yang diambil sedikit.

Untuk kekurangannya bahan ini hanya dapat digunakan untuk lubang gigi yang kecil, selain itu juga bahan ini dapat menjadi wadah penumpukan plak yang dapat meningkatkan risiko penyakit gusi, lalu pada beberap kasus ionomer kaca dapat menyebabkan reaksi alergi dan ruam dan juga adanya resiko bahan tambal dengan ionomer kaca mudah terlepas dari gigi.

  • Bahan Ionomer Resin.

Ionomer resin merupakan bahan yang terdiri dari campuran antara asam akrilik dengan resin akrilik. bahan ini biasanya digunakan untuk menambal gigi pada bagian permukaan gigi yang tidak digunakan untuk mengunyah, atau untuk menambal gigi prematur pada bayi. kelebihan menggunakan bahan ini yaitu warna yang dihasilkan sesuai dengan warna gigi yang dimana lebih terlihar trasnparan dari pada bahan ionomer kaca.

Selain itu juga untuk munculnya resiko yang berupa reaksi alergi lokal rendah dan pada bagian gigi yang diambil juga sedikit. Untuk kekurangannya yaitu bahan ini tidak diperbolehkan untuk mengigit makanan yang memiliki tekstur yang keras, selain itu juga untuk ketahanannya lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan komposit dan amalgam dan pada beberapa kasus bahan ionomer kaca dapat menyebabkan reaksi alergi dan ruam.

  • Bahan Porselen.

Bahan porselen atau yang lebih dikenal dengan baahn keramik tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan tambal gigi tetapi juga dapat digunakan untuk mahkota gigi (dental crown) dan veneer gigi. Bahan porselen ini dapat juga dicampur dengan bahan logam untuk meningkatkan daya tahan terhadap pembusukan gigi.

Kelebihan bahan ini yaitu bahan porselen memiliki warna yang sama persis dengan warna gigi karena bahan porselen tembus pandang, bahan ini juga memiliki resiko terkikis atau busuk yang sangat rendah serta resiko yang dapat menyebabkan munculnya infeksi juga rendah, dan tidak akan menyebabkan reaksi alergi.

Untuk kekurangannya yaitu bahan ini memiliki ketahanan yang rapuh serta mudah mengalami retak, dan juga memiliki biaya bahan yang mahal bahkan biayanya setara dengan bahan emas.

  • Bahan Alio Emas.

Bahan aloi emas ini sesuai dengan namanya yang dimana bahan ini mengandung bahan emas dan juga beberapa bahan lainnya yaitu bahan tembaga, dan beberapa logam lain. Bahan aloi emas lebih sering digunakan dalam mengatasi masalah pada lubang gigi yang besar dan luas.

Kelebihan menggunaakn bahan ini yaitu memiliki ketahanan yang sangat baik serta tidak akan mudah retak, selain itu juga bahan ini tidak mudah untuk terkikis, bahan ini juga memiliki resiko yang rendah yang dapat menyebabkan infeksi, dan juga bagian gigi yang diambil juga sedikit. Lalu untuk kekurangannya bahan ini memiliki harga yang mahal serta warna yang dihasilkna tidak sama dengan warna gigi dan pada beberapa kasus baahn ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan ruam.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Penulis oleh Drg. Arnof 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *