My Blog

Membersihkan Karang Gigi Di Puskesmas Bogor 2022

Mensucikan Karang Gigi Di Puskesmas Bogor

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor
Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Berbicara tentang kesehatan gigi dan gusi, tentunya tidak pernah lepas dari namanya karang gigi. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan, gigi dan gusi bisa rusak. Keberadaan karang gigi sering tidak disadari banyak orang. Itu sebabnya, banyak juga yang belum mengetahui cara menghilangkan karang gigi secara optimal.

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor – Karang gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini tidak terlalu mengherankan, karena pada kenyataannya masih ada orang yang tidak memperhatikan kebersihan gigi. Akibatnya, bakteri dari sisa makanan yang masih menempel pada gigi akan membentuk plak yang kemudian mengeras dan menjadi karang gigi.

Karang gigi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, ada berbagai macam penyakit yang bisa dipicu oleh karang gigi yang dibiarkan menumpuk. Yuk, cari tahu dampak apa yang bisa terjadi jika karang gigi tidak dibersihkan di sini.

Kenali proses terbentuknya karang gigi

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor Tahukah Anda, jika gigi Anda tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dari sisa tidak akan hilang dan akan terus menempel makanan di gigi Anda. Seiring waktu, bakteri ini akan menumpuk dan membentuk plak gigi.

Plak yang tidak dihilangkan akan mengeras, karena mineralisasi. Plak yang mengeras tidak dapat dihilangkan hanya dengan gigi. Plak yang mengeras dan tidak dihilangkan dapat membentuk karang gigi yang disebut juga kalkulus gigi.

Penyebab Karang Gigi

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, gigi dan kondisi air liur yang tepat juga dapat menyebabkan karang gigi. Sedikit dari Anda mungkin gigi membuat bakteri yang tersisa masih menempel pada gigi Anda. Sedangkan pH saliva yang dapat mempercepat pembentukan karang gigi. Inilah sebabnya mengapa kecepatan berkembangnya karang gigi pada setiap orang bisa berbeda.

Penataan gigi yang tidak rapi atau berjejal juga bisa menjadi pemicu terjadinya karang gigi, karena ada daerah yang sulit dicapai oleh sikat gigi. Mengunyah hanya di satu sisi mulut, baik karena kebiasaan atau karena ada gigi berlubang juga dapat menyebabkan karang gigi. Hal ini terjadi karena area yang tidak digunakan untuk mengunyah kurang mendapat rangsangan untuk memproduksi air liur.

Karang gigi yang sudah terbentuk tidak bisa dibersihkan hanya dengan dokter gigi saja, tetapi membutuhkan bantuan untuk membersihkannya. Tindakan membersihkan karang gigi disebut scaling, karena melibatkan alat khusus untuk memecah karang gigi ke tempat yang sulit dicapai, termasuk karang gigi di gusi bawah. Bila digunakan dengan benar oleh para ahli, alat scaling cukup aman untuk permukaan dan akar gigi.

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor
Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

Dampak Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan tidak hanya pada rongga mulut, tetapi juga kesehatan organ tubuh lainnya. Berikut ini adalah efek kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh karang gigi:

  • Menjadi Tempat Bersarang Bakteri

Karang gigi dapat memiliki efek serius pada kesehatan mulut, terutama ketika muncul di atas garis gusi. Sebab, itulah tempat yang tepat bagi bakteri untuk bersarang, lalu masuk ke gusi dan merusaknya. Efeknya, gusi akan mengalami iritasi dan kemudian peradangan.

  • Gingivitis atau Gingivitis

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk dapat memicu peradangan pada gusi yang disebut gingivitis atau gusi. Ketika gingivitis sudah terjadi, namun karang gigi belum juga dibersihkan, maka Anda tinggal menunggu waktu untuk mengalami periodontitis. Penyakit ini adalah kantong nanah yang muncul di antara gusi dan gigi.

  • Membuat Gigi Rapuh

Saat periodontitis terjadi, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi melawan bakteri yang ada di kantong nanah gigi. Namun, pada saat yang sama, bakteri juga akan melepaskan zat pertahanan diri. Kondisi ini menyebabkan tulang gigi dan jaringan di sekitarnya menjadi rusak. Jika dibiarkan terus, gigi akan mudah rontok, atau mengalami penipisan tulang tempat gigi tersebut tertanam.

Mensucikan karang gigi di puskesmas bogor
Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor
  • Memicu Penyakit Jantung dan Stroke

Masalah kesehatan gusi juga bisa menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke. Hal ini diduga karena bakteri dan mikroorganisme yang terkandung dalam plak gigi dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan. hasil, pembuluh darah akan rusak atau tersumbat. Ketika aliran darah tersumbat, risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

Karena banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh karang gigi, Anda disarankan untuk rajin gigi minimal dua kali sehari dengan cara yang benar. Gunakan juga benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa dicapai oleh sikat gigi. Periksa juga ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Berbagai Cara Mensucikan Gigi

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor Sebenarnya ada beberapa cara membersihkan karang gigi yang bisa Anda lakukan. Cara termudah yang bisa dilakukan di rumah adalah gigi dua kali sehari dan melakukan dentallossing. Anda juga bisa mengurangi konsumsi makanan manis dan tidak merokok agar karang gigi tidak mudah muncul. Selain cara-cara tersebut, ada cara membersihkan karang gigi yang paling efektif, yaitu proses scaling gigi yang bisa dilakukan dengan bantuan dokter gigi.

Mensucikan karang gigi di puskesmas bogor
Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor

Scaling Gigi Membersihkan Karang Sepenuhnya

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor – Alat yang digunakan untuk Scaling gigi adalah scaler. Dengan berkembangnya teknologi, saat ini terdapat ultrasonic scaler yang merupakan alat untuk scaling gigi dengan menggunakan metode ultrasonik. Dengan alat baru ini, gigi bisa dilakukan secara maksimal hingga ke sela-sela gigi yang tidak mungkin dicapai dengan sikat gigi biasa.

Prosedur Scaling Gigi

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor – Berikut langkah-langkah yang akan dilakukan dokter selama prosedur scaling gigi yaitu:

  • Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk meredakan sensasi yang mungkin muncul selama proses pembentukan plak dan karang gigi.
  • Dokter memulai proses karang gigi menggunakan pengikis gelombang ultrasonik yang dapat memancarkan getaran dan menghilangkan karang gigi. Alat ini juga dapat mengeluarkan asap dingin dari udara untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi.
  • Setelah plak dan karang di sekitar email dihilangkan, dokter akan menggunakan scraper manual atau scaler dengan ujung runcing untuk menghilangkan plak dan karang di area yang tidak dapat dicapai dengan ultrasonik scraper.
  • Selama proses perbaikan plak dan karang gigi, dokter akan meminta pasien untuk berkumur dan mengeluarkannya agar sisa plak di mulut dapat dihilangkan.
  • Langkah terakhir, dokter akan memoles gigi yang telah dibersihkan dengan alat pemoles yang dilengkapi dengan karet lembut di ujungnya.

Scaling gigi dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan selama 30-120 menit, tergantung pada kondisi dan jumlah plak dan karang gigi.

Harga membersihkan karang gigi di Puskesmas

Membersihkan karang gigi di puskesmas bogor – Harga membersihkan karang gigi di puskesmas pasti lebih mudah dibandingkan dengan harga membersihkan karang gigi di klinik dokter gigi. Rata-rata, puskesmas mengenakan biaya untuk membersihkan karang gigi, mulai dari Rp. 80.000 sampai Rp. 100.000, tergantung pada tingkat kebersihan mulut.

Jika Anda memiliki BPJS Kesehatan, harga membersihkan karang gigi di puskesmas bisa gratis, atau tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda hanya perlu mengunjungi fasilitas kesehatan pertama yang terdaftar di kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan karang gigi gratis di puskesmas.

Pihak puskesmas hanya akan memberikan kesempatan kepada pemilik BPJS Kesehatan untuk melakukan perbaikan gigi hanya setahun sekali. Jadi jika kita harus membersihkan karang gigi dua kali setahun, Anda bisa melakukannya sekali lagi di klinik dokter gigi.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telepon: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *