My Blog

Biaya Operasi Gigi Bungsu Dengan BPJS Bogor 0 Rupiah

Biaya Operasi Gigi Bungsu Dengan BPJS Bogor

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor
Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Gigi geraham bungsu sebenarnya tidak memiliki fungsi spesifik pada rongga mulut. Namun bila pertumbuhannya sedikit saja, gigi bungsu sudah dapat menjadi sumber masalah. Sebab itu dokter gigi biasanya menyarankan untuk gigi bungsu dicabut saja. Tetapi masih banyak yang mungkin ragu karena biaya cabut gigi bungsu yang umumnya cukup tinggi. 

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor  – Biaya cabut gigi bungsu berbeda dari cabut gigi biasa karena tindakan yang diberikan juga berbeda. Posisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau bahkan benar-benar melintang pada gusi, membuat tindakan pencabutan gigi menjadi lebih sulit. Dalam dunia kedokteran gigi, proses pencabutan gigi bungsu yang dikenal dengan yaitu odontektomi. Pada kasus-kasus yang ringan, pencabutan gigi bungsu dapat dilakukan oleh dokter gigi umum. Namun, jika posisi gigi bungsu cukup sulit dikeluarkan, maka peran dokter spesialis gigi mulut diperlukan.

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor
Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor

Berapa biaya yang diperlukan untuk operasi gigi bungsu?

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor – Seperti halnya biaya perawatan gigi lainnya, biaya  cabut gigi bungsu  dapat bervariasi, tergantung tingkat kesulitan kasus yang ditemukan, area tempat praktik dokter gigi, serta faktor-faktor lain yang mendukung.

Saat ini biaya cabut gigi bungsu rata-rata berkisar Rp. 2 juta hingga5 juta per gigi, bila dilakukan di  klinik gigi swasta  atau rumah sakit tertentu. Biaya pencabutan gigi bungsu yang dilakukan di fasilitas kesehatan  yaitu di Puskesmas  atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), umumnya bisa lebih murah, berkisar Rp 500 ribu sampai1 juta per gigi.

Biaya tersebut belum termasuk biaya  rontgen gigi panoramik , yang dilakukan sebelum pencabutan gigi bungsu, pasti perlu dilakukan. Biaya yang harus Anda keluarkan dapat berbeda, tergantung laboratorium masing-masing. Namun biasanya harga rontgen panoramik sekitar Rp 150 ribu sampai 300 ribu /satu kali foto.

Harga pencabutan gigi bungsu oleh  dokter gigi umum  pun berbeda dari praktik  dokter gigi spesialis bedah mulut . Sehingga sebelum menyetujui agar menjalani prosedur ini, ada baiknya bila Anda bertanya pada awal perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, guna tidak tiba-tiba kaget saat harus membayar setelah perawatan selesai. Semakin aneh posisi tumbuhnya, akan semakin mahal pula biaya pencabutan giginya. Hal lain yang juga menentukan biaya yaitu faktor penyulit. Semakin banyak faktor penyulit, maka biaya yang bisa dikeluarkan akan semakin tinggi juga.

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor
Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor

Faktor Penyulit Operasi

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor – Faktor penyulit operasi yang dimaksud yaitu :

  • Gigi bungsu yang rapuh sehingga sulit dikeluarkan
  • Posisi gigi bungsu terlalu dekat dengan saraf lain yang berada di rahang bawah, seperti saraf pada lidah, bibir, dan bibir. Sehingga saat proses penarikan berlangsung, akan terjadi risiko kerusakan saraf
  • Gigi geraham, yang berada di depan geraham bungsu, posisi miring akan membuat akses untuk membuka gigi kedua menjadi lebih sempit
  • pasien memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes maupun penyakit kronis lainnya. Penyakit-penyakit tersebut masuk sebagai faktor penyulit pencabutan karena dapat menimbulkan komplikasi komplikasi saat dan setelah pencabutan, seperti perdarahan dan infeksi, menjadi bertambah

Setelah pencabutan selesai dilakukan, dokter gigi akan memberikan resep obat yang dapat membantu proses penyembuhan guna berlangsung dengan baik. Biaya untuk menebus obat juga dapat bervariasi, tergantung dari jenis obat yang telah diresepkan. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang tidak kembali lagi di Klinik ke dokter gigi setelah nyeri dan infeksinya hilang. Pasalahnya, cabut gigi bungsu tetap perlu dilakukan. Berikut ini :

  • Jika tidak dicabut, infeksi pasti akan terjadi lagi

Setelah diberi obat, infeksi Anda memang dapat sembuh. Namun, bila sumber infeksinya tidak dihilangkan, infeksi ini akan terus kembali, Anda tentu tidak ingin sakit gigi terus-menerus.

  • Membahayakan kesehatan gigi-gigi di sekitarnya

Gigi bungsu yang tumbuh miring atau dapat juga disebut sebagai impaksi, membuat sisa makanan jadi lebih mudah terperangkap serta sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini dapat memicu timbulnya bakteri yang akan merusak gigi bungsu dan gigi-gigi di sekitarnya.

  • Bisa merusak tulang rahang

Gigi impaksi  yang dibiarkan juga dapat memicu kerusakan tulang rahang. Pada beberapa kasus, gigi bungsu yang posisinya miring dan tertanam di dalam gusi, dapat terbungkus oleh kantung berisi cairan yang nantinya akan berkembang menjadi kista.

  • Gigi bungsu bisa membuat susunan gigi di buat jadi berantakan

Gigi bungsu yang tumbuh miring, dapat bertindak menjadi pendorong gigi-gigi di hargai. Lama-lama, susunan di tempat-tempat tertentu bisa digeser sehingga membuat berantakan

  • Kesehatan gusi menjadi terancam

Gigi bungsu sering kali menjadi impaksi sebab ukuran rahang manusia telah mengalami evolusi dan mengecil. Hal ini terjadi dikarenakan pola makan yang cenderung banyak mengonsumsi makanan lunak dan sudah matang.

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor
Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor

Apakah biaya operasi impaksi gigi dapat ditanggung BPJS? 

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor – Ya, biaya operasi gigi impaksi dapat ditanggung pada BPJS, Anda hanya tinggal membuat rujukan langsung ke Rumah Sakit daerah yang terdapat Dokter gigi spesialis bedah mulut. Namun terdapat beberapa Rumah Sakit yang tidak menerima BPJS, semua tergantung dari Rumah Sakit tersebut.

Jika Anda memiliki BPJS, jadi akan sangat beruntung, karena umunya tanggungan biaya mulai dari pemeriksaan, rawat inap, dan kontrol pasca operasi semuanya dapat tanggung oleh BPJS jadi sangat menghemat pengeluaran. Oleh karena itu, sangat penting memiliki BPJS atau asuransi kesehatan agar menghemat biaya operasi gigi impaksi yang mahal. Lebih mudah lagi jika Anda memiliki asuransi kesehatan pribadi, karena impaksi gigi adalah jenis perawatan gigi yang ditanggung asuransi.

Pasalnya, BPJS Kesehatan menanggung biaya perawatan yang bersifat mendesak dan krusial. Untuk pelayanan gigi, BPJS Kesehatan mencakup berbagai macam bentuk layanan, dan mencakup layanan pencabutan gigi. Ada atau tidaknya biaya tambahan yang bisa dibayarkan, tergantung di kebutuhan. Selain dengan BPJS Kesehatan, Anda juga dapat mengandalkan asuransi guna menanggung harga operasi gigi bungsu yang umumnya tidak sedikit. 

Berapa lama proses gusi sembuh setelah cabut gigi?

Biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs bogor – Proses penyembuhan gusi setelah dilakukan operasi gigi berbeda tergantung dari permasalahan gigi tiap orang. Namun biasanya gusi dapat sembuh ketika usia 1 sampai 3 hari. Walaupun belum sembuh total, namun sudah terasa lebih nyaman dan juga tidak mengganggu. Untuk lubang atau bekas jahitan, bekas ini baru bisa benar-benar sembuh setelah 1 hingga 2 minggu. Dalam jangka waktu tersebut, Anda mungkin sudah tidak merasakan nyeri. 

Namun, pada jaringan yang akan lebih sensitif di area gigi, proses penyembuhannya dapat memakan waktu lebih lama dan juga berbeda-beda. Asuransi rawat jalan bisa menjamin kamu juga secara finansial dari pengeluaran guna membeli obat dan pemeriksaan medis lainnya. Pentingnya memiliki asuransi gigi yaitu dapat menanggung biaya operasi gigi bungsu. Sebab itu dokter gigi biasanya menyarankan untuk gigi bungsu dicabut saja. Tetapi masih banyak yang mungkin ragu karena biaya cabut gigi bungsu yang umumnya cukup tinggi. 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151, Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Klinik Telpon: 0857-7145-2584 

https://wa.me/6285771452584 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota +Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096682! 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis Drg. Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *