My Blog

Prosedur Pelaksanaan Odontektomi Depok Teraman No 1

Odontektomi Depok

Odontektomi depok
Odontektomi depok

 

Yuk Simak!

globalestetik-ads.com – Memasuki usia 17 ke atas setiap orang akan mengalami banyak perubahan, terutama secara fisik terutama bagian tubuh, tetapi tidak hanya itu yang mungkin jarang diketahui adalah mulai tumbuhnya gigi bungsu atau geraham. Gigi bungsu merupakan gigi yang pertumbuhannya dimulai pada usia 17 sampai dengan 25 tahun, letaknya ada di paling belakang biasanya terletak diantara gusi. Gigi bungsu atau geraham tumbuh sebanyak 4 gigi, dengan posisi diatas terdapat 2 gigi dan di bawah juga terdapat 2 gigi. 

Adakalanya ketika mengalami tumbuh gigi bungsu disertai rasa sakit, tapi apakah iya setiap gigi bungsu disertai rasa sakit? jawabannya tentu tidak. Karena tentunya ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit atau nyeri ketika gigi bungsu mulai tumbuh. 

Lalu apa yang menyebabkan gigi bungsu sakit terasa tumbuh?

Odontektomi depok – Gigi bungsu tumbuh sakit, sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal misalnya seperti adanya kerusakan gigi yang terjadi pada gigi itu sendiri, sehingga pertumbuhan gigi dapat merobek gusi untuk tumbuh normal dan juga kebanyakan orang tidak memiliki cukup tempat untuk menampung gigi bungsu tersebut. Sehingga hal ini menyebabkan gigi bungsu yang tumbuh tidak lurus ke atas seperti yang seharusnya, tetapi tumbuh miring ke samping, depan maupun ke belakang. Hal ini menyebabkan robeknya bagian-bagian gusi yang lain, biasanya hal ini disebut dengan impaksi gigi bungsu. 

Impaksi yang terjadi di kemudian hari dapat menyebabkan tumbuhnya gigi geraham menjadi sakit. Gigi geraham yang tumbuh tersebut dapat menabrak gigi yang berada di sebelahnya, atau mungkin tumbuh tidak sempurna di dalam gusi. Sehingga menyebabkan rasa nyeri yang menyebar ke seluruh bagian mulut dan gusi lainnya sehingga seringnya ketika tumbuh gigi geraham gusi akan menjadi bengkak. pertumbuhan yang tidak normal selain membuat gigi bengkak juga di beberapa kasus dapat menyebabkan dampak yang jauh lebih serius, misalnya seperti gigi yang berlubang hingga bernanah. 

Odontektomi depok
Odontektomi depok

Odontektomi depok – Untuk itu menyembuhkan adanya impaksi tersebut yaitu dengan odontektomi atau operasi pencabutan gigi. Odontektomi merupakan operasi pencabutan gigi bungsu atau geraham yang mengalami impaksi yang terletak di geraham tiga, yang biasanya muncul pada 17 sampai dengan 25 tahun. Operasi ini masuk ke dalam prosedur operasi rawat jalan yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis gigi.

Bedanya odontektomi dengan operasi cabut gigi biasa adalah adanya langkah yang berbeda yaitu untuk memisahkan gusi dan jaringan lainnya yang mempersulit pencabutan gigi. Oleh karena itu, odontektomi memang mencari kondisi gigi yang tergolong khusus, misalnya yang paling sering ditemui adalah impaksi gigi geraham atau bungsu belakang atau mungkin kista yang pada gigi. 

Odontektomi depok – Bedanya odontektomi dengan operasi cabut gigi biasa adalah adanya langkah yang berbeda yaitu untuk memisahkan gusi dan jaringan lainnya yang mempersulit pencabutan gigi. Oleh karena itu, odontektomi memang mencari kondisi gigi yang tergolong khusus, misalnya yang paling sering ditemui adalah impaksi gigi geraham atau bungsu belakang atau mungkin kista yang pada gigi. 

Bagi beberapa orang biasanya merekomendasikan bahwa gigi bungsu atau geraham sering kali direkomendasikan untuk dicabut karena tidak memiliki ruang untuk tumbuh secara normal. Oleh karena itu, biasanya orang yang sudah melakukan odontektomi dan pemasangan gigi bungsu atau gerahamnya akan mengurangi potensi masalah gigi dan mulut di kemudian hari. 

Lalu bagaimana prosedur pelaksanaan odontektomi itu sendiri?

Odontektomi depok – Pastinya ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan odontektomi agar tidak terjadi kesalahan dalam tindakan pada saat operasi. Berikut merupakan prosedur yang biasa dilakukan pada proses odontektomi:

  • Anamnesa (Mengingat Kembali)

Pada tahap ini dokter akan melakukan pemeriksaan keadaan umum pasien tentang apa yang dirasakan, sejak kapan mengalami rasa sakit dll. Bahkan biasanya dokter melakukan x-ray, untuk mengetahui lebih detail terkait permasalahan gigi yang diderita pasien, sehingga dokter dapat menentukan bagian mana yang harus dibutuhkan tindakan. Pemeriksaan ini didasarkan pada berbagai pertimbangan seperti pertimbangan usia, hubungan antara gigi impaksi dan kanalis mandibularis serta keadaan jaringan-jaringan yang menutupi gigi impaksi nantinya apakah terletak pada jaringan-jaringan lunak saja atau terletak pada jaringan yang terpendam. 

  • Anestesi (Pembiusan)

Anestesi atau pembiusan yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu, anestesi yang digunakan pada odontektomi sendiri berupa anestesi lokal dan juga umum. Pembiusan lokal sendiri dapat dilakukan pada pasien yang memiliki keadaan umum yang normal dan juga baik pada pasien yang gelisah dapat diberikan anestesi yang bersifat umum. 

Odontektomi depok
Odontektomi depok
  • Teknik Operasi

Odontektomi depok – Berikut merupakan teknik-teknik operasi yang sering digunakan pada tindakan odontektomi yaitu sebagai berikut:

sebuah. Insisi atau drainase untuk pembuatan flap

Insisi tentunya akan dilakukan pada jaringan yang sehat dan juga memiliki dasar yang cukup kuat dan lebar sehingga pengaliran darah dapat berjalan dengan baik.

b. Adanya pengambilan tulang yang untuk gigi

Dengan menggunakan alat khusus dan dibantu juga dengan irigasi oleh larutan garam agar gigi dapat terlihat untuk pengambilan tulang tersebut

c. Pencabutan gigi

Pencabutan gigi pada tahap ini dilakukan dengan dua cara, yaitu intoto atau utuh dan juga in separasi atau terpisah. Jika menggunakan cara intoto, tulang yang mengelilingi gigi hanya diambil secukupnya saja. Sedangkan dengan metode dalam pemisahan atau, pengambilan gigi impaksi dilakukan dengan cara membuang sedikit tulang. Gigi yang sudah mengalami impaksi diambil dengan cara pertama terlebih dahulu diambil sebagian.

d. Pembersihan luka dan tambal pada flap

Setelah mencabut gigi yang terjadi, maka akan dibersihkan dari sisa-sisa tulang bekas pengeboran pada gigi. Folikel gigi dan sisa enamel organ harus dibersihkan atau diirigasi dengan larutan garam fisiologis 0,9%. Hal ini bertujuan agar tidak meninggalkan sisa, karena apabila ada sisa yang tertinggal dapat menyebabkan kista. Kemudian nantinya flap dikembalikan pada tempat yang dijahit. Untuk membantu proses pembekuan darah biasanya disarankan untuk menggigit kain kasa. 

Setelah melakukan operasi tentunya akan ada efek-efek tertentu, terlebih dahulu ketika obat bius menghilang. Segera setelah selesai operasi, pasien akan merasakan efek-efek seperti mual, pusing, bengkak dan juga gerakan. 

Selanjutnya nanti pasien akan dibawa ke ruang pemulihan untuk dipantau selama 24 jam setelah operasi, hingga nantinya pasien diperbolehkan pulang oleh dokter gigi ahli bedah tersebut. Pasien biasanya disarankan untuk menginap terlebih dahulu, selain bisa mengatasi perkembangan juga akan tahu kapan bisa lepas jahitannya.

Nah, kalian sudah tau kan bagaimana proses atau prosedur pelaksanaan odontektomi. sebelum kamu melakukan odontektomi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu gejala hingga prosedur odontektomi. Selain itu kamu dapat menentukan anggaran tertentu apabila kamu sudah berkonsultasi dengan dokter, jika disarankan harus melakukan odontektomi. 

Kamu juga tidak perlu merasa takut menghadapi odontektomi, karena tidak semenyeramkan itu. Semua tidak akan terlihat menakutkan jika Anda melakukan odontektomi dokter profesional, jadi dipastikan Anda pergi ke dokter spesialis gigi agar lebih detail untuk semuanya. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telepon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8! 1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *